Inilah Alasan Kenapa Saya Mengganti Kenalpot Ori Pulsar Yang Tak Bersuara Dengan Kenalpot Berbunyi

Dalam sebuah artikel penulis mendapat sebuah informasi menarik, yaitu penelitian tentang peningkatan bahaya kecelakaan pejalan kaki oleh mobil Hybrid yang notabene tanpa suara. Dari hasil penelitian itu didapat bahwa mobil hybrid tanpa suara, meningkatkan jumlah kecelakaan terhadap pejalan kaki sebesar 20% dibanding mobil konvensional yang bersuara.

Ketika hanya model hybrid yang beroperasi, pejalan kaki tidak dapat mendengar ketika mobil mendekat, sehingga mereka bisa melangkah ke jalan tanpa memeriksa kondisi yang ada, dan melihat serta merasakan apa yang akan terjadi.

Itu sebabnya penulis mengganti kenalpot ori pulsar dengan yang berbunyi. Tentu saja bukan dengan kenalpot bobokan yang bikin telinga bising. Dan alhamdulillah mendapatkan kenalpot yang diinginkan. Dan review dari “narasumber” para pendengar ( :D ) mengapresiasi bahwa suaranya bulat, tidak pecah, dan cukup adem.

Pengalaman penulis membuktikan, kenalpot tanpa suara, bisa bikin celaka. Beberapa kali penulis yang tiap sore hari melewati jalur jalan Junjunan Pasteur yang selalu macet, nyaris mengalami celaka. Sebabnya adalah munculnya motor secara tiba-tiba ketika melewati deretan mobil. Padahal kecepatan juga pelan, ya mana mungkin ngebut kalo macet. Artinya selononger boy itu tidak menyadari kehadiran motor penulis.

Suaranya ngebass, bulet, tapi adem gk bising...alhamdulillah yah :D

Ya mungkin ada yang komentar “kan bisa klakson”. Pertanyaannya, apakah tiap melewati celah-celah mobil kita harus klakson ? Kan aneh..klakson-klakson malah bikin pengendara lain terganggu. Dan juga kita tidak bisa mengharapkan orang lain selalu waspada tolah toleh kiri kanan sebelum melintas. Apalagi kondisi hujan, kewaspadaan pengendara lebih rendah, bisa jadi karena terganggu jas hujan.

Nah..itulah akhirnya penulis memutuskan mengganti kenalpot ori Pulsar. Dan alhamdulillah mendapatkan yang diinginkan.

Kembali ke artikel tadi..

Tentu saja faktor utama kecerobohan pejalan kaki yang tidak melihat kiri kanan ketika menyeberang, atau tidak melihat lalu lintas dengan teledor berjalan tidak pada trotoar, juga menjadi sebab utama. Tetapi yang dimaksud penelitian itu adalah bahwa itu (tidak bersuaranya mobil hybrid) salah satu faktor pendukung. Tentunya kita tidak bisa berharap bahwa pejalan kaki akan selalu waspada jika berjalan di pinggir jalan. Dan lagi ketika sudah jatuh korban kecelakaan, secara makro apakah penting lagi siapa yang salah siapa yang benar ? Yang nabrak rugi, yang ditabrak lebih rugi lagi. Gak ada yang untung masbro mbaksist.

Dan mungkin ada yang mengira artikel itu sebagai sebuah upaya menghambat Go-green. Tentu saja tidak masbro, jangan su’udzon dulu. Konsen mereka pada upaya meminimalisasi kecelakaan. Buktinya mereka mengusulkan adanya regulasi yang mengharuskan mobil hybrid memiliki alat agar keberadaannya diketahui. Bukan pada hybridnya mobil yang ramah lingkungan. Toyota dan Lexus pun sudah melengkapi semua mobil hybridnya dengan pembangkit suara elektrik untuk tujuan itu.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Catatan :

Artikel lengkapnya bisa dibaca disini

Salam

About these ads

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas, mobil, Otomotif, Roda Dua, Transportasi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Inilah Alasan Kenapa Saya Mengganti Kenalpot Ori Pulsar Yang Tak Bersuara Dengan Kenalpot Berbunyi

  1. ridertua says:

    mosokk…. :mrgreen:

  2. ridertua says:

    gak kena razia pak polisi tuh mas bro ???

    • boerhunt says:

      Alhamdulillah selama setahun make, sampe dibawa ke jatim aman2 saja..di bandung yg sering ada razia kenalpot alhamdulillah disuruh terus lanjutjalan, alasannya ada 2 menurut ane, pertama suaranya bulet tapi cukup lembut, di rpm rendah mirip knalpot ori vixion tp lebih ngebass, yg kedua.. modelnya di chrome gk spt knalpot bobokan

  3. ithonk17 says:

    cek disini bos siapa tau ada yang suka..

    http://anekaknalpot.blogspot.com/

    terima kasih

  4. proleevo says:

    Siiip… mantap bro…!!!

  5. jeng3 says:

    merk dan tipenya apa masbro?
    brapaan yah?

