Bybre Bukan KW-an Brembo ?? Ini Teorinya..

Ini hanya sebuah teori dari penulis yang awam.

Seperti kita ketahui dari informasi yang berkembang sebelumnya. Brembo, pabrikan ternama yang dikenal produsen perangkat pengereman di dunia, telah melahirkan sebuah produk baru, yaitu perangkat pengereman dengan merk Bybre, yang merupakan kependekan dari BY BREmbo. Seperti dilansir oleh Brembo sendiri

In 2010, Brembo launched the new Bybre brand in India: the brand dedicated to braking systems for scooters and small to mid engine sized motorcycles (up to 600 cc). The new Bybre range is produced in the Pune plant, which was inaugurated in 2009.

Pertanyaannya, kira-kira apa alasan Brembo melahirkan Bybre, kenapa tidak menjual dengan merk Brembo saja walau untuk scooter atau low-mid engine sized walau spesifikasinya beda. Dan kenapa mesti dibedakan low-mid engine dengan big engine ? Begini teori penulis..

Menurut penulis, langkah Brembo ini pure/murni bisnis (yo jelaslah wong jualan kok hehehe..). Brembo melihat pasar untuk perangkat pengereman low-mid engine sized cukup besar. Ada banyak pemain pabrikan roda dua di seluruh dunia untuk ini. Jauh lebih banyak dari yang big engine. Selama ini sudah ada beberapa pemain untuk perangkat pengereman di kelas low-mid engine. Salah satunya adalah Nissin sebagaimana yang cukup banyak kita temui (bukan biskuit loh..hehehe).

Pertanyaan selanjutnya, dua pertanyaan yang sangat berkaitan, kenapa pakai merk baru, dan kenapa harus di bedakan untuk low-mid ?

Sekali lagi opini penulis, kenapa harus dibedakan, karena memang spesifikasinya beda. Pengereman untuk momentum yang besar, hasil dari bobot motor dan tenaga yang besar, tentu berbeda dengan momentum yang ringan-sedang. Apa berarti ada penurunan quality ? Nope.. it’s about capacity matter masbro..not quality matter.

Nah..kemudian kenapa gak disamain aja, pakai yang punya motor besar dijual/dipakai untuk di scooter or low-mid engine ? Ya karena alasan efektifitas. Masa mau nembak burung pake meriam ? Mau bunuh tikus pakai shotgun.πŸ˜€. Dan otomatis juga harganya akan beda. Harga motor cuma belasan hingga 20an juta, masak pakai rem jutaan juga dengan kemampuan melebihi yang dibutuhkan. Jadi bukan masalah kualitas. Kualitas adalah masalah pengerjaan, dan kemampuan perangkat sesuai yang dibutuhkan dimana dia memang dirancang untuk itu. Anda gak bisa bilang Pesawat Super Jumbo Jet Boeing 777 kualitasnya lebih bagus dari pesawat pribadi bermesin jet. Sekali lagi it’s about capacity ..not quality.. there is a different.

Kenapa gak disamain merk-nya ? Alasan praktis, agar konsumen di lapangan tidak kesulitan membeli dan membedakan peruntukan bagi kendaraannya. Jangan sampai konsumen salah membeli.

Dan pertanyaan terakhir, kenapa dibikin di India ?? Lebih alasan bisnis menurut penulis. Pangsa pasarnya paling besar, dimana produsen motornya sedang berkembang pesat (untuk low-mid), ya India. Wajar produsen mendekat ke pasar. Dan alasan yang sangat penting juga, ongkos produksi yang lebih murahπŸ˜€.

Yah..itu semua hanya opini penulis, bebas beropini toh..asal didukung argumentasi dan gak ngasal.. monggo jika ada yang salah dikoreksi..

Semoga bermanfaat.

Wassalam

Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

35 Responses to Bybre Bukan KW-an Brembo ?? Ini Teorinya..

  1. Ari CX Rider says:

    apakah setara dengan nissin ??

    • boerhunt says:

      lebih baik, lebih buruk, atau sama.. itu perlu pembuktian.. but jgn diabaikan walau dipabrikasi di India, atau di China sekalipun, Quality controlnya dibawah kendali Brembo..

  2. Aa Ikhwan says:

    mestinya kl QC di bawah langsung brembo sih ajib n mumpuni,..πŸ˜€.
    tp tetep aja tak ada yang sempulna:mrgreen:

  3. kebogiras says:

    yang brembo abal2an sudah banyak, yang penting keren faktor safetynya nomor 51( minset merk mode on ), jangankan perangkat rem, suatu produk di bawah rata2 dengan harga mahal tetapi menyandang merk terkenal pasti akan di cari si minset merk

    • boerhunt says:

      cuman nyari stempel merk brembo ya kakak…πŸ˜€ ..kalo ane, lebih milih kualitas (secara merk) no 2 daripada beli kawean merk no 1…lebih ada jaminannya..gk sekedar gengsi..

