Pasar Motor Bekas, Rentang Harga 25-75 Juta, Geng Ijo Sangat Dominan

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis

Beberapa waktu ini penulis iseng-iseng melihat iklan-iklan atau bursa online tentang motor bekas. Penulis tidak memulai dari nilai yang lebih rendah dari harga 20 juga, karena pasti iklannya bisa ribuan di semua bursa online terkenal. Dan tidak terlalu menunjukkan trend yang bagaimana-bagaimana saking banyaknya motor yang dijual rentang itu. Maka penulis mencoba mencari rentang yang lebih bisa dianalisis. Dan penulis akan membaginya tiap-tiap rentang harga. Yaitu rentang dari 25 juta hingga 75 juta.

Tetapi yang menarik penulis amati dari atas ke bawah, atau dari harga yang lebih tinggi, yaitu 75 juta.

Rentang harga 70 – 75 juta

Di rentang ini, item yang diiklankan sangat bervariatif. Dari berbagai tipe ada, dari mulai naked, supersport, hingga garuk tanah, cruiser, dari beberapa pabrikan ada. Tidak ada dominasi dari pabrik atau tipe tertentu. Beberapa tipe moge, baik cruiser maupun supersport lawas ikut mewarnai, seperti dari pabrikan Honda tipe Shadow, Magna, bahkan Goldwing yang berumur tua ikut mewarnai. Juga garuk tanah dari pabrikan sayap kepak pun ada, seperti CRF. Begitu juga untuk pabrikan Kawasaki dan Suzuki dengan Banditnya atau yang supersport GSXR series.

Yang cukup menarik dari pabrikan geng ijo ada Ninja 250FI dan ER6N di rentang harga yang sama. Hehehe.. mungkin pemilik Ninja 250FI sudah kadung modif habis banyak, sehingga tidak ragu menjual harganya lebih mahal dari harga baru. Entahlah..😀

Yamaha juga tidak ketinggalan dengan moge-moge lawasnya, dan juga dari tipe cruisernya seperti Dragstar.

Oh iya.. di rentang ini juga tidak ketinggalan motor-motor antik seperti BSA atau old school Triumph.

Dan untuk garuk tanah selain Honda CRF tadi ada juga item-item dari merk ternama KTM dan Husqvarna yang telah dimiliki oleh pabrikan KTM juga.

Benar-benar variatif di rentang harga ini.

Rentang 60-70 juta

Di rentang harga ini juga masih relatif bervariasi motor yang ditampilkan. Moge-moge lawas dari berbagai merk muncul. Namun kelas 250 cc macam Ninja 250 mulai muncul beberapa. Bahkan untuk Ninja250 termasuk sering muncul. Walau kesannya maksa di harga segitu untuk Ninja 250, mungkin penjualnya punya pertimbangan tertentu, entah dihitung berdasarkan modifikasinya yang sudah mengeluarkan dana banyak, memakai limbah moge, atau mungkin hanya sekedar menaruh harga tinggi dengan berharap harga akhirnya tidak terlalu rendah. Entahlah… Tetapi tentunya yang dipasarkan di harga ini untuk Ninja 250 yang keluaran akhir, 2014 atau paling tua 2013 dan yang ABS.

Bahkan mendekati harga 60 juta, mulai muncul YZF R25 dan CBR250🙂

Rentang Harga 50-60 juta

Nah.. di rentang harga ini Kawasaki menunjukkan dominasinya. Dengan gelontoran produk dari mulai KLX 250, Ninja 250 series, Estrella, Z250 semua tipe mendominasi area harga ini. Bahkan tidak jarang 1 halaman bursa online yang memuat 15 item berasal dari geng ijo semua, terutama untuk Ninja250. Bahkan juga sesekali dalam 1 halaman semuanya Ninja250, ediyan tenan.. hehehe.

