Sesuai judul, kali ini penulis akan mereview sedikit tentang oli Shell Advance AX7.
Berikut Spesifikasinya :
API SL, JASO MA, SAE 15w-40.
Sedangkan rekomendasi pabrikan untuk Pulsar 135 LS (PIES) :
API SL, JASO MA, SAE 20w-50.
Hasilnya (yang dirasakan penulis) :
Begitu ganti olie dengan olie ini, penulis langsung mencobanya untuk perjalanan jauh (kalau boleh dibilang jauh) Bandung-Garut pp.
Tarikan memang lebih cepat (dari biasanya saat penulis menggunakan Enduro (biasa)). Tetapi mesin cepat panas. Riding selama 1/2 jam sudah cukup membuat panas mesin. Bunyi menggelitik muncul. Padahal olie masih baru. Terasa sekali di sepatu panasnya mesin lebih dari biasanya.
Berbeda dengan olie sebelumnya, Enduro (biasa tanpa racing), yang sebetulnya juga kurang memenuhi standar pabrikan, yaitu API SJ, JASO MA, SAE 20w-50. Perbedaannya adalah, jika Advance AX5 tidak memenuhi dari sisi standar SAE, Enduro tidak memenuhi dari sisi standar API, yaitu masih API SJ.
Menurut yang penulis rasakan, masih lebih baik nilai API-nya yang mendekati (contoh Enduro biasa, berbeda 1 step) daripada SAE yang berbeda. Yaitu nilai angka dibelakang lebih rendah (40) dari rekomendasi pabrikan (50), kalau lebih tinggi justru tidak apa-apa (CMIIW), karena angka dibelakang menunjukkan ketahanan panas di suhu tropis.
Lesson Learn-nya adalah, sesuaikan olie dengan rekomendasi pabrik. Bukan karena olie-nya jelek jika berpengaruh buruk pada motor kita, tetapi bisa jadi sebabnya karena tidak cocok dengan karakter mesin. Jangan begitu saja termakan oleh iklan. Karakter mesin berbeda-beda.
Kenapa penulis menggunakan olie ini yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan ? Karena olie-nya nganggur..hehehe. Sekaligus pengen nge-test. 😀
Semoga bermanfaat.
Wassalam
Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com
sip ajib,..karakter mesin memang beda2
yup..bukan brarti olie-nya yg jelek..
panas
http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/19/jangan-berharap-terlalu-tinggi-kepada-honda-tralis-misterius-berjaga-jaga-dari-sakit-hati-yang-pedih-rasanya-gan-d/
betul..enak buat masak telor..hahaha..
hayah
review pake enduro jangka panjang gmn mazbro? apakah mesin makin berat? cepat aus? ada endapan? dll? Saya pake motul gold 15-50. Thanks.
kalo utk endapan atau dalem2an mesin blom pernah buka gan, krn belum turun mesin sudah 21 ribu km, dan selama itu udah ganti olie bbrp kali, jd baru bisa review performance aja, kalo utk enduro secara ekselerasi lebih lambat dari motul gold3100, juga dari shell ax5 maupun helix 5 (pernah sekali tp langsung ganti krn sering slip kopling), tetapi utk keademan mesin, lebih adem dibanding kedua olie tersebut (motul gold & shell advance), keademan dlm arti juga tidak berisik di mesin..
jangka panjang memakai enduro (kopling basah) bagus,bersih mesinnya.
ane baru pake secara berturut2 2x, blum coba bongkar mesin..maklum blom wkt-nya servis besar..nanti dilihat bgmn pengaruhnya.. 🙂
bener kan, rekomendasi pabrikan ttp jd patokan dasarnya..
betul..sudah diukur sama ingsinyur2nya.. 😀
kalo untuk vixion, bgus enduro 4t atau shell advance ax7?
mohon penjelasannya!
waduh.. blum tau masbro.. krn gk pegang vixion, mungkin nanti sy tanya2 ke temen yg udah berpengalaman…
thanks masbro, ditggu infonya..,
new vixion jangan pakai oli yang terlalu encer saya sudah pakai shell ax7 enak sih tapi cuma sebentar 300km setelah itu kok mesin jadi kasar saya ganti yang baru lagi tetap kasar….terus ganti oli yang agak kental shell ax5 suara halus tapi belum dipakai jauh/lama.sebaiknya ikuti saja rekomendasi pabriknya kalau pulsar ya valvoline/yang sama dengan itu.
Kebykan skrg olie2 baru lebih ngandalin perferma sesaat, spt tarikan lebih kenceng, krn performa sesaat itu yg lgs dirasakan yg ujung2nya konsumen tertarik, pdhl utk pemakaian jangka pjg justru kebalikan, yg lebih kental yg lebih bagus, dgn catatan kekentalannya tdk berlebiha msh sesuai standar pabrik utk motor tsb
untuk yokka : untuk vixion sae standarnya 20W-40,pakai oli yang sesuai kekentalan dari pabrik yamaha
tepat..sudah ada standarnya dr pabrikan utk masing2 motornya.. ikuti saja itu..dan jgn lupa..jgn sampe palsu..
