Diganti Injeksi, Kenapa Power Dan Torsi (Torque) Malah Turun ?

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera semua masbro/mbaksist..

Tentu masbro/mbaksist sudah menyimak berita menggembirakan. Yaitu launchingnya New Mega Pro FI.

Sebenarnya jujur saja, penulis mengharapkan ketika munculnya New Mega Pro injeksi sekalian. Kenapa masih karbu. Toh kalo langsung injeksi sudah inline dengan semangat Honda untuk menginjeksikan seluruh produknya. Padahal ketika itu juga motor sport 150-200 cc market share-nya dikuasai motor injeksi besutan YMKI (ketika itu, sekarang YIMM). Seolah mundur ke belakang, seharusnya lebih kedepan. Terlepas dari munculnya NMP untuk ditandingkan dengan si Kebo (Byson) ketika itu.

Oke, kita kembali ke judul. Ada yang penulis rasa cukup disayangkan. Apa itu ? Nampak dari data teknis yang penulis dapat. Coba kita simak :

Spesifikasi New Mega Pro Karburator (Old)

Spesifikasi NMP Karbu (Old). Perhatikan yang dilingkari (sumber : honda-ramayana.co.id)

Spesifikasi NMP Karbu (Old). Perhatikan yang dilingkari (sumber : honda-ramayana.co.id)

Spesifikasi New Mega Pro Fuel Injeksi

Spesifikasi New Mega Pro Fuel Injeksi. Perhatikan yang dilingkari.

Spesifikasi New Mega Pro Fuel Injeksi. Perhatikan yang dilingkari.

Terlihat bahwa ada penurunan baik power (maksimum) maupun torsi (maksimum) yang lumayan. Tentu akan jadi pertanyaan bagi konsumen NMP pada khususnya, dan konsumen roda dua pada umumnya. Perlu ada penjelasan, apakah penurunan ini disebabkan karena perpindahan ke injeksi, atau memang disengaja untuk mengejar sesuatu yang lain (apakah itu ?).

Ini penting, mengingat hampir dipahami oleh semua orang, termasuk penulis sendiri, bahwa dibanding karbu, secara umum injeksi lebih baik dari karbu. Dengan kondisi (mesin) lainnya yang sama, injeksi seharusnya memberikan performa yang lebih bagus, lebih irit, dan emisi yang lebih bagus. Begitu juga yang penulis pahami.

Yang penulis maksud dengan kondisi lain sama adalah kondisi pembakaran yang sama, karena perlu diingat, karbu vs injeksi itu berada pada domain proses pengabutan, sedangkan domain lain yang berpengaruh pada performa, irit-boros, dan emisi gas buang juga ada pada proses pembakaran. Kalau proses pembakaran itu pada single spark vs multi spark, atau berbicara pengapian. Untuk lebih jelasnya monggo disimak artikel lama Sebuah Tinjauan : Standar Emisi Euro Bukanlah Dikotomi Injeksi Vs Karburator dan Seputar Standar Emisi Euro Bag. II

Nah.. kira-kira apakah yang menyebabkan penurunan power dan torsi (puncak) ini. Bagi penulis yang cukup awam daleman mesin, yang penulis pahami, terkadang mesin dirubah karakternya, power diturunkan, tapi torsi dinaikkan, atau sebaliknya. Tetapi ini dua-duanya turun.

Ngejar irit ? Karena secara resmi pula dinyatakan NMP FI lebih irit kurang lebih 10% dari yang versi karbu. That’s very good. But..buat apa ngejar irit, toh dengan injeksi sudah bisa irit. Apakah memang demikian ?

Hmm.. penulis masih bertanya-tanya..

Tinggal satu yang belum diukur, yaitu dibandingkan emisinya dengan yang versi karbu. Jadi masih ada satu kemungkinan.

Atau kemungkinan lain, salah tulis. Mudah-mudahan demikian.

Gimana masbro/mbaksist ?

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Diganti Injeksi, Kenapa Power Dan Torsi (Torque) Malah Turun ?

  1. ipanase says:

    ngejar irit, ngejar eropa 3

    • boerhunt says:

      lah kalo ngejar irit kok sama ama yg 200 cc, tenaga 25 PS, kondisi riding normal (biasa bukan macet2an) rpm 6-8 ribu rpm, tp kalo kena macet2an bisa 30 km/liter🙂

    • boerhunt says:

      Hmm..mungkin gini ya.. kalo tanpa diturunkan power dan torsinya, iritnya gk sampe 10%, mungkin cuma 5%, nah agar iritnya bisa tembus 2 digit alias minimal 10%, dikorbankanlah power dan torsi, mengejar faktor psikologis, 2 digit peningkatan sangat signifikan utk marketing, apalagi orang tdk akan terlalu konsen thdp data teknis berupa power dan torsi dibanding tingkat konsumsi bahan bakar yg langsung lebih mengena pada konsumen..
      lahh..kok tak jawab sendiri yah.. qeqeqeqe..

  2. pulsar 135 says:

    nunggu disini injeksi yg benar2 injeksi..

  3. ben says:

    Ngejar irit bukan torsi….

    nitip link
    Cari tahu bagaimana anda bisa mendapatkan penghasilan tinggi lebih dari Rp 2jt/hari setiap hari bersama bisnis DISTRIBUTOR keagenan pulsa ELEKTRIK duta network indonesia (DNI). Informasi ini hanya khusus bagi pengguna HP saja. Ambar Sulistyono http://www.Bisnis-DGC.com/?id=DMA439664

  4. Pingback: Dengan Akan Hadirnya Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection, Akan Jadi Pembuktian Karbu VS Injeksi Pada Mesin Multi Busi | Boerhunt's Blog

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s