Setelah Packing (Mesin) Diganti, Tidak Rembes Lagi

Assalamu’alaikum masbro/mbaksist..salam sejahtera buat semua..

Beberapa waktu lalu penulis pernah mereview penggunaan olie Shell Advance AX5 SAE 10W-40 (Review Olie SA AX5 untuk Pulsar135).

Sejak mengalami rembes pertama karena olie yang tidak cocok itu, sering mengalami rembes dibagian celah-celah antara head mesin. Dibersihkan rembes lagi. Sudah ganti olie dengan yang lebih kental dengan SAE yang sesuai standar pabrikan (20W-50), awalnya tidak rembes. Tetapi jika digeber dalam waktu agak lama di rpm menyentuh red line, rembes lagi.

Akhirnya penulis ambil kesimpulan, mungkin packingnya sudah “basah” karena rembesan pertama salah menggunakan olie. Dan packing yang udah rembes, menurut analisa penulis bakalan akan rembes lagi, karena secara struktur maupun ketahanan “menahan” sudah berubah. Seperti bahan kardus, jika sudah kena air, maka sudah berubah.

Dengan kesimpulan itu penulis langsung bawa ke bengkel langganan, ganti packing, sekaligus bersihin seher jika ada kotor atau kerak, walau kilometer masih 26.000 km lebih. Ini pernah penulis ulas di tulisan sebelumnya (Mesin Pulsar135 Setelah Pemakaian 26000 KM 2 Tahun 10 Bulan).

Selama rentang waktu penggantian packing dan bongkar mesin dengan packing yang baru hingga detik ini, penulis sering coba geber-geber gas sampai redline beberapa waktu lama. Alhamdulillah sudah tidak rembes lagi.

mesinPIES1

Di sini yang ingin penulis share :

Jika ada problem kendaraan kita, jangan panik, kenali dulu problemnya apa, gejalanya apa. Dan yang cukup penting adalah history apa yang sudah dialami atau perlakuan apa yang pernah kita lakukan pada motor kita. Biasanya sih mekanik yang pengalaman dan pinter, dia akan bertanya, (dalam kasus ini) olienya (yang sekarang) apa yang dipakai, dan olie apa saja yang pernah dipakai. Setelah itu baru kita bisa mengambil solusi yang mungkin bisa kita ambil.

Tanpa mempelajari gejala, history (baik perlakuan maupun problem sebelumnya yang pernah dialami), solusi yang kita ambil tidak akan jitu. Mungkin solusi jangka pendek solved, tetapi akan muncul lagi karena tidak permanen. Dan pola demikian tidak hanya menyangkut motor, mobil atau otomotif, melainkan dalam banyak hal yang lebih luas.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in mobil, Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Setelah Packing (Mesin) Diganti, Tidak Rembes Lagi

  1. orong-orong says:

    nah itu dia masalahnya

  2. si Denog says:

    wuih… blog putih…. edisi pertama nich…. hihihihihi

  3. priderian says:

    kynya pies qt seumuran bro,sy jg edisi inden,sy g pnah ganti2 oli sll motul 3100 gold,slm ini cocok bgt gd keluhan bhkan rembes pun tdk,jgn d,mo nanya klo bershin seher gt trmsuk servis bsr ato turun mesin? trus klo dah dbersihn efeknya gmn bro,lbh enak tariknnya ato apa? salam galau…krn bai mo cabut!

    • boerhunt says:

      maunya sih gitu gan, gk ganti2 olie, tapi pas dibutuhin motul 3100 gk ada, ya terpaksa deh..πŸ˜€
      itungannya termasuk service besar, tp utk ngelakuin itu ane gk dibengkel resmi, di bengkel kenalan yg udah mengenal pulsar, yg terasa lebih responsif..
      Jangan kuatir gan, gk akan bener2 cabut, mocin yg udah gk ada dealernya aja bengkel biasa bisa nanganin..πŸ˜€

  4. good day says:

    Mas bro pakai motul mas’ tarikannya nyooooss pokoke!! ane penyemplak XCD 125 oli yg Ane pakai Motul Ester 10-40w. Oh y rumor yg beredar Bai Pelan2 mau out dari indonesia benarkh mas bro??
    Keep Brotherhood

    • boerhunt says:

      kalo ane sesekali pas service yg gold 3100 masbro, bukannya ester 20W-50 juga sama kyk gold 3100 ?
      Nah.. justru ane tanya, itu sumber rumornya dari mana, yg ane alami tiap ke beres selalu antri, makanya kadang ke bengkel non beres yg sdh faham pulsar

  5. bang nanya bner ga kalo brsihin mesin oake pisau bkin mesin rembes walau paking bagus

    • boerhunt says:

      Maksudnya bagian mana bersihin pake pisau ? Imho kbykan rembes itu krn packing, sekali buka mesin harus ganti packing baru, dan sebisa mungkin bekas packing bersih, dan packing kalo bisa yg ori, bukan buatan sendiri dr karton misalnya..itu menurut hemat sy

  6. Arif Albaz says:

    Mau nanya…saya di rumah ada pulsar bajaj xcd 125 dari lebaran kemarn nganggur d rumh krna oli mesin habis rembes bahkan terakhr di pke mudik jakarta brebes ganti oli smpe 3 x. Itu harus gnti packing set pa cma bebrpa. Trus biaya smpe berapa…

    • boerhunt says:

      wahh.. maaf baru kebaca, maklum jrg buka, sebaiknya jika buka mesin, harus ganti sekalian packingnya, krn sekali buka lebih sering packingnya rusak atau sudah tdk sempurna nutup celahnya.. kalo perkiraan packing sih gk terlalu mahal, hanya kan harus buka mesin, kalo packing gk sampe 100 full set utk mesin, mending dilihat dulu bagian mana yg rembes, krn packing kan terpisah2, ada tensioner, packing head, tp mendingan memang diganti semua..

      • amir says:

        Bang, numpang tanya,
        Kisaran berapa ya bang harga ganti packing secara keseluruhan?
        Soalnya motor pies saya rembes oli dimana mana.
        😫

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s