Pulsar 200NS : TIPS Dan Permasalahan Seputar Kelistrikan

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Kali ini penulis ingin berbagi informasi dan tips seputar kelistrikan Kawasaki Pulsar 200NS aka Kawasaki BR200.

Tips yang sangat berguna ini bukan hasil penulis sendiri, melainkan hasil karya suhunya Pulsar 200NS sekaligus salah satu petinggi Naked Wolves Indonesia (NWI), yaitu masbro Ariadi Tjokrodiningrat. Beliau brodcast melalui group-nya NWI. Dengan persetujuan beliau penulis coba sharing kepada masbro/mbaksis semua untuk berbagi informasi dan manfaat. Jika butuh informasi-informasi yang lebih banyak dan lebih detil lagi, monggo untuk main-main ke group-nya NWI sekaligus menambah silaturahmi. Monggo disimak :

 ACE-1ACE-2Rangkuman Tulisannya sebagai berikut :

Selamat pagi,
Sedikit info, saat ini sedang berkembang penyakit baru yg disebut ACE atau Alternator Charging Error yang menimpa beberapa NS200.
Permasalahannya ACE termasuk penyakit langka yg mana para rider biasanya tahu justru setelah permasalahan ACE ini merambat jadi masalah lain.

Gejala ACE, sebetulnya dapat diindikasi sbb:

  1. Lampu utama motor terlihat agak berkurang terangnya, dan terkadang saat menghidupkan klakson dan sein sering ikut berkedip.
  2. Radiator sering terasa lebih panas walau fan hidup dan terkadang sampai terjadi fload (coolant keluar dari reservoir) tetapi indikator “F” tidak muncul.
  3. Suara fan radiator terasa lebih lembut.
  4. Pada tahap II ACE terkadang disertai gejala ndut ndut an atau sedikit mberebet di rpm tinggi diatas 6000rpm.
  5. Pada tahap III seringkali indikator Battrey hidup dan klakson melemah.
  6. Pada tahap IV dapat diikuti ngaconya panel indikator dimana saat start engine panel indikator re starting.
  7. Pada kondisi terparah diikuti gagal stater krn relay stater gagal hidup. Sehingga dinamo stater tidak dapat berputar.

Sebaiknya apabila gejala awal telah nampak segera periksa sistem pengisian dengan cara mengetes kutub positif dan negatif aki dengan voltmeter atau Avometer. Saat kondisi mesin mati normalnya aki akan memberikan tegangan minimal 12 volt sd 13 volt, dan saat hidup di rpm 1500rpm akan berkisar 13 volt. Laju pengisian akan naik sampai sekitar 14,6 volt maksimal di 4000 sd 6000 rpm.

Apabila dalam kondisi mesin mati voltase dibawah 12 volt dan saat mesin hidup laju pengisian di 5000rpm indikator AVOmeter tetap di 12 atau bahkan tidak naik sama sekali maka dipastikan motor anda terkena ACE.

Janganlah membawa motor anda jalan2 apabila sudah terindikasi ACE, dikarenakan dalam kondisi seperti ini hidup motor anda sudah sangat tergantung pada sisa stroom di aki. Apabila dipaksakan maka daya voltase akan turun drastis, dan stroom akan jauh berkurang sehingga CDI akan lemah mengirimkan listrik ke coil dan error memberikan sinyal ke motor fan pendingin.

ACE berpotensi menyebabkan overheating akibat fan berputar lemah. Dan dapat mengakibatkan mogok. ACE bersumber pada permasalahan sistem pengisian dari magnet, dan penyebabnya adalah spul magnet rusak atau terbakar atau dapat juga soket pengisian kendur bahkan lepas.

Sebab-sebab ACE

ACE dapat terjadi dari 3 sebab umum, yaitu:

  1. Kesalahan perakitan pabrik
  2. Kualitas spul yg buruk
  3. KORSLET atau over beban akibat kesalahan pemakaian aksesoris kelistrikan (ini yang sering terjadi di motor para biker tanah air)

Pencegahan

  1. Rawatlah kebersihan aki sebaik mungkin.
  2. Hindari modifikasi kelistrikan tanpa orang yg memahami sistem kelistrikan
  3. Pergunakanlah mudflap, dikarenakan cipratan lumpur dapat menyebabkan korslet pada soket didekat filter bensin motor anda.

Apabila sudah terindikasi ACE maka bawalah motor anda segera ke klinik atau dealer kawasaki untuk mendapatkan perbaikan suku cadang atau klaim.

Demikian diinformasikan, salam jabat erat…. Dr AT. NWI/BDT73

=====================================================================

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran atau masukan, silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Pulsar 200NS : TIPS Dan Permasalahan Seputar Kelistrikan

  1. Mase says:

    Rawat pulsarmu… hehe…

  2. Micko apw says:

    Informasi yang sangat bermanfaat, terimakasih untuk admin. Nice share.

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s