Bener banget mas bro, setahu ane shell ngak ada spek 20-50 atau 15-50 untuk motor. ane pernah coba yang oli shell sae 40 untuk pulsy 135 ane, rpm rendah enteng bget n cepet narik, tapi rpm tinggi mesin kaga enak. Mending kembali ke jalan yang benar aja dah 20-50
Iya bro…rpm tinggi brizix banget..dan kalo utk perjlnan jauh atau lama..jd rembes (pengalaman)
Kalo Honda Tiger Revo saya malah cocok pake oli shell HX-5 15-40 (oli mobil). Sebenernya ga sengaja sih pake ini. Dulu pas awal beli pake oli standar pabrikan (10-40) sih enteng, cuman pas udah jalan jauh, susah bener ganti gigi.
Trus ganti shell oli mobil HX-3 20-50, bensin jadi boros bener. Akhirnya coba2 oli shell mobil HX-5 pas bener tuh. Walaupun kata orang ane salah pilih oli, tapi ni motor uda 3 tahun gpp tuh
Menarik pengalamannya gan…ane coba2 nerka ya gan..sgt bisa jadi analisa ane ini salah..case pertama knp olie standar jalan jauh jd susah pindah gigi…yg kita tahu pindah gigi susah itu sebab utamanya mesinolie kepanasan…pdhl kan ukuran panasnya kan sama dgn hx5 (angka 40)..penjelasannya nurut ane..40 hanya menunjukkan daya tahan olie bisa bekerja maximal dalam skala suhu..bukan daya tahan “brapa lama” dalam suhu itu…maksudnya gini..misal olie A dan B sama2 tetap bekerja normal dalam suhu 300 celcius, tetapi ketika terus menerus berada dlm suhu 300 selama beberapa jam, mungkin olie B hanya tahan 2 jam…sedang olie A tahan hingga berjam2..nah ukuran ini yg membedakan olie yg satu dgn yg lain beda..dan ini tidak tertera dlm kemasan resmi olie…
Trus case kedua..kenapa jd boros banget bensinnya pake olie yg 20-50..nurut ane sederhana..biasanya olie2 ukuran segini lebih kental..krn kental cenderung mesin lebih berat tarikannya…jelas efeknya bensin akan lebih boros krn tarikan berat…tp itu hanya sekilas analisa ane gan…bisa salah
kalo dipake di pulsar ya ngga bakalan cocok lah. pulsar cocoknya pake oli bekas…
hebat donk gan, biar gk ada limbah oli yg dibuang, dimanfaatkan kembali.. go green hehehe..just kidding..
iya.. terus ente minum sisanya gan….
Cocok ga pulsar 135 pake shell AX7…?
Belum nyoba masbro, tp AX7 SAE-nya kalo gk salah 10W-40 ya ? bikin panas kyknya ke mesin, minimal angka belakangnya 50, tp kalo jarang kena macet2an, apalagi di daerah dingin, masih fine2 aja SAE segitu.. just my opinion
p135 ane cocoknya pake castrol active yg 36 rb, pake enduro malah cepet kasar mesinnya…
enduro racing ya gan ? kalo racing emang iya..krn lebih encer, tapi kalo yg enduro biasa, lebih adem, cuman ya namanya lebih kental tarikan lebih lemot, apalagi dibanding ax5/7, terasa banget lemotnya..tp kebetulan kebutuhan ane bukan buat ngebut2.. hehehe
wah.. brarti pilihan ane cocok gan.. pake enduro 20w-50.. pies ane adem terus, ga peduli yg laen pada ngebut… ” slow but sure …”
Pingback: Setelah Packing (Mesin) Diganti, Tidak Rembes Lagi | Boerhunt's Blog
Nambahin aja..
Selain si ’40’, tapi liat angka minimalnya. ’15’ menunjukan oli ini lih encer dan itu menunjukkan operating temperature suhu yang rendah pula.
Saat ini saya pake’ HAVOLINE 20 – 40 API SL ga’ da mslh. Walaw ada ’40’, tapi range-ny lbh padat(20 – 40).
Drive wise..:)
nice info..
coba-coba oli bertahun-tahun tpi ternyata oli yg cocok untuk motor bebek 2005 ane ntu oli mario teguh aka Mesran super 20w-50 gan. 😀 tarikan enteng, pindah gigi halus.
biasanya ane Enduro 20w-50, kadang2 Enduro 10w-40. memang enduro yg biasa cocok tuh untuk turing, suhu mesin dingin, & umur oli pnjang.
pernah coba adiknya sesama oli mobil (primaXp) weleh2 kopling sedikit slip waktu tanjakan, mungkin karna ada kode ACEA kli yh yg berarti mengandung aditif pelicin.