Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..
Kembali di sini penulis akan hadirkan sedikit permasalahan sekaligus tips permasalahan kelisitrikan pada Pulsar 200NS. Dan ini juga tips dari masbro Ariadi Tjokrodiningrat dari Naked Wolves Indonesia (NWI). Terima kasih masbro AT atas tips-nya..
Monggo disimak..
Waspada musim hujan waspada NS mu terserang Dynamo Electric Malfuction atau DEM. DEM biasanya menyerang pada sistem dinamo stater dan dinamo motor fan atau cooling fan, dan bila hal tersebut terjadi dapat mengakibatkan hal serius.
Sebab-sebab :
- Saat hujan dan mengarungi banjir, dinamo stater dan fan umumnya akan basah dan terkena air yg mengandung lumpur, dimana umumnya lumpur mengandung kandungan mineral garam dan zat2 lain yg berpotensi oksidasi dan karat.
- Pada NS yg telah terindikasi terkena ACE maka ACE berpotensi pula menimbulkan DEM dikarenakan voltase listrik yg rendah sehingga stater dan fan berputar lambat.
- Instalasi aksesoris kelistrikan terutama kesalahan melakukan jumper kabel atau salah pasang relai
- Sekring putus atau kabel massa yang kendur (dibawah karbu).
- Switch engine run kotor atau kabel lepas.
- Lumpur yg terhisap cooling fan via radiator sebagai akibat tidak mempergunakan mud flap
Gejala-gejala DEM :
- Dinamo tidak mau start saat tombol stater ditekan walau kontak on dan panel indikator normal. Hanya terdengar suara cetak cetak di side cover kiri. (Hal ini akibat oksidasi kutub)
- Dinamo stater tidak mau berputar, indikator normal dan tidak ada suara cetak cetak. (Hal ini disebabkan switch engine run kotor atau berkarat).
- Dinamo tidak mau berputar, pada side cover terdengar suara tretet dan lampu indikator berkedip atau re start setiap tombol stater ditekan (hal ini terindikasi gejala ACE).
- Mesin overheating walau suara fan hidup, dan reservoir meluap. (Hal ini akibat motor fan kotor, oksidasi, arang poros fan berkarat atau lepas, atau juga akibat ACE)
Penanganan dan Antisipasi
- Besihkan secara rutin area accu termasuk kutub2 nya dengan sabun dan air panas.
- Bukalah baut pada dua kutub relai stater (disebelah sekring box ). Bersihkan ring serta bautnya dengan amplas dan beri pelumas anti karat. Lakukan hal yang sama pada baut kutub kabel massa regulator disebelahnya.
- Bersihkan kutub pada dinamo stater ( bawah karbu) , dan pastikan dikencangkan kembali.
- Bersihkan secara rutin bawah tanki bbm, dan gunakan air bersih untuk membilas lumpur yang ada, keringkan, semprot bagian soket2 terutama soket pengisian pada kabel kuning, soket motor fan, dan kutub coil dengan pelumas anti karat.
- Bukalah panel switch kanan, mainkan tombol stater sembari disemprotkan pelumas anti karat. Bila perlu buka soldering board dan bersihkan plat tombol stater.
Tindakan terbaik untuk menghindari penyakit serius NS mu dimusim hujan adalah perawatan, kunjungilah bengkel NS tidak hanya untuk perbaikan, tapi untuk kontrol dan perawatan.
Terima kasih….. salam gaspoll Dr AT NWI/BDT73
Sekian dulu masbro/mbaksist tips dan informasinya, semoga memberikan sedikit pencerahan bagi yang mengalaminya, ataupun bagi yang belum mengalaminya sehingga bisa diminimalisir. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan bergabung atau sekedar mampir ke group Naked Wolve Indonesia.
Semoga bermanfaat.
Wassalam
*) jika ada kritik, saran, atau masukan, silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com
nice tips sob
http://orongorong.com/2014/12/05/akhirnya-mio-125-blue-core-resmi-di-perkenalkan/
nice sharing mas bro. nambah wawasan.
Kendala kawasaki puksar 200ns nggak mau hidup apanya ya….kelistrikan normal..carbu sdh sya servis..busi ganti…ttap jga ngak mau hidup….
Permasalahan sy tentang kelistrikan motor Kawasaki Pulsar 200 ns awalnya motor sy starter endut2an lama kelamaan merembet kelampu terasa kurang terang terus lari ke lampu mati total tapi indikator mesin menyala .itu permasalahan sy tentang motor Kawasaki Pulsar 200NS