[Share] : Hasil Jepretan Kamera HP Lumia 730 Ala Amatiran

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Kali ini penulis ingin berbagi review tentang hasil jepretan kamera HP, yaitu HP Nokia Lumia 731 730. Review ini bukan ditujukan untuk yang hobi fotografi, melainkan bagi mereka yang tidak memerlukan kamera yang canggih. Juga bukan yang memerlukan kecakapan tertentu agar hasil jepretannya bisa maksimal dan bisa mengeksplore obyek yang dijepret. Sama sekali bukan. Hanya ditujukan bagi masbro/mbaksis yang membutuhkan kepraktisan ketika jalan-jalan berekreasi. Dan juga terutama bagi biker yang mengabadikan saat turing jauh. Tahu sendiri kan, ketika turing jarak jauh, yang dibutuhkan adalah kepraktisan. Bawa baju secukupnya, sebisa mungkin tidak perlu mencuci, sehingga tidak perlu harus menunggu baju kering, emang sempatnya ya kita turing pake nyuci2 baju segala ? Kalau musim hujan gini gimana coba.. Hehehe..

Nah.. artinya kita membawa pakaian yang cukup digunakan tanpa harus mencuci. Dengan begitu, jika kita masih harus membawa kamera macam DSLR, tentu lebih menyita tempat baik di tas ataupun box motor. Belum lagi resiko kamera hilang atau ketinggalan. Yah.. memang obyek-obyek akan jauh lebih maksimal jika menggunakan kamera DSLR, tetapi bagi penulis, sebaik apapun hasil dari jepretan kita, tidak akan pernah bisa mewakili arti sebuah perjalanan turing dan menikmati langsung obyek-obyek yang kita datangi saat turing. Jadi cukuplah membawa kamera yang praktis, tidak perlu tempat khusus, tidak perlu harus bingung mencari colokan (listrik) tambahan untuk men-charge batre kamera (DSLR). Dan tentu saja pilihannya kamera HP ! Yang penting momen-nya tertangkap bisa didokumentasikan.

Tetapi meski kepraktisan yang diutamakan, perlu juga kita memilih kamera HP yang optimal untuk jepret-jepret, tidak perlu yang terlalu mahal untuk mengejar kamera yang mumpuni. Untuk itu kali ini penulis mempersilahkan masbro/mbaksis menilai sendiri hasil jepretannya. Perlu penulis informasikan, bahwa seluruh setingan pada kamera HP ini dibuat otomatis. Seperti white-balance, ISO, dan terutama pencahayaan menurut penulis jadi andalan kamera HP Lumia 731 730. Monggo disimak hasil-hasilnya :

Suasana Senja Pukul 17.50 – 17.52 WIB Kondisi Mendung Setelah Hujan

Tanpa blits, jika dengan blits background akan lebih gelap

Tanpa blits, jika dengan blits background akan lebih gelap

Deskripsi Foto

Deskripsi Foto

Kondisi sama dengan foto sebelumnya.

Kondisi sama dengan foto sebelumnya.

Deskripsi foto senja2

Deskripsi foto senja2

Dari kedua foto tersebut, kondisi aslinya sebetulnya agak gelap, bahkan jika menggunakan kamera poket biasa, tidak membantu menangkap obyek. Kalau menggunakan blits, hasilnya background akan gelap, obyek akan terlalu terang. Tetapi dengan kamera Lumia 731 background maupun obyek tertangkap sempurna. Salah satu kelebihan yang penulis suka.

Malam Hari Suasana Cahaya Remang

Tanpa flash, suasana pukul 18.30 WIB

Tanpa flash, suasana pukul 18.30 WIB, agar background tetap terlihat, jika menggunakan flash, background akan gelap

Idem

Idem

Siang Hari Terik, Obyek Membelakangi Matahari

MenentangCahaya2MenentangCahaya3

Khusus untuk foto ini, kamera masih mampu menangkap obyek, padahal obyek berada dibawah naungan pohon, dengan background langit yang terang.

Khusus untuk foto ini, kamera masih mampu menangkap obyek, padahal obyek berada dibawah naungan pohon, dengan background langit yang terang.

MenentangChy4

Dari foto jelas kan bagaimana posisi Matahari, dan bagaimana obyek masih terlihat

Malam, Cahaya Jalanan (Tanpa Flash)

Malam1Malam2Malam3Malam4

Warna Natural

LangitBiru2LangitBiru1PantaiSiang1WP_20150221_11_26_06_ProDari foto-foto di atas, kamera ini mampu mengekspose semua warna secara natural apa adanya.

Ruang Gelap, Background Cahaya Terang

RuangGelapBackgroundChy1Masbro/mbaksis bisa lihat dari foto di atas, obyek yang berada dalam lorong gelap membelakangi cahaya terang, masih bisa terekspose secara sempurna. Seringkali penulis menggunakan kamera HP dengan kondisi seperti ini, namun obyek akan terlihat gelap, kecuali dibantu oleh cahaya flash, atau mungkin pengarah cahaya. Tetapi dengan kamera ini, begitu mudah menangkap obyek. Ini salah satu kelebihan yang menurut penulis bisa menjadi andalan.

Tambahan

Mall

Dari foto-foto di atas, menurut penulis, kelebihan utama dari kamera pada HP Nokia Lumia 731 ini adalah kemampuannya menangkap warna-warna natural secara sempurna, dan juga mampu menangkap obyek secara maksimal walau harus menentang cahaya. Yang perlu masbro/mbaksis ketahui untuk memanfaatkan kelebihan ini adalah dengan cukup meng-klik fokus pada obyek, kamera nantinya akan secara otomatis menambah cahaya pada obyek agar lebih bisa terlihat dibanding background yang lebih terang. Penulis sendiri pernah memiliki HP Nokia N95 dan N97. Kamera untuk N95 juga cukup mumpuni di kelas dan jamannya. Sayang baterenya cepat drop untuk digunakan jepret menjepret atau video. Sedang untuk N97 jauh menurun dibanding N95. Baru untuk seri Lumia 731 terjadi peningkatan cukup pesat dibanding pendahulunya.

Mungkin sekian dulu share yang bisa penulis berikan, bukan ilmu fotografi, karena penulis kata orang Jawa nul puthul untuk urusan jepret menjepret. Hanya bisa pakai klik jepret-klik jepret .. hehehe.

Lokasi Foto :

  • Pantai Indrayanti Yogyakarta
  • Candi Prambanan
  • Situs Ratu Boko
  • Malioboro Yogyakarta

Untuk spesifikasi HP Nokia Lumia 731 730, bisa masbro/mbaksis cek langsung ke tekapeh-nya Nokia.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain, Wisata Biker and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to [Share] : Hasil Jepretan Kamera HP Lumia 730 Ala Amatiran

  1. bimo96 says:

    Cakep cakep…
    Jman skrng kamera nya jernih2..
    Gk kyk dlu jaman booming hp cina 0.3mp wkwkwkwk foto cuma berukuran 24kb

  2. noveri22 says:

    bukannya nokia/microsoft lumia 730 ya? kok ini lumia 731?

  3. Mase says:

    waaaaa… saya jadi kangen njogja…

  4. Ocha Sukma says:

    wow nice pict, thanks for ur info

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s