HP Meledak Di Jok, Kenapa Bisa Terjadi ? Ini Mungkin Jawabannya…

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan peristiwa yang cukup bikin miris, dan cukup viral di sosial media, yaitu peristiwa meledaknya HP (handphone) yang disimpan di dalam jok. Bahkan mencelakai pengendaranya (berdasarkan informasi yang viral)

(sumber : social media)

Pertanyaan yang menggelitik kita semua adalah…. kenapa bisa terjadi ?

Yang sempat beredar kabar adalah, hp meledak karena saat disimpan di dalam jok motor ada panggilan yang masuk. Nah.. disini penulis ingin sedikit menganalisa, kenapa saat ada panggilan masuk hp meledak ?

Mungkin kita bisa merefer pada peristiwa-peristiwa ledakan yang terjadi saat kita sedang aktif ber handphone ria saat mengisi bbm di pom bensin. Lho.. kok bisa.. ya.. kecurigaan penulis peristiwanya sama. Begini penjelasannya…

Kita tahu kita dilarang berhandphone ria saat mengisi BBM karena saat mengisi BBM, ada uap bensin yang ada di sekitar lokasi pengisian, terutama dalam radius tertentu yang dekat sekali dengan ujung pengisian dan tangki BBM kendaraan. Dan handphone yang aktif mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang mampu memicu terbakarnya uap bensin.

Hal yang sama bisa terjadi saat handphone disimpan di dalam jok.  Terus uap bensinnya darimana ? Nah.. disini kita perlu jeli. Sebagian besar tutup tangki motor itu dibawah jok. Jika tutup tangki tidak terlalu rapat, saat siang yang panas, tangki yang panas akan memuaikan sebagian bensin menjadi uap, dan ini yang akan keluar dari celah-celah tutup tangki yang tidak rapat. Tidak rapatnya tutup tangki ini bisa dua kemungkinan, pertama karena memang pengendara ceroboh, kedua bisa jadi karena desain tutup tangki yang kurang bagus, atau yang ketiga bisa karena karetnya sudah terlalu tua, sehingga sudah tidak lentur dan sudah getas, sehingga tidak sempurna menutup. Tangki dan tutup yang masih bagus akan nampak ketika kita membuka di siang hari, akan terdengar bunyi bussss.. itu artinya masih rapat. Biasanya sih di tutup tangki mobil, di motor juga kadang masih terdengar, terutama yang kapasitas tangkinya besar seperti motor laki.

Nah.. jika kita sudah tahu penyebabnya, ada baiknya kita mencek apakah motor kita aman untuk menaruh hp di jok. Jika kita bisa memastikan tutup tangkinya rapat, ya monggo saja, tetapi tetap resiko ditanggung, karena kita gak tahu kapan kebocoran tangki terjadi.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum..

Advertisements

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain, mobil, Roda Dua and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to HP Meledak Di Jok, Kenapa Bisa Terjadi ? Ini Mungkin Jawabannya…

  1. Kasamago says:

    informatif, jgn sembarangn menaruh gadget

  2. detiksuzuki says:

    sering naro dijok juga palagi kalo pas hujan

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s