Mendahului Dari Sebelah Kiri Jelas Tindakan Yang Berbahaya, Tapi….

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro…

…. tapi terkadang dalam kondisi tertentu kita terpaksa melakukan itu. Ada beberapa kondisi yang bisa penulis sebutkan, misalkan ada kendaraan baik motor ataupun mobil, yang berencana akan belok kiri atau balik arah, tetapi sudah mengambil ancang-ancang belok terlalu jauh dari tempat balik/belok arah yang dibolehkan (biasanya jalan besar yang diberi pembatas jalan di tengah). Biasanya hal ini terjadi karena si pengemudi atau pengendara orang tua, wanita (ibu-ibu) atau yang baru belajar menyetir. Atau kondisi di mana di depan kita kendaraannya terlalu ke tengah atau ke kanan, sedangkan kecepatannya terlalu rendah untuk di jalur tengah/kanan, sedangkan pengendara/pengemudinya tidak menggubris ketika diklakson atau di-dim. Mau gak mau dari pada jalur cepat jadi melambat gara-gara 1 pengguna jalan yang lambat, kita menyalipnya dari arah kiri.

Nah.. untuk itu apa saja kira-kira yang amat sangat perlu diperhatikan jika kita menyalip dari kiri…

Pertama dan yang paling penting jelas kita harus benar-benar memastikan bahwa kita menyalip dari kiri secara aman, dengan melihat situasi lalin. Banyak sekali kecelakaan baik yang fatal atau pun yang hanya kerusakan minim diakibatkan kurang awasnya dalam melakukan hal ini. Masih ingat kecelakaan di jalan tol Cipularang beberapa waktu lalu, akibat kecerobohan pengemudi yang menyalip dari kiri secara kencang menewaskan Fatkhun Nadjib AS yang merupakan tokoh di dunia offroad ? (Baca beritanya di sini).

Yang kedua, jalur yang digunakan untuk menyalip bukanlah bahu jalan, yang sebenarnya digunakan untuk kendaraan berhenti. Kecelakaan yang penulis sebutkan di atas juga karena pengemudi penabrak, yang kabarnya belum ketahuan penabraknya siapa, juga akibat menyalip lewat bahu jalan.

Dan yang ketiga, yang menurut penulis banyak yang tidak terpikirkan bahwa tindakannya salah adalah.. jika anda menyalip dari kiri, kemudian ada kendaraan berjalan pelan di posisi/jalur paling kiri yang menghalanig anda, anda tidak usah membunyikan klakson untuk minta jalan, karena dia sudah benar, berjalan pelan di posisi kiri, anda yang salah menyalip dari kiri, jadi anda yang harus bersabar. Walau anda punya execuse menyalip dari kiri karena kendaraan yang pelan di jalur cepat, tetap saja posisi anda “lebih salah” di banding yang berjalan pelan di jalur paling kiri, kecuali di jalan tol yang ada batas kecepatan minimumnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, atau masukan silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas and tagged , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Mendahului Dari Sebelah Kiri Jelas Tindakan Yang Berbahaya, Tapi….

  1. setia1heri says:

    pokok e tiati …..jare simbah…

  2. agoey says:

    ya mendahului dari kiri..kalau emang kosong dan aman..

  3. orong-orong says:

    motor lewat lajur kiri

  4. kalo dikiri daerah tambun pagi2 pasti diklakson2 kek orang kesetanan, mau gak mau ikutan gaspoll sambil kasih jari tengah ke yang gaspoll. paling di lampu merah bulak kapal di tabrak dari belakang ama yang klakson tapi gak bisa ngejar, pas lampu ijo tendang spakbor belakangnya…

    asyik dah…

  5. RPMspeed says:

    kepepet dan serasa offroad:mrgreen:

    ——————————————
    Tips Lengkap Merawat Knalpot
    http://rpmsuper.com/2015/02/26/tips-merawat-kanlpot/

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s