Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..
Sekedar informasi, bahwa ternyata seluruh produk roda dua Bajaj sudah EURO 3.
Bharat Stage vs Standard Euro
Sebagai informasi pula, India sendiri menamakan standar untuk emisi gas buang kendaraan atau perangkat bermotor (vehicle) dengan Bharat Stage. Tetapi itu hanya penamaan, pada kenyataannya yang menjadi referensi adalah Standar Euro. Pada awalnya mereka menamakan India2000 yang mengacu pada Euro 1. Namun kemudian pada stage selanjutnya mereka menggantinya dengan nama Bharat Stage yang tetap mengacu pada Standar Euro. Bharat Stage langsung dimulai dengan Bharat Stage II mengikuti acuannya yaituย Standar Euro 2, sehingga selanjutnya Bharat Stage III akan mengacu pada Euro 3.
Bajaj 2 Wheeler Proven for Euro 3
Sebagaimana judul yang penulis berikan, sejak tahun 2010, seluruh roda dua yang diproduksi oleh Bajaj, dengan teknologi DTS-i -nya telah lulus uji emisi berdasarkan standar Bharat Stage III. Yang artinya bahwa juga telah lulus uji Standar Euro 3 !
Jelas ini merupakan informasi yang bermanfaat, terutama bagi konsumen di tanah air yang selama ini selalu mempertanyakan standar euro pada motor-motor besutan negeri hindustan ini, mengingat seluruh kendaraan roda dua dari pabrikan yang satu ini masih menggunakan karburator sebagai perangkat pengabutannya.
Walau dari awal sendiri penulis tidak meragukan tentang standar Euro, mengingat setelah penulis pelajari, konsep multi busi yang diusung Bajaj dalam efisiensi bahan bakar memang berbeda dengan pabrikan yang sudah bercokol di tanah air. Berbeda dalam hal fokus di titik mana atau pada proses apa dilakukan efisiensi. Mengenai detil tentang hal ini bisa masbro/mbaksist baca tulisan lalu :
- Sebuah Tinjauan : Standar Emisi Euro Bukanlah Dikotomi Injeksi Vs Karburator (Bag. I)
- Seputar Standar Emisi Euro Injeksi vs Karbu, Bagaimana Strategi Pabrikan Menyikapinya (Bag-II)
Dan tentu saja ini yang membuat mantan petinggi Bajaj Auto Indonesia yang asal Jepang, yaitu Tomotaka Ishikawa, ketika diwawancarai saat baru menjabat, beliau berani berkata “Produk Bajaj sudah memenuhi Standar Euro 3”.
Sayangnya pihak berwenang kita yang sepertinya ambigu dalam menerapkan Standar Euro, tidak pernah ada stempel Standar Euro untuk tiap-tiap kendaraan yang sedang diproduksi atau dijual di tanah air. Seharusnya diberi stempel yang memang lulus uji Emisi sampai level berapa. Toh standar Euro sekarang sudah sampai 6, jadi tiap kendaraan baru yang diproduksi dan dijual, ada stempelnya seperti SNI, berapa level yang sudah dibuktikan oleh kendaraan tersebut. Walau baru diterapkan Euro-2, tetap distempel Euro-3 jika memang sudah memenuhi Euro-3.
Semoga bermanfaat.
Wassalam
*jika ada saran, kritik atau masukan, monggo hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com
sumber :
- Bharat Stage Emission Standards – Wikipedia
- Bajajauto.com
wew ajib kang ๐
http://www.aaikhwan.com/2014/03/04/spatbor-vixion-custom-byson-banyak-digandrungi-2/
iya.. sudah proven, pantesan pede mau ke eropah jualannya ceunah.. ๐
muhun kang ๐
keren, tapi ada yang kecewa sepertinya dengan bahan yang mudah pecah
yg bahan plastik yah ? mungkin bagusan yang P220, pernah ganti lampu oleh teman, tanpa perlu nurunin ban dan half fairing, bahan plastik half fairingnya di pentang kuat2 gpp
sipp..
๐
http://hulssay.com/2014/03/03/seksualitas-pria-vs-perempuan-part-2/
Josss wes ๐
wah kereeeeen ๐
Sippdah klo gitu
hebatttth
jos tenan, berani menunjukkan
Pingback: Dengan Akan Hadirnya Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection, Akan Jadi Pembuktian Karbu VS Injeksi Pada Mesin Multi Busi | Boerhunt's Blog
Quality content is the crucial to interest the people to pay a visit the
web page, that’s what this web site is providing.
ใขใฏใปในๅขๆๅฉใใชใณใฏ้ใงใใ่ฒดๆนใ ใใฎๅๅใฎ็ฌใๅ ใใใผใธใไฝใๅบใ๏ผณ๏ผฅ๏ผฏๆน็ญใๆฝใใฆใใพใใ
Gะณeetings! Very helpful ะฐdvicแฅฑ wัthัn this artiฯฒโ ผะต!
It’s the little changes that will maาe the most significant changeั.
Thanks a lฮฟt for sharing!
What’s up it’s me, I am also visiting this web site regularly, this website is
genuinely nice and the visitors are in fact sharing pleasant thoughts.
I always was concerned in this subject and stock
still am, appreciate it for putting up.
I am regular visitor, how are you everybody?
This piece of writing posted at this web site is genuinely good. http://eduardopetlc.blogprodesign.com
Engineering Intern – Rail/Track Design – Massachusetts-Boston oiljobs
โฆ