Duke 180 Harga 30 Jutaan ?? Akan Seperti Apa Kira-kira ?

Assalamu’alaikum masbro/mbaksist…

Tergelitik juga dengar kabar Duke 200 yang pemasarannya di tanah air tidak moncer, akan di “downgrade” menjadi 180 dengan harga yang (jauh ?) lebih murah.

Pertanyaannya, akan seperti apa ? Apa yang akan di downgrade ? Mesin doank ? Kaki-kaki ? Rangka ?

Wow… semakin banyak yang di downgrade memang akan semakin banyak meng-cut price secara signifikan. Tetapi.. akan seperti apa nanti performa, durability dan riding quality-nya..

Sekedar catatan saja, untuk kaki-kaki saja, berdasarkan beberapa informasi, nilai yang nempel pada Duke 200 sekarang berkisar belasan juta, dengan velg aluminium alloy yang ringan tapi kuat, swing arm yang unik yang tetap kuat dan ringan, upside down fork untuk depan dari produsen kenamaan WP Suspension, rangka trellis khas Duke series yang juga ringan. Jika itu diganti ..hmm.. mungkin akan cutting price banyak, let’s say setengahnya. Tetapi penggantinya seperti apa ? Ingat, bahan ringan tapi kuat itu mahal, jadi kalau dibikin murah, resikonya overall bobot akan bertambah (terutama rangka, swing, dan velg) :).

Mesin

Nah.. sekarang yang menarik adalah sektor mesin. Akan seperti apakah jika Duke versi murah berkubikasi 180cc ?

In my humble opinion (IMHO) downsizing dari 200cc menjadi 180 cc tidak akan signifikan menurunkan harga, selama seluruh yang ada pada Duke 200 termasuk karakteristik mesinnya yang akan juga ada pada Duke 180 nanti. So.. apakah mesin 180 cc nanti akan baru ? Eits… jangan lupa, Duke series dibikin oleh Bajaj dengan control pihak KTM. Dan.. Bajaj masih punya mesin 180 cc yang bahkan masih dipasarkan yaitu Pulsar 180 yang kalau tidak salah sudah generasi ke 5 or 6 (dalam istilah para pengguna Pulsar disebut UG-5/6 CMIIW). So.. Duke 180 akan pakai Pulsar 180cc ?

Wow (lagi).. sebuah langkah yang berani bagi sebuah brand terkenal di Eropa. Tetapi masih bisa dinetralisir jika disebut Duke versi murah (tentunya gak murahan). Toh langkah ini (merespon low-end market) sudah dirintis juga oleh BMW melalui kerja sama dengan TVS. Begitu pula Harley Davidson berencana meluncurkan kubikasi kecil. (Namun sayangnya tidak ada satupun yang menjadikan Indonesia basis produksinya..hiksss)

Sorry rada ngelantur.. kembali ke basis mesin… Jika pun mesin Pulsar 180 yang nanti akan dipakai, tentu KTM tidak akan sembarangan. Prediksi penulis akan ada proses re-defining terhadap mesin Pulsar 180 jika dijadikan basis mesin Duke 180. Karena sebagaimana penulis ketahui sendiri sebagai pengguna Pulsar, karakteristik mesin pulsar versi lama (kecuali P135) cenderung lebih cocok sebagai mesin untuk motor turing. Walau dibandingkan kuda besi pabrikan lain seperti Honda Tiger atau Scropio, tentu lebih kental karakteristik turingnya kedua motor tersebut, apalagi yang biasa menggunakan motor selain Pulsar. Tetapi tetap Jelas berbeda dengan Duke yang punya akselerasi galak.

Selain karakteristik, tentu masalah kualitas, material dan performa akan di-redefine melalui quality control yang dimiliki oleh KTM.

So kesimpulannya.. jika skenario di atas yang berjalan, perkiraan kasar penulis memang tidak mustahil harganya bisa di-cut menjadi 30 jutaan. Dan perlu diingat, pernyataan itu disebutkan di media tanah air, yang artinya sudah diperhitungkan pajak dan sebagainya, jadi penulis lebih prefer jika angka itu merupakan harga On The Road, walaupun bisa jadi 39 juta hehehe.

ready2ride

Narsis dulu sama si orenjozz (lg mikir2 mau jual yang warna biru di sebelah :-/ )

Sekian..semoga bermanfaat

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Duke 180 Harga 30 Jutaan ?? Akan Seperti Apa Kira-kira ?

