Masalah penggunaan jalur busway yang tidak semestinya, yaitu oleh mobil/kendaraan pribadi, sepertinya tak kunjung selesai. Setiap pelanggar sepertinya tidak perduli dengan etika maupun aturan. Selama tidak ada polisi yang menilang, the show must go on. Dan tentu saja hal tersebut membuat jengkel pengguna jalan yang lain, yang demi taat peraturan harus rela berada di jalur yang sesuai yang padat.
Sepertinya untuk masalah ini perlu solusi yang jitu dari pengelola lalu lintas. Pelanggar sama sekali tidak perduli etika dan aturan selama tidak tertangkap/ditilang. Nah..mungkin ini solusi manjur yang bisa diusulkan ke pengelola busway. Yaitu dengan 2 langkah :
- ganti ban biasa (berisi angin) yang dipakai oleh bus TransJakarta dengan ban mati, atau dalam bahasa sononya solid tire (ban solid)
- di beberapa titik ruas busway dipasang police spike, yang biasa dipakai polisi untuk mencegat mobil buronan yang sedang dikejar, tetapi bisa dilepas untuk keperluan emergency.
Dengan dua langkah ini mungkin akan sangat efektif mencegah pengendara/pengemudi yang seenaknya sendiri menggunakan jalur yang bukan hak-nya. Kalau nekad ya ..bleessss..langsung kempis ban-nya.
Yah ini sih solusi bodo-bodo ala penulis. Tentu ada efek-efek yang harus diperhatikan lebih lanjut. Karena permasalahan ini seringkali bikin jengkel banyak pihak. Betapa tidak, penulis yang tidak tiap hari di Jakarta saja merasa jengkel melihat ulah penyelonong jalur busway, apalagi yang tiap harinya harus ikut arus kemacetan Jakarta.
Gimana menurut masbro/mbaksist semua ?
Salam
memang perlu cara2 ekstrim…
bisa jadi shock therapy…
betul pak, polisi ya gk bakalan ngatasi, apalagi kalo yg masuk rame2..
polisine malah cegat sembunyi-sembunyi ๐
nyari mangsa ya a’.. hehehe
iya cari mangsa ๐
padahal di jalur busway itu udh sering makan korban tp gak kapok2nya
untung2an a’, kalo beruntung, byk temennya..bisa lolos dr polisi, nah kalo pake ranjau paku..mampus dah.. hehehe
haha iya,..tp mksud ane korban kecelakaan, udah sering banget ane lihat yg tabrakan di jalur tersebut ngeri mas boerhunt.
butuull..butuull.. lebih ngeri kecelakaan sama bis trans jkt, soalnya kenceng, kalo di jalur biasa kan macet, jd paling nabrak2 penyok doank..
Ntar yang ngelanggar juga ikutan pake ban mati, xixixi ๐
http://dizmaz.wordpress.com/2012/06/14/modifikasi-ninja-250r-sterilgarda-edition/
hahaha..kalo kenyamanan pasti lebih enak ban biasa kang..dan lagi mungkin lebih mahal krn bahan karetnya lebih byk..cmiiw.. ๐
soalnya pada tau, kalo melanggar rame2 apalagi dijam macet . ga bakal kena tilang… yg ada ngarepin hak diskresi pak pol
betul.. ๐
wkwkwkw…. yg pengalaman neeeh… ๐ ๐ ๐
ane kan pernah muda… *prinsip mumpung ada temennya..wkwkwk
klo “kemajuan” negara ini bs diraih, yakinlah kesadaran berdisiplin berlalu lintas bkl muncul kek negara maju.
Sy rasa masbro..kedisiplinan dan kemajuan tdk bisa tdk musti seiring, mksdnya kita gk bs mengharapkan masy disiplin setelah negara kita maju dulu, krn pilar utk maju justru disiplin itu sendiri
pagar aja antara ruas jalur umum dan busway
Yg jd kendala justru jalur masuknya yg terbuka pak, yaitu biasanya di persimpangan jalan, gk mungkin dipagari..nah disitu penyelonong masuk
Bagus, Mas Bur ….
Brpa, ya, ongkos yg perlu dibutuhin PT TransJakarta utk pengadaan perangkat – perangkat itu?
Kalo itu kyknya perlu analisa kelayakan dulu..dan sy rasa jg cukup material mas, bukan di police spike, tp di solid ban-nya, kalo police spike cukup dijalur masuk sekitar persimpangan aja, ban matinya mungkin mahal, krn ban-nya padat pejal
solusi saya, bikin pager tembok aja om, biar gak ada penyeberang semarangan juga…
Masalah di bus way itu entry pointnya om, krn jalur busway mau gk mau bersimpangan dgn jalur biasa di beberapa titik, kalo ditembok jalurnya kurang efektif kalo tdk bisa dicegah di entry point persimpangan, dan membangun tembok disepanjang jalur busway ane rasa terlalu tinggi biayanya..just IMHO sih..blm diteliti