Mobil Murah : Pembodohan Otomotif Tingkat Tinggi Dan PHP

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera semua masbro/mbaksist..

Tentu sudah mendengar perseteruan antara pemerintah pusat dan Jokowi & Ahok (JnA) seputar mobil murah.

Ya.. bagi kita pemerhati otomotif dan lalu lintas secara umum, tentu banyak yang berada di belakang JnA. Sudah sewajarnya JnA melontarkan protes kepada Pemerintah Pusat. Betapa tidak, ditengah upaya yang sangat sulit mengatasi lalu lintas yang makin padat di Jakarta, Pemerintah dengan entengnya meloloskan proyek Mobil murah.

Tetapi tidak lama kemudian Pemerintah melalui Wapres Boediono menjawab protes JnA dengan beberapa argumen. Di sinilah nampak “kegagapan” dan kesalahan argumen-argumen yang sepertinya jelas dicari-cari sebagai pembenaran. Mari kita bahas (argumentasi Wapres) :

  • “Saya ingin merespons surat Gubernur DKI Jakarta, intinya Pak Wagub (Ahok hadir di acara), pemerintah pusat tidak akan lepas tangan untuk masalah DKI termasuk masalah macet, banjir dan rumah. Kita siap karena ini jendela rumah kita” – Betul kata seorang teman, ini pernyataan formalitas, normatif, langkah nyatanya apa ? Nyatanya justru menambah kemungkinan lebih besar bagi masyarakat untuk membeli mobil Murah (emang murah yah ??)
  • “Menurut saya, solusinya adalah meningkatkan secepat mungkin Pemda dan Pemerintah pusat untuk public transport. Kedua tidak menghambat orang beli mobil tetapi kita kenakan biaya saat berkendaraan di Jakarta,” – Yang pertama : itu sih sudah dijalankan oleh JnA dengan program MRT yang sedang berjalan. Yang kedua : apa cuma Jakarta saja ? Kemacetan ini makin meluas, menunggu daerah akan seperti Jakarta baru membenahi transportasi secara Nasional di seluruh daerah ?? Come on…
  • “Kalau mereka mau pakai harus bayar electronic road. Industri otomatif masih banyak dibutuhkan, termasuk di Belitung. Kalau numpuk di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan jadi masalah. Jadi bisa dilakukan tanpa mengorbankan tenaga kerja,” – Sekali lagi pertanyaan saya, apakah daerah-daerah lain akan dijadikan seperti Jakarta sekarang ini ? Apakah daerah dibiarkan makin bertambah padat lalu lintasnya seakut Jakarta baru memikirkan langkah selanjutnya ? Kalau alasannya karena tenaga kerja, kenapa tidak meningkatkan industri lain seperti industri pertanian ? Orang No. 1 di negeri ini gelar Doktornya Ekonomi Pertanian, kenapa tidak fokus ke situ dengan hasil menguatkan pangan nasional yang pasti menyerap tenaga kerja, tidak seperti sekarang kedelai saja import, padahal alamnya subur (Jadi merembet deh). Atau jika tidak, kenapa tidak mendorong pabrikan-pabrikan otomotif yang notabene bukan pabrikan dalam negeri untuk meningkatkan produksi yang sasarannya export otomotif, bukannya menambah parah lalu lintas di dalam negeri.

Jika kita lebih kritis memperhatikan, electronic road sama sekali tidak efektif untuk sekarang-sekarang ini. Metode ini hanya bisa mereduksi kemacetan secara perlahan. Hanya menambah beban pengelola lalu lintas harus mengawasi pelaksanaan aturan ini. Yang paling tepat adalah dengan mengurangi di hulunya, artinya mengurangi atau bahkan menstop penambahan mobil baru di jalan. Tentu ini kontradiktif sekali dengan adanya program mobil murah. Dan satu hal lagi, adalah penamaan yang konyol dengan embel-embel murah, tetapi justru harus memakai pertamax. Di samping harganya ternyata 100 juta ke atas (murah ??), juga gak masuk logika orang beli mobil murah bakalan membeli pertamax.

Kesimpulannya penulis bisa bilang, ini hanya akal-akalan, hanya pembodohan otomotif tingkat tinggi (karena oleh pemerintah) sekaligus pemberi harapan palsu (PHP), lah mahal kok dibilang murah.. piye toohh…

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

16 Responses to Mobil Murah : Pembodohan Otomotif Tingkat Tinggi Dan PHP

  1. orong-orong says:

    Pemerintah plin plan, satu menteri mengajak hemat bbm satunya lagi ngajak boros bbm
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/09/20/ada-yang-punya-permintaan-seperti-ini-gak-ya/

  2. pemerintah sudah keblinger sama produsen otomotif.
    yg pro, alasannya Indonesia bukan cuma Jakarta. banyak daerah2 lain yg butuh mobil murah.
    lha di semarang aja sekarang udah sering macet. apa nunggu daerah2 pedesaan jadi macet seperti jakarta??
    lagipula semurah-murahnya mobil murah itu harganya >Rp 80jt.. rakyat kecil mana yg bisa beli mobil harga segitu…

  3. Pemerintah kacau says:

    Dasar budiobodo

  4. kasamago says:

    LCGC bs jg dianggap upaya pemerintah utk lari dr tanggun jgwb menyediakan transportasi publi yg maju. kekuatan lobi perusahaan jepang kdg luar biasa kuat.

  5. Mas Sayur says:

    mobil murah koq pakai bensin orang kaya… ancooorr leek…. 😉

    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/09/20/yamaha-fino-fimesin-mio-j-lagito/

  6. LCGC ini seperti konspirasi para ATPM (notabene adalah asing) untuk memupus proyek mobil nasional… kapan negeri kita bisa maju kalau para petinggi gampang di “bujuk” soal kebijakannya yang justru “menghancurkan” produksi dalam negeri

  7. geo says:

    JnA yg begok… Mungkin kebanyakan masuk berita x ya jd kerjanya seolah2 di buat klu JnA itu pejabat yg baik!!! Terus terang aja, saya jd ilfil liat JnA, dgn pemberitaan di media seolah2 mrk itu suci, sehingga terjadi pembodohan terhadap masyarakat yg membaca dan menonton televisi.. Liat aja di solo dan bangka belitung hasil peninggalan kerja mrk!!! Dan klu masalah mobil murah kok dimasalahin, emang masyarakat menengah kebawah gak pengen mobil baru, keamanan, dan kenyamanan??? Pikir dong gmn cara ngatasinya!!! Uda banyak kasus pemerkosaan di angkot2 belakangan ini, apa JnA bisa jamin itu bakal tidak terjadi??? Polisi aja gak berani jamin!!! Dan sebelum muncul program mobil murah jg di ibukota macet!!! Saya ingatin dech, jgn mau di begoin ama JnA dan media, JnA protes krn takut klu program mrk GATOT (gagal total).. Makanya lain kli klu mau pilih pemimpin yg benar2 jiwa pemimpin, bukan pemimpin yg katrok gt, INGA..INGA..INGA!!!!

  8. Pingback: Mobil Murah : Pemerintah Bukannya Tidak Tahu Transportasi Publik Satu-satunya Solusi Permasalahan Lalu Lintas, Tetapi…. | Boerhunt's Blog

  9. Isa Mahendra says:

    saya akan kasih jempol JnA jika beliau ini memang belon punya mobil, tetapi jika udah punya mobil (apalagi lebih dari satu) itu namanya mau enak sendiri, mencegah orang lain bisa ngerasain punya mobil, biar gak tambah macet, bisa lenggang kangkung gitu loch…..

  10. Helpful information. Lucky me I discovered your site accidentally, and I am surprised why this accident didn’t happened earlier!
    I bookmarked it.

  11. This site was… how do you say it? Relevant!! Finally I’ve found something that helped me.

    Cheers!

  12. I am curious to find out what blog system you happen to be utilizing?
    I’m having some minor security issues with my latest blog and I’d like to find
    something more risk-free. Do you have any solutions?

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s