Begal Motor : Society Strikes Back !

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Fenomena begal motor akhir-akhir ini sungguh membuat kita merasa miris. Aksinya yang makin brutal dan sadis. Dan yang sangat disayangkan, sepertinya upaya para pengayom keamanan kurang maksimal, bahkan terkesan kurang bersungguh-sungguh. Ini terlihat dari makin meluas ke daerah-daerah lain terdekat. Daerah yang tadinya tergolong aman menjadi tidak aman juga. Dan yang lucunya, justru upaya di sisi masyarakat yang akhirnya mengambil alih dilarang.

Jika masbro ingat beberapa waktu lalu di Depok, justru club/komunitas motor lah yang dengan suka rela melakukan razia begal motor. Hasilnya pelaku yang beberapa waktu sebelumnya telah menewaskan korban, tertangkap oleh komunitas biker yang melakukan razia, hingga kemudian diserahkan pada yang berwajib. Tetapi justru setelah itu pihak keamanan melarang klub/komunitas biker melakukan razia. Hmm… ironis yah.. memang tindakan razia oleh sipil bukan tindakan yang sesuai aturan, tetapi mengingat begal motor makin merajalela, sementara pihak keamanan tidak maksimal menanganinya, apa boleh buat. Toh setelah tertangkap diserahkan ke pihak yang berwajib.

Dan dalam dua hari ini kita dihebohkan oleh aksi bakar hidup-hidup begal motor yang tertangkap oleh masyarakat di Tangerang. Hmm..

aksi bakar hidup-hidup begal motor yang tertangkap

aksi bakar hidup-hidup begal motor yang tertangkap

Aksi bakar hidup-hidup ini jelas salah. Tidak ada benarnya. Tetapi mungkin inilah bentuk puncak kejenuhan masyarakat atas kondisi yang terjadi akhir-akhir ini. Keamanan makin tidak terjamin, sementara (bagi masyarakat) tidak ada upaya kongkrit pihak keamanan yang secara nyata mampu mengatasi masalah keamanan menyangkut begal motor. Tetapi di sisi lain, “bantuan” masyarakat berupa razia begal motor justru dilarang, sementara korban terus berjatuhan. Apalagi di media cetak maupun televisi kita disuguhkan panggung politik perebutan posisi puncak tertinggi Kepolisian aka Kapolri yang bertanggung jawab penuh atas keamanan negeri ini. Jadi nuansa seolah-olah pihak keamanan tidak perduli dan lebih asyik rebutan jabatan menjadi makin kental.

Dan akhirnya… jadilah Society Strikes Back !!!

Dan kita hanya bisa berdoa.. Ya Rabb kami, janganlah Engkau azhab kami, karena kedholiman sebagian dari kami, dan kami benar-benar berserah diri kepada-Mu..

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, atau masukan silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Begal Motor : Society Strikes Back !

  1. Pingback: Begal Motor, