TIPS : Berhati-hati Dalam Mencari Dan/Atau Membeli Motor Bekas Via Online, Dan Kenali Ciri-Cirinya (Penipu)

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Dalam beberapa waktu ini penulis sedang rajin iseng untuk search segala macam motor bekas yang ada di bursa online. Beberapa hal penulis temuin, salah satunya seperti yang tertuang dalam artikel terdahulu, yaitu Pasar Motor Bekas Rentang Harga 25-75 Juta Geng Ijo Sangat Dominan.

Namun ada hal lain pula yang penulis temukan, yaitu ternyata banyak iklan yang jelas mencurigakan, bisa jadi ada unsur penipuan, atau entah apalah. Dan disitu kita patut berhati-hati.

Ada banyak sebetulnya tips-tips tentang bagaimana memilih motor bekas yang sudah diutarakan oleh blog. Tetapi yang banyak biasanya menyangkut kondisi motor. Artinya ketika kita sudah menjumpai motor tersebut. Seperti kondisi body, rembesan oli, kelengkapan surat, dan lain-lain. Nah.. bagaimana jika kondisinya online ? Tentunya kita butuh mengenali apakah motor ini yang sedang diiklankan ini nyata atau fiktif, nyata tapi tidak sesuai kondisi sebenarnya, atau memang bertujuan menipu ? Apalagi lokasinya jelas tidak dekat untuk kita datangi langsung. Daripada kita harus capek-capek ke

Nah.. di sini penulis ingin berbagi pemikiran…

Ciri-ciri iklan motor bekas yang mencurigakan :

Harga Tidak Masuk Akal

Artinya harga motor terlalu murah. Bahkan seandainya motor yang diiklankan motor gede (moge), harganya pun jauh dibawah harga bodongnya, alias tanpa surat. Ini adalah ciri khas yang paling kelihatan. Untuk itu sedikit banyak kita harus tahu pasaran dari motor, termasuk harga bodong dan resminya. Ya kalaupun tidak tahu detil harga pasarannya, paling tidak kita bisa memperkirakan, harga moge bodong sekalipun dengan kondisi motor di foto masih mulus, masa iya cuma 15 juta seperti gambar di bawah ini (CB 500).

iklan-motor1

Gambar di atas hanya ilustrasi

Apalagi tipe-tipe motor tertentu yang termasuk rare item (langka). Jelas harga yang impossible.

Kenali Kondisi Detil Motor

Ini sedikit butuh kejelian. Karena kadang kita terbuai dengan harga yang fantastis (murahnya), sehingga kita tidak awas terhadap hal yang janggal. Salah satu kejanggalan motor (detilnya) misalnya plat nomor yang terpasang menggunakan plat nomor luar negeri. Woiiilllaaa… rupanya yang masang iklan lupa (kalau emang niatnya iseng atau mau menipu). Atau mungkin ada stiker yang jelas tidak bisa kita dapatkan di tanah air, seperti stiker yang berbahasa asing (bukan English), seperti bahasa Rusia, atau bahasa Amerika Latin, sementara tidak ada keterangan dari pengiklan tentang riwayat motor.

Perhatikan Kondisi Sekitar (Lingkungan)

Ini juga butuh kejelian. Ada banyak hal yang bisa dilihat secara detil, untuk mengenali apakah fotonya bukan kondisi motor sesungguhnya. Yaitu dengan melihat kondisi sekitar. Misalkan kondisi latar belakang motor, paving blok yang secara motif amat jarang kita temui di tanah air, bentuk pagar yang lebih banyak di temui di luar negeri di banding di negeri ini. Termasuk juga bentuk rumah. Walau ini tidak mutlak. Tetapi cukup memberi kita kewaspadaan.

Lokasi Motor Ada Di Kota Terpencil

Atau kalau tidak mau disebut di kota antah berantah. Ada beberapa kota yang sering disebut di iklan (penulis tidak bisa sebutkan di sini, karena bisa jadi ada iklan yang benar). Anehnya setahu penulis daerah itu cukup kecil, tetapi sering disebut mengiklankan motor-motor gede. Dan bukan satu tipe, melainkan banyak tipe.. Hmm.. mencurigakan bukan. Mungkin (seandainya benar pengiklan sengaja mau menipu) pengiklan memang sengaja memasang iklan dengan menyebut lokasi yang sulit dijangkau oleh mayoritas pembaca iklan, agar tidak mudah dilacak. Apalagi jika si pengiklan juga mencantumkan, siap mengirim ke seluruh Indonesia.. wowww.. hebat.

Kesimpulan

Apa yang penulis sebutkan di atas tidak semuanya bisa mutlak kita curigai. Bisa jadi memang kondisi nyatanya demikian, seperti bentuk pagar, paving blok, bentuk rumah. Bisa jadi memang di lokasi dipesan khusus seperti di luar negeri. Tetapi jika banyak kondisi yang penulis sebutkan di atas terkumpul dalam iklan tersebut… hmmm… bisa ditebak deh.

Atau misalkan seperti beberapa penjual yang sudah terkenal, memang spesialisasi motor langka (rare item), dan bisa mendatangkan ke tanah air, dengan menyebutkan kondisinya. Itu bisa jadi memang benar. Tapi..pasti tidak memenuhi ciri-ciri utama, yaitu harganya pasti masuk akal dan … Mahal.. Namanya juga rare item hehehe…

Mungkin itu dulu yang bisa penulis hadirkan dari hasil jalan-jalan di bursa motor online. Semoga masbro/mbaksis jika memang sedang mencari motor bekas, tidak perlu harus mencek satu per satu melalui telp or sms yang tertera di iklan. Buang-buang pulsa, belum lagi kalau ternyata pengiklan berniat menipu, punya ilmu hipnotis via phone.. hiiiii.. serem kan..

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran atau masukan, silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to TIPS : Berhati-hati Dalam Mencari Dan/Atau Membeli Motor Bekas Via Online, Dan Kenali Ciri-Cirinya (Penipu)

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s