    • boerhunt says:

      Blank tanpa merk masbro, bikinan biker pemilik pulsar jg, krn wkt iu msh tergolojg riset, ane orientasi pd bunyi yg adem tp ngebass tdk bikin pekak telinga, bukan performa spt topspeed, malah top speed lbh rendah dr ori.. lha wong tujuannya cari aman hehe..sebenarnya byk kok bro yg bikin, tergantung tujuannya mau yg gmn..tp yg punya ane pembuatnya skrg juga jualan knalpot macem2 model utk pulsar.. merknya Next

  6. tiger kemrosok says:

    siip bro,p135 sy jg pk knalpot bkinan chuenk,adem ngebas bebas razia d puncak,wkt pk knalpot ori d komplek rmh bnyk anak2 lari2an g tau kl ad mtr,kl dklakson kasian mrk kget jd cm bs diem nunggu mrk lewat

    • boerhunt says:

      Nahh..itu dia..apalagi di jalanan kampung, byk alay yg bener2 alay..anak2 yg ngejar layangan putus..kalo gk ada suara bahaya banget tuh, mana bisa alay dikasih tau kalo dijalan nyebrang liat kiri kanan hehehe

  7. ryo says:

    sependapat lah… make klakson yang ada malah segan…

  8. warung DOHC says:

    aku justru cari yg tampang standart ori, tapi sedikit bersuara # ya caranya dimodip he he :mrgreen:

  9. uDien D'kab says:

    kalau yang bersuara tapi tetep go green ada ga yaah … :mrgreen:

  10. agoey says:

    hati2 bro entar ada yang ngebakar.. ane nulis artikel beginian di blog malah dibakar.. :evil:

    http://agoey.wordpress.com/2011/11/29/galeri-livery-monster-energy-kanzen-pesona/

    • boerhunt says:

      Ya mudah2an insya Allah gk lah masbro, memang diperlukan kepala dingin dlm menulis maupun membaca, sehingga pertukaran informasi bisa maksimal, dukungan data atau hasil penelitian biasanya bisa meredam yg bakar2an.. dan catatan juga, kalo dilihat dr topik hasil penelitiannya, seharusnya itu dilakukan di negara kita, krn para pejalan kaki di negeri mrk pun cukup tertib, bandingkan dgn pejalan kaki di negara kita yg jg “seruntulan” (gk cuman pengendara), dan ditambah lg juga byk trotoar yg dipake jualan shg pejalan kaki terpaksa turun ke jln yg meningkatkan resiko kecelakaan

  11. bimo96 says:

    jarang nemu knalpot model racing tp rasa mirip motor keseharian

    kerenn..

    salam kenal bro

    • boerhunt says:

      Salam kenal balik masbro..thx udah mampir, btw bisa aja masbro, asal desain knalpotnya memungkinkan utk ditambahi glasswool di bahian dlmnya, gunanya glasswool utk mengurangi kebisingan shg suara tdk pecah tp bulet, tp kekurangannya performance tdk seajib racing aslinya alias berkurang

  12. bapakeValen says:

    wah, beruntung gak ketilang polisi, bro.
    kalo polisinya “cari2″, knalpot gitu bisa jadi alasan buat nilang tuh.

  13. kasamago says:

    mantab dah, kedepan perlu ada knalpot standart tp bersuara “menarik”..

  14. Black_Viper says:

    setuju ma knalpot racing tapi jangan yg kayak kaleng rombeng, sering mau berantem dijalan karena orang yg pake klakson ga sabaran.

  15. Tidak perlu teknologi yang terlalu canggih untuk membedakannya sehingga cara pengambilannya juga cukup mudah.

  16. hoeda says:

    kl pake knalpot ga std, lwt gang malah ganggu org istirahat…
    Kl ditmpat macet ya ga perlu selap selip…
    Pejalan kaki tetep kudu diutamakan…

    • boerhunt says:

      Nah itulah yg jd pertimbangan juga, ane jg lama nyarinya dengerin satu2 punya temen, akhirnya dpt yg enak suaranya, rpm rendah adem tidak lebih kenceng dr tirev, kita gk mungkin geber2 di gang kan, pasti cuman sputaran langsam aja,
      betul sekali pejalan kaki diutamakan, makanya ane anti naik trotoar walo jln macet, itu jatah pejalan kaki, tp pejalan kaki di ind rata2 sdh liat kiri kanan kok kalo mau melintas, krn udah paham sering banget kendaraan nyalip dr kiri, beda ama motor yg kadang tiba2 muncul disela2 mobil, sering kaget krn itu

  17. dani says:

    UG3 kalo ganti knalpot tirev..selain bikin sambungan ada ubahan setelan dikarbu kah..

    • boerhunt says:

      hampir setiap ganti knalpot biasanya ada setingan karbu, minimal angin untuk menyesuaikan kebutuhan, kalo gk biasanya jadi meledak2, caranya setelah dipasang, gas kenceng kemudian lepas..pada saat turun rpm kalo mulus brarti sudah cocok, yg lebih teliti lagi coba dibawa ke jalanan turun, kalo ada mbrebet brarti masih kurang pas.. itu pengalaman ane gan

  18. Zami Awib says:

    nyari knalpot kya bgtu dmana gan??

  19. Susanto says:

    Modus aja ente, bilang aja biar sesekali bisa memuaskan jiwa 4LAY bleyer bleyer intimidasi pengendara laen, jujur aja laaaaaahh…..

    • boerhunt says:

      wah..komentar anda bagus banget om, spt peringatan untuk membersihkan niat, ibaratnya kalo org beramal itu ngingatin diri sebenarnya ikhlas atau pengen dipuji, dan kalo mengenai bleyer2, jujur aja pernah, intimidasi ? pernah, kapan ? sy kasih gambaran, di bandung jalan surya sumantri tadinya tanpa pembatas 2 arah, skrg ada pembatas yg tidak terputus sampe jalan di atas, efeknya byk pengendara yg melawan arus dari arah bawah bahkan disaat macet, jika saya menjumpai yg spt itu gk ragu saya bleyer2 krn kalo pake klakson2 lbh byk yg terganggu, eniwey terima kasih udah diingetin, jgn sungkan2 mengkritik

  20. salam kenal Bang .. .. Boleh mintak tolong di order gak gan???? saya di aceh . .. baru make KB pulsar 200 ns, rencananya mau ganti knalpot juga .. .. saya liat kanlpot dari gambar di atas kayaknya keren tuh .. .. mohon bantuannya ya Bang .. .

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s