(Lagi-lagi) Penipuan Lewat Facebook

Assalamu’alaikum dan selamat sejahtera buat masbro/mbaksist semua..

Singkat saja, penulis sekedar mengingatkan, untuk berhati-hati terhadap penipuan lewat facebook. Modus operandinya tetap melalui hacking. Facebook kita atau teman fb kita dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan facebook yang telah dihack, si penipu akan mempublish promo-promonya. Monggo dilihat seperti apa bentuknya.

Modus operandi penipuan lewat hacked account

Akun Facebook teman yang terkena hacked

Awalnya penulis tidak mengira ini salah satu bentuk penipuan melalui akun yang kena hacked. Sebab, ada teman satu lagi yang sebelumnya kena hacked, memang kerja di luar pulau. Jadi mungkin logis jika bisa berkenalan dan berbisnis melalui barang-barang hasil sitaan bea cukai. Teman yang akunnya penulis tampilkan di atas juga malah kerja di luar negeri. Tetapi jika dilihat kalimatnya kok sama persis.

kemarin sempat beli ma kluarga di bea cukai,berupa alat elektronik & gadget .kirain china.ehh ternyata asli made in USA.mantap kok brngnya/ori 100%,klo diantara tmn2 ad yg minat silahkan d inbx aja.nanti aq kasih no hp yg puny barang,dia petinggi di bea cukai.BB onix3 dan tourch 9800=1,5jt,kamera canon eos 7d kit =2,5jt,KAMERA nikon d4= 4 jt,KAMERA leica r3= 5 jt , toshiba =3jta, samsung galaxy tab 2,5jt,ipad nya=3 jt..klo apple macbook pro=3 jt & iphone 4s= 2,5 jt,itu hrg sbgian brang yg ku tau,slnjutnya tman2 bsa bcra sndri ma yg pnya brang klo mmang mnat sy tunggu d inbox nnti sy kasih no hp yg puny brang..trm ksih

Dan kemudian diikuti dengan komentar yang sama :

liat sj foto barang dan bukti pengiriman barang nya di wall ku

Modusnya sama persis. Sontak penulis langsung tahu ini jelas telah di hacked.

Sebelum memposting statusnya, terlebih dulu penipu akan menampilkan bukti2 transfer..(lha temenku gak pernah tahu bisnis kirim barang kok bisa banyak resinya.. hehehe)

Sebelum memposting statusnya, terlebih dulu penipu akan menampilkan bukti2 transfer..(lha temenku gak pernah tahu bisnis kirim barang kok bisa banyak resinya.. hehehe)

Berhati-hatilah brosist, baik kita sebagai akun yang di hacked, maupun terjebak oleh penipu melalui akun teman kita yang di hacked.

Saran penulis, (ini sekedar saran pribadi, boleh diambil boleh tidak, atau ditambahin juga boleh) ..

Jangan pernah menginstall aplikasi facebook yang meminta ijin untuk mengakses setingan atau data di akun facebook kita. Bisa jadi salah satu aplikasi itu pintu untuk meng-hacking akun kita. Waspadalah…waspadalah..

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain and tagged , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to (Lagi-lagi) Penipuan Lewat Facebook

  1. Aa Ikhwan says:

    info ajib,.. waspadalah penipuan ini sedang marak 😀

  2. rusmanjay says:

    mesti waspada. ada juga akun FB yang suka kirim2 link sendiri, kalau sampe link-nya diklik bisa berbahaya.

  3. kasamago says:

    udah g pernah bka2 FB..
    ttp waspada.. FB skrg bkn nya tmpt silaturahmi tp apa saja..

  4. Pingback: Lagi, Penipuan Berkedok Pertemanan Di FB Marak Kembali | Boerhunt's Blog

Tulisa balasan | Leave a reply