Dalam banyak hal kita pernah mendengar istilah dead-locked. Dalam urusan perundingan, atau pekerjaan, dikenal kata deadlocked atau deadlock. (Sesuai bahasa, penulis lebih suka menggunakan kata deadlocked)
Kalau penulis sendiri pertama kali mengenal betul arti kata dead-lock sewaktu kuliah. Kebetulan jurusan kuliahnya dibidang Informatika. Dasar-dasar ilmu logika pemrograman wajib mengenal hal ini.
Secara definisi, deadlocked adalah kondisi dimana terjadi kebuntuan yang diakibatkan oleh ketergantungan satu sama lain yang bersifat sirkular atau tidak terputus. Ilustrasinya, A bergantung pada B untuk bergerak, sementara B bergantung pada C untuk bergerak, dan C bergantung pada A untuk bergerak. Akhirnya diam tak bergerak.
Nah.. kondisi Deadlocked yang demikian juga bisa terjadi pada lalulintas. Sering terjadi di persimpangan pertigaan perempatan atau lebih. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada jalur lurus 2 arah dimana tidak ada pembatas tengah jalan.
Topik ini penulis angkat ketika 3 minggu lalu berada di Makassar, teringat kembali peristiwa beberapa tahun yang lampau ketika penulis juga sedang berada di Makassar.
Kala itu di jalur Makassar-Maros terjadi kemacetan luar biasa. Benar-benar luar biasa sehingga yang biasanya pulang kantor jam 5 sampe rumah tidak sampe jam 6, ternyata sampai rumah jam 3 PAGI !!! Itu dialami orang yang kebetulan berkantor dimana penulis saat itu berada. Sebabnya adalah terjadi deadlocked pada ruas jalan itu.
Deadlock (dalam lalu lintas) terjadi karena para pengendara/pengemudi yang terlibat kemacetan tidak mau tertib, tidak mau mengalah, dan/atau tidak mau memberi jalan. Tentunya diluar sebab traffic light yang terganggu tentunya.
Tidak mau tertib karena banyak yang menggunakan jalur yang bukan hak-nya. Ini biasanya terjadi pada jalur dua arah yang tanpa pemisah jalan. Yaitu mengambil jalur kanan yang seharusnya milik kendaraan dari arah berlawanan, bahkan jalur paling kanan pun diambilnya. Begitu juga dari arah sebaliknya.
Tidak mau mengalah karena seharusnya ketika awal-awal terjadi kemacetan, harus ada yang mau mengalah sehingga dari arah berlawanan atau yang berbeda arah bisa lewat, dengan begitu arus bisa lancar. Yang terjadi justru bertahan bahkan sampai arus dibelakangnya ikut-ikutan macet. Begitu juga dari arah lain.
Dan yang pasti tidak mau memberi jalan. Yang ini juga sering terjadi di jalanan sempit yang hanya cukup 2 mobil 2 arah. Dan kebetulan ada mobil yang diparkir. Seharusnya kendaraan yang harus “memakan” arus sebaliknya memberi jalan terlebih dahulu. Penulis sering mengalami hal ini. Sering banget melihat orang/pengendara (terutama mobil, kalau motor mungkin masih bisa menghindari deadlocked) yang dengan bego-nya memaksa masuk, dan dengan bego pula yang dibelakangnya ngikut tanpa berpikir panjang. Begitu macet, terjadilah deadlocked, mundur gak bisa, maju jelas mentok. Hadeuhh..bikin pusing gara-gara ulah 1 orang..
Semoga bermanfaat
Salam
Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com
mesti mengalah untuk kepentingan bersama đŸ˜€
http://aaikhwan.wordpress.com/2011/12/16/ketika-tak-ada-yang-mau-mengalah/
Betul sekali a’…dimulai dr jalanan kecil sekitar rumah..
Lho..kok sama hehehe
bukan tulisannya yg sama masbro, tapi pemikiran kita yg sama untuk berusaha lebih tertib n jadi nyaman đŸ˜€
Betul..topic dan pemikiran yang sejalan.. jd gk merasa sendirian…
nah ini yg gw demen :D,..lek dis ya bro đŸ˜€
Aku ngalah, yg belakang nyodok, dari depan ga ada yg ngalah-ngalah, gak jalan-jalan, belakang ngomel, nyuuh nyodok… #mumetdewek
Jakarta emang anomali kang, sing ngalah ra keduman..yg didaerah2 yg seharusnya bisa belajar tertib sblm kndisinya jadi spt jkt..
lekdis đŸ˜€
kalo ada yang gak sabaran di belakang, tak matiin mesin motor ku, biar nyahok sekalian..
Ternyata deadlock banyak istilah rupanya. Kami punya keinginan dan tujuan namun karena keterbatasan tujuan tersebut masih gagal. Tapi bergerak terus adalah jawabannya . Salam bergerak
jgn pernah mundur..kecuali utk maju kembali..
give and take…hehehe
Take n give yg jamaah ini yg susah kang hehehe
Ya begitulah bro kondisi jalan yg sempit dng volume kendaraan yg trs bertambah , ditambah kesadaran mengemudi yg rendah dan egois bs mengakibatkan deadlock bahkan yg lbh parah bs terjadi stagnasi .
Betul sekali..
kayak permainan igo jadinya.. saling memberi dan diberi.. harus imbang
Kalo gk ada yg memberi ya gk bakal ada proses penerimaan, mungkin itu idenya permainan igo đŸ˜€
dngn kondisi jln padat..cuaca panas..pengen cepat sampai rumh…sehingga semua pmikiran rata2 tidak ada yg mau mengalah đŸ™‚ …
Apalgi kondisi akan hujan ya masbro..sebelum terjebak hujan đŸ™‚
DI JAKARTA AGAK SUSAH YA BRO,
KALAU KITA MENGALAH TERUS. NANTI GA KEBAGIAN LAGI ?
==================================================================
ALL ABOUT MEN’S
Offerings From Man To Man
http://allaboutmens.wordpress.com/
follow @allaboutmens1
Betul masbro..yg daerah seharusnya mulai menata, bukan hanya infrastrukturnya, melainkan mentalnya, sebelum menjadi spt jkt
gawat gawat nehh fotonya bro
baca duluu ahh
http://androidmoe.blogspot.com/2012/03/nokia-808-pureview-to-skip-north.html