Motor-2 Exotis Yang (Bakal) Muncul Di India Tahun 2014, Baik Yang Di Produksi Lokal Maupun Import

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..

Kali ini penulis ingin memberikan rasa iri bagi penikmat roda dua di tanah air, yaitu dengan menampilkan motor-motor exotis yang diperkirakan akan sudah mengaspal di jalanan negeri hindustan di tahun ini.

Dimulai dengan motor yang mengejutkan publik motor dunia, yaitu besutan Harley Davidson yang pembuatannya dilokalkan di India (walau tidak semuanya) !

Harley Davidson Street 750

Harley Davidson Street 750

Harley Davidson Street 750

Jangan ditanya spek, orang beli HD bukan karena spek, satu hal yang fenomena dari sang Legacy. Penulis akan mengulasnya dalam coretan lain, kenapa fabrikasi Harley Davidson mengejutkan banyak pihak.

Hyosung Aquila GV250

Hyosung Aquila GV-250

Hyosung Aquila GV-250

Yang satu ini besutan Hyosung yang jadi andalan di kelas cruiser 250cc. Hyosung akan memboyong cruiser ini ke negeri Hindustan, pemesanan sudah dibuka. Dengan konfigurasi mesin khas cruiser, mengusung V-twin engine yang nyaris tegak lurus, yaitu 75 derajad, tentu sesuai dengan peruntukannya. Dapur pacunya mampu mengeluarkan tenaga 24,5 hp @9000 (ini yg kurang cocok, terlalu tinggi rpm-nya) dan torsi sebesar 20 Nm @7000 rpm (ini juga masih terlalu tinggi, just IMHO). Sayang Hyosung Indonesia belum mengaspalkan kuda satu ini.

Hero Hastur

Hero Hastur 620

Hero Hastur 620

Walau masih berupa konsep (kelihatan dari mesinnya pun dummy hehehe), tetapi jika meluncur di jalan pasti sangat eye catching. Dengan mengusung mesin 620cc 2 silinder, diproyeksikan akan mampu memuntahkan tenaga 80 ps @9600 rpm. Ediyyannn.. Btw, modelnya ada aura Duke-nya KTM🙂 .

Hero HX 250R

Hero HX 250R

Hero HX 250R

Satu lagi besutan pabrikan yang baru beberapa waktu lalu memisahkan diri dari Honda India, yaitu Hero Motocorp. Dengan mengusung mesin 250cc single silinder, diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 31 PS ! Jelas langsung head 2 head dengan CBR250 mantan partnernya.. hehehe. Yang menarik menurut penulis adalah desainnya, tangkinya mengingatkan motor-motor jaman masih GP Moto awal 90an, dimana jok rider jauh lebih pendek. Walau posisi setangnya sedikit diatas tangki, tapi dengan jok rider yang pendek dipastikan tidak perlu nunduk. Jadi motor ini masih cukup enak jika harus dibawa jalan jauh.

Mahindra Mojo

Mahindra Mojo

Mahindra Mojo

Pabrikan asli negeri Hindustan satu ini tidak bisa dianggap remeh. Karena sudah ikut ajang MotoGP di kelas Moto3. Kali ini besutannya adalah Mahindra Mojo. Dengan mengusung mesin 300cc yang mampu memuntahkan tenaga 27hp. Sasisnya yang unik memberikan kesan kekar.

Suzuki V-Storm 1000

Suzuki V-Storm 1000

Suzuki V-Storm 1000

Benar-benar penikmat roda dua India dimanjakan. Yang ini besutan Suzuki yang diboyong untuk meramaikan jagad roda dua negeri acha-acha. Dengan platform yang sama yang sudah mensukseskan sang adik, yaitu Suzuki V-Storm 650.

TVS Draken

TVS Draken

TVS Draken

Pabrikan lokal India yang satu ini pun tidak ketinggalan. Walau masih mengusung konsep, dengan desain yang unik namun berkesan kekar, upside down fork, pengereman ABS, jelas akan menjadi rival berat di kelasnya, 250cc single silinder. Dan lagi-lagi CBR250 bertambah rival.

Pulsar dan SS400

PulsarSS400Dan tentu saja tidak ketinggalan, besutan pabrikan asli India yang sudah cukup dikenal di tanah air, yaitu Bajaj, dengan mesin barunya Pulsar CS400 dan SS400.

Gimana masbro/mbaksist ? Dalam satu tahun mereka dibanjiri motor-motor eksotis. Masak gak iri ? Penulis jelas-jelas merasa iri. Betapa tidak, pabrikan berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk konsumen di sana. Dan yang paling bikin iri, pabrikan Jepang harus berjibaku untuk melawan kekuatan lokal di sana. Bahkan pabrikan sekelas Harley Davidson pun perlu membangun pabrik di sana. Jelas iri kan kalau ngelihat yang terjadi di negeri kita. Sepertinya strategi kita dulu salah dengan membiarkan pabrikan negeri matahari terbit merajalela tanpa kendali, tanpa memperhatikan dan mengawasi adanya transfer teknologi. Hmm..

Semoga bermanfaat.

Wassalam

* jika ada saran, kritik atau masukan, monggo bisa email ke nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Motor-2 Exotis Yang (Bakal) Muncul Di India Tahun 2014, Baik Yang Di Produksi Lokal Maupun Import

  1. mas huda says:

    Ngidam cruisernya hyosung

  2. orong-orong says:

    india mah surga motor

  3. Piston says:

    Slm msh banyak diantara kita yg jd penyembah Merk…Maka negeri ini y akan tetep gini2 ja…”

  4. smartfaiz says:

    motor2 diatas 250cc hampir mustahil masuk sini dengan harga terjangkau

  5. motogokil says:

    kenapa ya india begitu maju industri motor nasionalnya, Indonesia ..jauh
    titip mas http://motogokil.com/2014/02/24/mengolah-profil-camshaft-nvl-racing-indoprix-draft-3/

    • boerhunt says:

      yg jelas keliatan sebabnya, krn pemerintahnya punya konsep yg jelas ttg pengembangan otomotif, dan disiplin diterapkan, tidak ganti dinasti ganti kebijakan

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s