Lama gak buka blog, tiba-tiba baca kabar yang menarik sekaligus mengagetkan….
Diberitakan di bikeadvice, bahwa Kawasaki-Bajaj India telah pecah kongsi. Banyak konsumen Kawasaki yang menderita akibat pecah kongsi tersebut. Hal ini disebabkan sedari awal memang Kawasaki sepenuhnya bergantung pada Bajaj di lini depan marketing, service, support dan maintenance. Bisa dibilang dimana ada Bajaj, disitu dijual juga produk Kawasaki.
Dan ndilalahnya juga, service center Bajaj-KTM tidak mau menerima service dari konsumen Kawasaki. Mungkin berbeda dengan di Indonesia, untuk bengkel-bengkel kecil masih menerima service merk lain, (duit kok ditolak yoh…xixixi) mungkin disana saklek hanya menerima berdasarkan merk yang secara resmi dilayani, penulis ndak tahu juga.
Dan lebih ndilalahnya juga, Kawasaki (India) sama sekali belum siap untuk memberikan service support dan maintenance untuk konsumennya di India setelah putusnya kongsi dengan Bajaj. Diberitakan juga tidak sedikit motor yang mangkrak akibat kondisi ini. Weladalah..
Banyak konsumen yang menyesalkan kondisi ini. Apalagi melihat ketidaksiapan Kawasaki dalam peralihan dengan perubahan keadaan ini. Tentunya kita tahu, untuk membangun jaringan Sales Service & Support tidak bisa dalam hitungan bulan, bisa jadi setahun, bisa lebih, kalaupun dikebut, tetap saja berbulan-bulan, apalagi India wilayahnya juga luas. Kasihan konsumennya.
Hmm.. kalo dipikir2, jadi terbersit sesuatu di dalam pikiran penulis.. Apakah ini dampak dari pemutusan kongsi Kawasaki Bajaj di Indonesia yang lalu ? Dengan penghentian support Kawasaki dalam pemasaran produk andalan Bajaj di Indonesia, yaitu Pulsar 200 NS, dilanjutkan penghentian support total Bajaj India untuk produk Kawasaki ?? Ndak tahu juga, namanya juga kira-kira.
Atau mungkin Bajaj ingin lebih fokus ke produk Bajaj dan KTM sendiri, yang notabene Bajaj sebagai pemilik saham yang cukup besar di KTM. Karena kita tahu, tahun ini KTM akan ikut kasta tertinggi balap motor paling bergengsi di dunia, yaitu MotoGP. Tentunya keikutsertaan ini harus didukung sepenuhnya oleh barisan terdepan dalam pengelolaan produk-produk yang dipasarkan. Bisa jadi… bisa jadi..
Gimana menurut masbro/mbaksis ??
Wassalam
namanya sebuah kerjasama kadang ada moment perpecahannya..
wah giaman kawasaki pulsar 200ns ya