Desain Memang Bukan Segalanya, Tetapi Jika Kita Bandingkan Ini, Tentu Bisa Menilai Seberapa Penting Desain Bagi Sebuah Motor

Rasanya sudah lama sekali tidak memposting artikel :D. Bukan tidak ada ide, tetapi dihinggapi rasa malas untuk menuangkannya ke dalam sebuah artikel.

Disini penulis bukan hendak membandingkan satu motor dengan motor lain. Karena secara di atas kertas pasti masbro/mbaksist dengan mudah mendapatkannya dari berbagai sumber. Dan jelas apa yang penulis ungkapkan disini subjective. Apalagi yang dibandingkan tidak semuanya setara atau head 2 head, baik harga maupun segmen atau cc-nya.

Oke kita lanjutkan.. Ya masbaro/mbaksist, desain memang bukan segalanya, bukan syarat mutlak seseorang berminat terhadap motor idamannya, bisa jadi performa, bisa jadi harga beli, harga jual kembali, tingkat konsumsi bbm, atau ergonomis. Tetapi bagaimanapun desain tentu yang pertama memberikan “pandangan pertama”.

Ayok kita simak 3 gambar ini..

Pasti udah pada tahu Hond CB150R Streetfire

Pasti udah pada tahu Honda CB150R Streetfire (sumber motoroids.com, sebenernya punya gambar sendiri wkt ke JMCS kemaren, hanya kurang jelas untuk topic yg dimaksud)

Ini juga pasti tahu, Vixion-Lightning (sumber : motodream.com, sama ini juga, punya gambarnya waktu di JMCS)

Ini juga pasti tahu, Vixion-Lightning (sumber : motodream.com, sama ini juga, punya gambarnya waktu di JMCS)

Kira-kira ada yang bisa membandingkan dengan yang di bawah :

Yang juga pasti udah tahu, Duke tapi yang 125cc

Yang juga pasti udah tahu, Duke tapi yang 125cc

Mungkin masbro sependapat, selain genre, ada 1 hal yang terlepas beda genre atau sama, tetapi membuat 2 yang pertama (CB150R dan Vixion Lightning) berbeda dengan yang terakhir (Duke125). Yaitu.. bagian bawah tangki alias ruang mesin Duke125 terlihat berisi dibandingkan kedua motor di atasnya. Padahal kubikasinya jelas lebih kecil, yaitu lebih kecil 25cc. Tidak terlihat banyak ruang yang bolong sehingga kita bisa melihat sisi sebaliknya. Apalagi untuk Vixion Lightning, bengkokan leher knalpot menyebabkan mesin terlihat makin kecil. Coba seandainya desain kenalpot tidak dibikin “terlalu konvensional”. Dengan lekuk-lekuk seperti pada motor besar pada umumnya, mungkin kesan “mesin terlalu kecil” bisa berkurang.

Disinilah kekuatan desain dari sebuah produk seperti yang penulis maksud.

Tapi masbro/mbaksist jangan terburu kecewa dengan desain yang kurang apik. Terutama yang sudah atau akan meminang. Untuk kedua motor di atas, modifikasi seperti yang ditampilkan di JMCS beberapa waktu lalu sungguh memberikan nilai tambah dari sisi desain. Seperti pada New Vixion Lightning, desain full fairingnya benar-benar ciamik. Apalagi dengan performa keduanya yang sudah cukup mumpuni di kelasnya.

Keren kan ceweknya modifikasinya...

Keren kan ceweknya modifikasinya…

Last…tapi urusan desain jelas kembali ke selera masing-masing. Apa yang penulis uraikan di atas jelas subyektif. :D

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About these ads

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Desain Memang Bukan Segalanya, Tetapi Jika Kita Bandingkan Ini, Tentu Bisa Menilai Seberapa Penting Desain Bagi Sebuah Motor

  1. gogo says:

    urusan desain emng seleratif, sang designer udah kerja keras menghasilkan yg terbaik.

  2. Aa Ikhwan says:

    ane bingung selera desain ane :mrgreen:

  3. jtxtop says:

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  4. aduh kena says:

    faktor sugesti juga ngaruh,karena dalam midset orang semakin mahal semakin bagus

  5. paedhimas says:

    memang selera mempengaruhi pilihan,tapi jika selera terbentur dana,jadinya seperti ini –> http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2012/09/07/spyshootkah/

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s