Wah.. Ternyata Semua Produk Roda Dua Bajaj Sudah EURO-3, Proven !

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..

Sekedar informasi, bahwa ternyata seluruh produk roda dua Bajaj sudah EURO 3.

Bharat Stage vs Standard Euro

Sebagai informasi pula, India sendiri menamakan standar untuk emisi gas buang kendaraan atau perangkat bermotor (vehicle) dengan Bharat Stage. Tetapi itu hanya penamaan, pada kenyataannya yang menjadi referensi adalah Standar Euro. Pada awalnya mereka menamakan India2000 yang mengacu pada Euro 1. Namun kemudian pada stage selanjutnya mereka menggantinya dengan nama Bharat Stage yang tetap mengacu pada Standar Euro. Bharat Stage langsung dimulai dengan Bharat Stage II mengikuti acuannya yaituย  Standar Euro 2, sehingga selanjutnya Bharat Stage III akan mengacu pada Euro 3.

Equivalensi Bharat Stage dan Standar Euro (sumber : wikipedia.org)

Equivalensi Bharat Stage dan Standar Euro (sumber : wikipedia.org)

Bajaj 2 Wheeler Proven for Euro 3

Sebagaimana judul yang penulis berikan, sejak tahun 2010, seluruh roda dua yang diproduksi oleh Bajaj, dengan teknologi DTS-i -nya telah lulus uji emisi berdasarkan standar Bharat Stage III. Yang artinya bahwa juga telah lulus uji Standar Euro 3 !

All two wheeler Bajaj has proven for BS-III (Euro 3) (sumber : bajajauto.com)

All two wheeler Bajaj has proven for BS-III (Euro 3)
(sumber : bajajauto.com)

Jelas ini merupakan informasi yang bermanfaat, terutama bagi konsumen di tanah air yang selama ini selalu mempertanyakan standar euro pada motor-motor besutan negeri hindustan ini, mengingat seluruh kendaraan roda dua dari pabrikan yang satu ini masih menggunakan karburator sebagai perangkat pengabutannya.

Walau dari awal sendiri penulis tidak meragukan tentang standar Euro, mengingat setelah penulis pelajari, konsep multi busi yang diusung Bajaj dalam efisiensi bahan bakar memang berbeda dengan pabrikan yang sudah bercokol di tanah air. Berbeda dalam hal fokus di titik mana atau pada proses apa dilakukan efisiensi. Mengenai detil tentang hal ini bisa masbro/mbaksist baca tulisan lalu :

Dan tentu saja ini yang membuat mantan petinggi Bajaj Auto Indonesia yang asal Jepang, yaitu Tomotaka Ishikawa, ketika diwawancarai saat baru menjabat, beliau berani berkata “Produk Bajaj sudah memenuhi Standar Euro 3”.

Sayangnya pihak berwenang kita yang sepertinya ambigu dalam menerapkan Standar Euro, tidak pernah ada stempel Standar Euro untuk tiap-tiap kendaraan yang sedang diproduksi atau dijual di tanah air. Seharusnya diberi stempel yang memang lulus uji Emisi sampai level berapa. Toh standar Euro sekarang sudah sampai 6, jadi tiap kendaraan baru yang diproduksi dan dijual, ada stempelnya seperti SNI, berapa level yang sudah dibuktikan oleh kendaraan tersebut. Walau baru diterapkan Euro-2, tetap distempel Euro-3 jika memang sudah memenuhi Euro-3.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*jika ada saran, kritik atau masukan, monggo hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

sumber :

 

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Wah.. Ternyata Semua Produk Roda Dua Bajaj Sudah EURO-3, Proven !

  1. orong-orong says:

    keren, tapi ada yang kecewa sepertinya dengan bahan yang mudah pecah

    • boerhunt says:

      yg bahan plastik yah ? mungkin bagusan yang P220, pernah ganti lampu oleh teman, tanpa perlu nurunin ban dan half fairing, bahan plastik half fairingnya di pentang kuat2 gpp

  2. touringrider says:

    Sippdah klo gitu

  3. Pingback: Dengan Akan Hadirnya Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection, Akan Jadi Pembuktian Karbu VS Injeksi Pada Mesin Multi Busi | Boerhunt's Blog

  4. Quality content is the crucial to interest the people to pay a visit the
    web page, that’s what this web site is providing.

  5. ใ‚ขใ‚ฏใ‚ปใ‚นๅข—ๆ‰‹ๅŠฉใ‘ใƒชใƒณใ‚ฏ้›†ใงใ™ใ€‚่ฒดๆ–นใ ใ‘ใฎๅ„ๅ€‹ใฎ็‹ฌใ‚Šๅ ใ‚ใƒšใƒผใ‚ธใ‚’ไฝœใ‚Šๅ‡บใ™๏ผณ๏ผฅ๏ผฏๆ–น็ญ–ใ‚’ๆ–ฝใ—ใฆใ„ใพใ™ใ€‚

  6. Kristen says:

    Gะณeetings! Very helpful ะฐdvicแฅฑ wั–thั–n this artiฯฒโ…ผะต!
    It’s the little changes that will maา›e the most significant changeั•.
    Thanks a lฮฟt for sharing!

  7. What’s up it’s me, I am also visiting this web site regularly, this website is
    genuinely nice and the visitors are in fact sharing pleasant thoughts.

  8. I always was concerned in this subject and stock
    still am, appreciate it for putting up.

  9. I am regular visitor, how are you everybody?
    This piece of writing posted at this web site is genuinely good. http://eduardopetlc.blogprodesign.com

  10. Engineering Intern – Rail/Track Design – Massachusetts-Boston oiljobs
    โ€ฆ

Tulisa balasan | Leave a reply