Inspiring : Winning Mindset

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera..

Kebetulan hari ini (Kamis, 2 April, saat tulisan disusun) penulis mengikuti sebuah acara yang menghadirkan presentasi dari seorang tokoh muda, yaitu Jimmy Gani. Presentasinya sangat impresif dan juga sangat menginspirasi. Tetapi kali ini penulis tidak membahas latar belakang atau riwayat beliau, melainkan materi yang disampaikan beliau. Secara umum tema dalam presentasinya adalah tentang pengembangan talent putra putri bangsa. Dan fokusnya adalah tentang bagaimana meraih sukses baik secara personal maupun sebagai anak bangsa.

Tetapi yang lebih menarik lagi adalah bagaimana mindset dalam memandang kesuksesan, kegagalan, dan bagaimana memenangkannya, karena keberhasilan atau kesuksesan sesungguhnya berangkat dari mindset yang benar. Di sinilah penulis ingin berbagi dari apa yang bisa ditangkap dari presentasi yang sangat bermanfaat.

Agar lebih mudahnya langsung saja penulis sampaikan 2 tokoh inspiring dalam memandang keberhasilan dengan pendapatnya.

Gary Player Dan Keberuntungan

Gary Player yang lahir 1 November 2035, dikenal sebagai salah satu legenda golf profesional dunia. Prestasinya di bidang olahraga golf menjadikannya salah satu pegolf terbesar sepanjang masa dengan 9 gelar Major sepanjang hidupnya (Jack Nicklaus 18 Major, sedangkan Tiger Woods 14 Major). Dan salah satu yang paling dikenang dari Gary Player adalah terkenal dengan keberuntungannya sering mendapatkan Hole In One. Total dalam karir profesionalnya dan turnamen resmi Gary Player mencatatkan 19 kali Hole In One !

Untuk diketahui, Hole In One adalah ketika pegolf mampu memasukkan bole ke dalam lubang dalam sekali pukul, yang biasanya seharusnya dilakukan (sesuai jatah – par) dalam 3 pukulan. Dan untuk turnamen resmi, apalagi profesional, hampir selalu ada hadiah untuk hole tertentu (Hole PAR 3 – jatah 3 pukulan).

Apakah hanya Gary Player yang sering Hole In One ? Tentu tidak, tetapi yang menarik adalah pendapat dia ketika masalah “how lucky he was (betapa beruntungnya dia)” ditanyakan kepadanya. Ketika itu ditanyakan padanya.. dijawabnya dengan kalimat sederhana :

The harder I practice, the luckier I get (Semakin keras saya berlatih, semakin besar keberuntungan yang saya dapatkan)

Super… artinya sedikit atau banyak, keberuntungan itu tidak datang dengan sendirinya, keberuntungan itu bisa diciptakan, bisa dikondisikan, yaitu dengan berlatih keras, atau bekerja keras. Keberuntungan juga akan berpihak pada mereka yang berusaha.

Thomas Alfa Edison (1847 – 1931) Dan Mindset Tentang Kegagalan

Siapa yang tidak kenal tokoh satu ini, tokoh yang paling berpengaruh dalam dunia modern dengan buanyak temuannya yang bermanfaat bagi kehidupan modern. Tidak perlu penulis sebutkan bukan penemu bola lampu yang setiap rumah pasti menggunakannya. Padahal beliau  drop out dari sekolah. Yang menarik dari beliau adalah cara pandangnya.

Pernah dikatakan kepadanya.. bahwa anda (Thomas Alfa Edison) berhasil melakukan percobaan setelah ratusan kali menemui kegagalan. Maka dengan lugas Thomas Alfa Edison menyanggahnya, (yang kurang lebih kata-katanya..)

“Saya bukan menemui kegagalan ratusan kali sebelum menemui keberhasilan, tetapi saya BERHASIL menemukan kesalahan ratusan kali sebelum akhirnya BERHASIL menemukan bahwa yang saya lakukan benar”

Sekali lagi Super…!! Di sinilah perbedaannya dibanding kita-kita, termasuk penulis, dalam memandang keberhasilan dan kegagalan. Kenapa kita tidak memandang yang kita sebut dengan kegagalan itu sebagai keberhasilan menemukan kesalahan, sehingga membuka peluang bagi kita untuk menemukan yang benar. Bayangkan.. ratusan kali, sementara kita jangankan ratusan, puluhan atau bahkan belasan kali pasti sudah menyerah. Bahkan lebih sering kegagalan 2 kali sudah dirasa cukup untuk terus berusaha.

Meningkatkan Peluang Keberuntungan

Jika kita kembali pada prinsip Gary Player di atas, kita bisa melihat hikmah yang tersirat, yaitu

Berapapun kecilnya peluang keberuntungan kita, pasti akan kita dapatkan jika kita terus berusaha. Jika peluang keberhasilan kita 10%, artinya setidaknya kita harus terus berusaha hingga 10 kali, apalagi kita tidak tahu saat mencoba keberapa kali kita berhasil, yang ke 10, ke 5 atau bahkan saat pertama kali. Namanya juga peluang kan. Sebaliknya berapapun besarnya peluang keberuntungan kita, tidak akan pernah kita dapatkan kalau kita tidak pernah mencobanya. Peluang 100% berhasil pun tidak akan pernah kita dapatkan kecuali kita mencobanya at least sekali.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, atau masukan silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s