  4. kualitasnya jaminan brembo yah…

    • boerhunt says:

      bener pak..ibaratnya secara kualitas .. bybre di motor bawah cc kecil sama baiknya dgn brembo di moge diatas 600cc .. nurut ane sih gitu..

  5. Gogo says:

    joss, pembagian jatah k anak perusahaan. kek Telkom ke Telkomsel y.. so pasti gerak geriknya ttp dipantau perusahaan induk.

  6. Papa Afnhy says:

    time will tell lagh
    nanti dilihat dijalan daya cengkeramnya, pakem bak brembo atau blong bin gubrak

    • Wiro Sableng says:

      P220 sudah pakai produk ini mas bro… Monggo ditanyakan ke pemakai P220. (aqjugapengentahu) Hehe…

    • boerhunt says:

      ada sih contohnya.. di CBR250, ada yg pake bybre (tanpa ABS) ada yg pake non bybre (juga tanpa ABS) ..sayangnya beda negara, satunya di India..πŸ˜€

      • di India semua Rem pake BYBRE 600 cc ke bawah..
        di Indonesia kayaknya pake NISSIN..

        yang pake duluan itu kalo gak salah P180 UG4. dan buat yang punya P200, kalo seal master bermasalah silakan beli seal masternya dan cek di pistonnya, di situ ada logo brembo..

        soal pakem, silakan buktikan sendiri. BTW, DUKE200 juga pake BYBRE kok..

      • boerhunt says:

        nice info om, pantesan P200 dulu mahal yah..ternyata gk nyangka udah pake part-nya brembo, at least menggambarkan part2 yg ada di P200 berkualitas..

  7. azizyhoree says:

    sallary man power di pant otomotif di india lebih murah dari negara2 asia lainnya

  8. Maskur says:

    sepertinya ada motif ekonomi
    ***opoooooooooooooo

  9. kalimalang rider says:

    bentar lg kayakna ada merk BY NISsin πŸ˜€

  10. z1rider says:

    Mungkin seperti Ferrari & Fiat. Toyota & Lexus. Gitu kali ya (imho).
    http://z1riders.wordpress.com/2012/07/27/ganti-oli-si-revi-tetap-setia-sama-motul-gold-10w-40-api-sl/

  11. dani says:

    Masih KBX aja dah sip kok masbro….momentum pengereman standar bs dihitung akurat, pas pake P220 tiga hari…kualitasnya gak jauh beda…kalo gak salah KBX juga yang dipercaya produksi Bybre….kalo mau banding-bandingan..menurut ane lebih oke dibanding rem yamaha yang terkenal mantafff….

  12. rezakoster192 says:

    Ini namanya penetrasi pasar bro…
    -Sama halnya dengan arloji Swiss dengan Swatch…Swatch itu penetrasi pasarnya buat kawula muda dan harganya dibawah Swiss, namun kualitas tetep sama.

    Mau contoh yg lebih mengerucut??
    -Ban IRC…semua orang tau kalo ban IRC tu mahal…makanya di Indonesia dibikin lg produk Zeneos yg lebih murah tp kualitas sama…!!kalo di India jadi MRF

    jangankan soal pengereman, untuk suspensi juga di India selalu join
    -WP…hayo sapa yg tau?? itu tuh sokbreker official punya KTM yg hasil peleburan Marzocchi ama WP…untuk motor low end, tu WP join ama Endurance…jadilah produk WP-Endurance

    soal elektronik
    -sapa yg ga tau IBM??produk CPU ternama kan…nah skrg kemana tuh IBM??
    IBM tetep ada cuman lebih fokus buat CPU Server…nah buat kelas2 mid end knp ga ada?? ada donk…cuma mereknya jadi Lenovo…

    sebetulnya banyak kok contoh2 ky gt…itulah yg dinamain strategi penetrasi pasar…mosok mau jual merk Ferrari dengan harga 100jt-1miliar ya ga mungkin lah…jadi brand merk bisa memperkuat Image bahwa produk tersebut adalah produk lux atau bukan…

    Jadi knp Brembo bikin merk Bybre?? nah kembali ke Luxury itu tadi…merk sekain lux ya semakin mahal…jadi gmn cara Brembo biar dapet profit tinggi tp gamengorbankan ke luxurian merk Brembo?? ya bikin aja merk Bybre…

    • rezakoster192 says:

      Oh iya tambahan…
      -Brembo juga bikin komponen2 seperti kampas rem yg kualitasnya dibawah brembo…
      namanya BreCo…alias Brembo Component…jadi kalo kampas rem Brembo ada komponen carbon, tapi kalo BreCo sama halnya kampas rem biasa…namun dengan kualitas yg setara

      -kalo pernah liat Mobil2 drift pake kaliper AP Racing…nah tu jg sama halnya ama Bybre…jadi semua adalah penetrasi pasar

      CMIIW

    • boerhunt says:

      wahh..opini yg mantab kang..cerdas..

  13. bybre pd P 200 NS, mantap

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s