FUEL INJECTION, Bukan FULL INJECTION :D

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera semua masbro mbaksist.

Kali ini penulis ingin membahas obrolan ringan. Yaitu seputar salah kaprah terhadap sebuah istilah. Dan mungkin akan membawa pada kesalahan persepsi ikutannya.

Pasti sudah pada tahu, saat ini sistem pengabutan pada motor ada 2 jenis. Yang satu karburator, sedang satunya injeksi.

Bagi penikmat dan pengamat otomotif tentu juga sudah tahu, perbedaan mendasar keduanya. Tetapi bukan itu yang ingin penulis bahas.

Full Injection vs Fuel Injection

Ya.. tentu masbro/mbaksist sering mendengar membaca atau menyimak. Ada yang menulis Full Injection ada yang pula yang menulis Fuel Injection. Yang bener yang mana ?

Jawabnya .. yang benar adalah Fuel Injection.

Ini memang sepele. Saking (terlihat) sepelenya bahkan banyak yang salah. Entah karena memang tidak tahu, atau karena sudah sering banyak yang salah tulis jadi ikut-ikutan. Bahkan di media resmi pun sampai salah tulis (anggap aja salah tulis yah).

Media resmi saja masih salah tulis/ketik :)

Media resmi saja masih salah tulis/ketik 🙂

Definisi

Dari definisinya, Fuel Injection berarti bahan bakar yang di injeksi/disuntikan/disemprotkan langsung ke mesin ruang bakar kendaraan. Hal ini membedakan prinsip yang ada pada karburator (carburetor), di mana pada mesin karbu, udara dicampurkan dulu dengan bahan bakar di dalam ruang karburator, setelah itu hasil pengabutan/campuran disemprotkan ke dalam mesin.

Kebalikannya dengan Full Injection, tidak jelas Full maksudnya apa ? Kalau ada Full berarti ada Half, atau ada Quarter, nah yang gimana itu yang half atau quarter ? Atau ada yang Semi 😀 .

Sekedar obrolan ringan. Penting gak penting, tetapi jika kemudian masbro/mbaksist membuat artikel ilmiah akan jadi penting definisi ini. 😀

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in jurnalistik, mobil, Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to FUEL INJECTION, Bukan FULL INJECTION :D

  1. injeksi penuh…
    berarti yg lain masih setengah-setengah
    😀

  2. ipanase says:

    injeksi penuh, gassssssssss

  3. kang_ulid says:

    hahahha… iya juga ya… baru nyadar, kirain penggunaan iatilah full injeksi buat ngenyek pabrikan yg pake injeksi tpi nyetel nya pake obeng, hahahha

Tulisa balasan | Leave a reply