Dengan Akan Hadirnya Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection, Akan Jadi Pembuktian Karbu VS Injeksi Pada Mesin Multi Busi

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis….

Tidak lama lagi konsumen otomotif tanah air akan disuguhkan 1 lagi motor besutan Kawasaki yang dipabrikasi oleh Bajaj, yaitu Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection. Hanya masalah waktu yang belum pasti. Perubahannya apa saja, apakah hanya mengganti sektor pengabutan, ataukah perubahan yang cukup signifikan dibanding versi karbu, kita lihat nanti. Nah.. kita bahas disini..

berharap ada fitur ini di speedonya jika sudah injeksi, KM/L or L / 100KM :D

berharap ada fitur ini di speedonya jika sudah injeksi, KM/L or L / 100KM😀

Seperti kita tahu, atau masbro/mbaksis sering menyimak obrolan di dunia maya ataupun melalui sosial media. Seringkali terjadi perdebatan panjang antara Karbu vs Injeksi. Sebetulnya jika tidak ada kehadiran Pulsar yang dulunya dimarketingi sendiri oleh Bajaj melalui BAI, semua sudah selesai. Injeksi pasti jauh lebih baik dari karbu. Perdebatan terjadi dalam banyak forum ketika Bajaj menawarkan teknologi yang berbeda dibanding semua motor yang banyak mengaspal di tanah air (berbedanya karena untuk motor, hampir semua konsumen sebelumnya hanya tahu konsep single spark). Yaitu efisiensi bahan bakar dan peningkatan performa melalui pembakaran yang lebih sempurna dengan mengaplikasikan multi spark dalam 1 silinder.

Sebetulnya dalam opini penulis, banyak perdebatan yang terjadi karena dua pihak membicarakan tentang hal berbeda. Ibarat orang buta ngomong tentang Gajah, satu megang ekor, satunya megang tubuh gajah. Jadinya gak nyambung. Kenapa demikian, karena sebetulnya injeksi or karbu fokus di pengabutan, pencampuran sempura udara dan bahan bakar, sedang yang dibandingkan sendiri (Pulsar) menerapkan teknologi bukan pada pengabutannya, melainkan bagaimana membakarnya, yaitu dengan dual/multi spark.

Nah.. dengan nanti akan hadirnya Pulsar 200NS Fuel Injection, akan jadi pembanding yang fair, yang relevan “keunggulan” injeksi vs karbu. Penulis memberikan tanda kutip karena keunggulan itu bukan hanya dari sisi performance dan keiritan, melainkan plus minus kemudahan perawatan, ketersediaan bengkel yang menanganinya. Dan juga dari sisi harga dan sebagainya. Karena bisa jadi perubahan dari karbu ke injeksi pada Pulsar 200NS ini tidak banyak memberikan peningkatan secara signifikan dibanding harga yang harus dibayar.

Last.. harapan penulis sih, KMI tetap melanjutkan penjualan yang karbu disamping injeksi, mengingat pengalaman sebelumnya, perubahan karbu ke injeksi pada pulsar series sebelumnya, tidak memberikan peningkatan yang cukup signifikan dibanding cost yang harus di bayar. Toh dua-duanya sudah memenuhi standar emisi gas buang. Biarkanlah konsumen yang memilih.

Topik yang berkaitan :

Sebuah Tinjauan : Standar Emisi Euro Bukanlah Dikotomi Injeksi VS Karburator (Bag. I)

Wah..Ternyata Semua Produk Roda Dua Bajaj Sudah Euro-3 Proven

Seputar Standar Emisi Euro, Injeksi vs Karbu, Bagaimana Pabrikan Menyikapinya

Diganti Injeksi, Kenapa Power dan Torsi Malah Turun ?

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, dan masukan monggo hubungi di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Dengan Akan Hadirnya Kawasaki Pulsar 200NS Fuel Injection, Akan Jadi Pembuktian Karbu VS Injeksi Pada Mesin Multi Busi

  1. ipanase says:

    semoga bagus, makin value

  2. kasamago says:

    smg perbedaan keiritan dan maintenanceny akan signifikan..

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s