  1. menyesuaikan segmen pasar indonesia tu ,,,, 🙂

    saat kaki berpijak di bumi Flores – NTT

  2. irza4627 says:

    yg lain boleh lah didowngrade, asal mesinnya tetap austria murni
    irza4627.wordpress.com/2013/07/27/regulasi-baru-motogp-2014/

    • boerhunt says:

      mesin doank ? gk sayang rangkanya ? 😀

      • irza4627 says:

        klo rangka ga perlu tralis, kemahalan nnti, yg pntg mesinnya joss, rangka deltabox jg udh cukup, IMHO :mrgreen:

      • boerhunt says:

        dilema, kalo utk teralis, emang bahan harus lebih bagus dr biasa, kalo tidak maka akan spt teralisnya sebelah yg 150 cc, kesan dipaksain dan tempelan, tp kalo kualitas bagus, pasti mahal jatuhnya.. nah kalo deltabox, hilang salah satu ciri khas Duke-nya… nah bingung kan.. hehehe

      • irza4627 says:

        wah nnti ada yg kesinggung wkwkwkw
        ya ditutup fairing biar g kliatan rangkany, moto3 KTM kn ada yg pke delta box :mrgreen:

      • boerhunt says:

        gk lah, krn tidak ngambil model teralis yg mogenya, mudah2an nanti yg katanya teralis 250 cc lebih bagus, bisa jd salah satu pilihan favorit..
        kalo di tutup fairing jadinya RC18 😀

      • irza4627 says:

        walah malah nambah lagi, puyeng wkwkwkwk

      • boerhunt says:

        Byk pilihan jd malah puyeng yah, kyk milih jodoh, makin byk makin bingung wkwkwkwk

      • inline4 says:

        setahu saya rangka deltabok aluminium itu lebih mahal lebih kuat dan lebih ringan dan lebih stabil.lebih mahal karena berbahan aluminium padat dan mahal,sementara rangka trellis pake baja hi tensile biasa standart pabrikan motor pada umumnya,gak beda sama rangka baja tulang punggung.deltabox lebih kaku karena konstruksinya yang lebar,makanya lebih stabil untuk menikung dengan kecepatan tinggi.ducati motogp aja nyerah dengan sasis tralisnya dan memesan sasis aluminium ke suter sehingga sekarang semua pabrikan di motogp pake casis perimeter aluminium (yamaha bilang deltabok sementara istilah honda : twin spar)
        secara umum rangka deltabox bisa didesain sangat besar dan sangat lebar,berbentuk kotak sehingga lebih kaku dan sangan kapabel mengatasi goncangan akibat transfer tenaga dari mesin ke roda maupun meredam guncangan dibanding gtrellis maupun diamond steel,tapi bobot tetap ringan

  3. old legion says:

    Ente pengguna pulsar juga tho? Salam akselerasi halus alias lemot abis! Sorry out of topic! Pake pulsar tuh unik, ya bentuknya, ya rasanya, ya cari spare partnya! Bikin kesel tapi tetep memuaskan! Btw type pulsarnya apa wan?

    • boerhunt says:

      hahaha..lemot krn bobot berat men, kliatan kalo utk yg akselerasi terbilang bagus dibanding kakak2nya.. yg biasa dipake p135 ama p220, tp skrg tinggal p135 🙂

    • inline4 says:

      kalo pulsar125 mungkin lemot, tapi kalo yang 180 keatas kayaknya cukup mantab tuh ditambah suara mesinnya yg cukup halus….

  4. Aa Ikhwan says:

    moge moge makin rame euy 😀

  5. dengan harga 30-an, pake mesin duke 125 juga gak apa-apa lah…. malah kalau menurut ane, mending masukin Duke 125 grayscale aja daripada kelas 180. kesannya diada-adain gitu gan… tapi tolong USD jangan diganti

  6. kasamago says:

    mesin all made lokal, tampilan ktm austira asli..
    yg plng naksir dg duke itu desainnya, everlasting bgt..