Menurut penulis ini keberhasilan dari upaya atau langkah Kawasaki dalam memainkan perannya dulu untuk bermain di blue ocean, yaitu dengan langkah awal memasarkan Ninja250cc secara massal beberapa tahun yang lampau, dimana pabrikan lain tidak berani melakukan langkah ini. Tidak berani ? Menurut penulis iya, karena kalau bukan karena unsur tidak berani, kenapa sekarang pabrikan lain ikut memasarkan di kelas yang sama toh, kekuatan finansial lebih kuat, apalagi punya market lebih besar dari geng ijo, iya toh ? hehehe..

Tetapi bukan berarti produk lain tidak ada, tetap muncul namun tetap secara keseluruhan produk Kawasaki sangat dominan. Dan dikelas yang sama, CBR250 dan R25 mulai rame di rentang harga mendekati 50 juta.

Rentang 40-50 Juta

Dalam kisaran harga ini, geng ijo tetap menunjukkan dominasinya, namun sudah mulai ramai diselipi produk-produk CBR series untuk 250cc. Dan sesekali malah muncul CBR150 yang disebutkan full variasi. Dan disini sebetulnya menurut penulis harga reasonable bagi motor bekas untuk Ninja 250cc, CBR250, dan R25 (jika ada yang dijual second).

Rentang 30-40 Juta

Apakah di rentang ini geng ijo kehilangan dominasinya ? Ternyata tidak masbro/mbaksist, tetap mendominasi seperti rentang harga di atasnya, hanya saja yang ditawarkan lebih tua. Dan seperti biasa jika yang ditawarkan motor harian yang agak tua, yang ditonjolkan biasanya kilometer yang masih rendah.🙂

Dan di rentang ini memang untuk Ninja250 berkurang, tetapi kemudian diganti oleh si adik, Kawasaki Ninja150 2tak, terutama tipe RR. Pas bener Kawasaki memposisikan produknya, ada peralihan dari kelas lebih atas ke yang lebih bawah. Terutama di rentang 30-35 juta, Ninja 2 tak mulai menyamai sang kakak.

CBR 250 di rentang ini juga lebih ramai dibanding rentang di atas. Bahkan sekilas pandang penulis antara cukup bisa mengimbangi Ninja250.

Untuk Honda juga diwakili oleh CBR150 yang mulai ikut meramaikan bursa. Namun tetap secara keseluruhan dominasi Kawasaki belum tertandingi dengan Ninja 250 dan Ninja 150 2 tak.

Rentang 25-30 juta

Nah.. direntang ini mulai ramai di kelas 150cc, seperti tentunya Ninja 150 2tak, CBR150, R15, dan tidak jarang pula NVL bertarung disini dengan andalan full modifikasi🙂 . Dan pertarungan lebih berimbang dibanding rentang di atasnya.

Di sini Kawasaki didukung oleh produk garuk tanah dan supermotonya, dengan KLX dan Dtracker (walau Dtracker lebih sedikit). Namun geng ijo mulai kehilangan dominasinya secara signifikan. Ada scorpio modif, NVL modif, bahkan Byson modif, CBSF modif yang ikut meramaikan. Tentunya yang hasil modifikasi, terlalu nyeleneh jika status original dijual dengan harga lebih tinggi dari harga barunya.

Penutup

Mungkin itu yang bisa penulis tuliskan dalam analisa bursa motor bekas. Maaf jika penulis tidak memperinci datanya secara detil per produk, item per item, melainkan hanya melihat dari seringnya produk muncul dalam setiap halaman, sehingga tidak terlalu mengikuti kaidah ilmiah dalam ilmu statistik🙂 Dan tentunya penilaian penulis juga bersifat subyektif.

Sekali lagi penulis hanya membatasi di atas harga 20 juta, karena dua alasan utama, pertama untuk rentang harga 20 juta kebawah, itemnya sangat banyak sehingga lebih sulit untuk dilihat satu persatu, kedua menurut penulis saking banyaknya, orang lebih cenderung melihat bursa offline, alias datang langsung ke showroom bursa motor bekas yang tersebar di banyak tempat di masing-masing kota. Barang bisa dilihat langsung, langsung pula negosiasinya. Too much wasted time menurut penulis kalau mencarinya di bursa online.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran atau masukan, silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pasar Motor Bekas, Rentang Harga 25-75 Juta, Geng Ijo Sangat Dominan

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s