    • boerhunt says:

      Mesin lokal ? Gk yakin gan, coz membuat pabrik di ind lebih mahal “biayanya”, secara politis, regulasi, perburuhan, dll, makanya dlm skala makro, manufaktur berpindah ke negara2 tetangga, dan lbh milih impor dr india drpd dilokalkan, patut disayangkan

  7. good day says:

    Tinggal dliat gan 2 busi ato 1 busi??
    Klo 2 busi berarti alamak ktm 180 from bajaj’
    Wkkkkkkkkkkkkk……..
    Oh y gan klo dliat mang ktm duke 200 mahal tpi dgn fork dpn usd, tralis, dohc + sasis mirip2 klx 250 dgn coakan yg memungkin sasis jd ringan kyax bgi yg berduit cukup worthlh blm lg bwa brand KTM…….on y mengenai cb150 dgn tralisx menurut ane yg kurang seharusNya tralis dari tengah kblkg jgn nampak seperti sekarang…..harusnya honda menutup tralis dari tengah kblkg dgn body fiber biar lebih guanteng’ N tralis dcb biar bagaimana pun harus kita hargai karna untuk mopang honda menjadi first mover & bukankh tralisnya dcb sm dgn yg dpakai k”x dcbr250 yg tlh terbukti dajang irs gan?? #just opinion# agan yg sering bc setiap ada artikel Ns y??

    • boerhunt says:

      Bisa jadi, toh duke690 jg mengaplikasikan dual busi, bs jd itu hsl kolaborasi dgn bajaj.. Setuju banget mengenai cb150r, memang memadukan antara estetika dgn fungsi cukup berat, mungkin di cb150r demi harga kompetitif yg sedikit dikorbankan dr sisi estetikanya, kalo mau dua2nya harganya pasti naik, jd gk kompetitif dgn pabrikan sebelah, aplg saat peluncuran kejar2an ama rival 😀 , NS emg bikin penasaran sejak peluncuran pertama, pdhl sampe skrg blom pernah megang apalagi test ride 😀

  8. good day says:

    Yup gan tralis dgn harga 22 jtaan klo dpikir logika cukup worthlh….. nsx Gɑ̤̈ pernah tpi sodaranya lg inrayen yg datas y gan’ narsis dulu wkwkwk…….

    • boerhunt says:

      hehehe.. tp dlm skala kehebohan, NS lebih heboh sejak peluncuran 😀

      • inline4 says:

        200ns sama vixion itu pake deltabox tapi bahannya baja hi tensile biasa sama kaya duke200, bukan aluminium makanya harga bisa ditekan.duke itu bukannya gak bisa lebih murah tapi memang disasar ke konsumen hobbies yang lebih eklusif,seperti halnya vespa indonesia yang pasang harga px150cc terbaru rp59jt.
        sangat mahal untuk ukuran motor dengan teknologi tua.padahal dulu waku masih dipegang pt dan motor indonesia tahun 2005,harga px150 cuma 18jt saja dengan spek sama persis lampu depan bulat dan rem depan cakram.
        kebetulan saya juga pengguna vespa super 72.lambat boros dan sering rewel.tapi saya tetap suka karena naik euro bike itu pasti jadi perhatian di jalan….pokoknya extra ordinary lah
        😀

  9. good day says:

    P135 puxa agan sakit”an Gɑ̤̈??
    Dh brp lama tuh p135x gan??

  10. good day says:

    Tul gan ns lbh hboh mungkin karna teknologi 3 SparkNya kali gan? Lum lg sasis twinsparnya yg termsk baru yg tdk pernah daplikasi dgen pulsar sebelumNya apalagi mesin kembar dgn duke yg agan naikin syg teknologi yg dianut ns msh sohc + harga ns yg bikin Ngiler hehehe…oh y duke 690 brp silinder gan??, performa p135 menurun gmn. Gan??, mang olinya apa gan?? P220x kmn gan??

    • boerhunt says:

      yg jelas karena secara keseluruhan NS memberikan hal yg baru utk Pulsar series, terutama desain yg diluar ekspektasi..
      Duke690 msih 1 silinder..
      sudah 3 thn piesnya, yg nurun ekselarasi dan speed tdk segalak dulu, mungkin sdh wktnya ganti kampas kopling 😀 kalo p220 udah laku 😀

      • inline4 says:

        bang burhan saya mau nanya keanehan KTM Indonesia dalam memasang harga,kita lihat dari harga di india jika dibandingkan dengan disini…
        kita bandingkan ya mas :
        p200ns di india harga 18 juta,disini 23 juta,naiknya sedikit sekali.
        bandingkan dengan
        KTM duke200 di india 22,8jt tapi disini 60 an juta atau naik 3x lipat…
        kira2 itu strategi KTM Indonesia atau bagaimana mas?kok beda banget selisihnya antara p200ns sama duke200…
        mohon pencerahannya mas,nuwun.

  11. good day says:

    Hahaha……mantaap gaaN……..

Tulisa balasan | Leave a reply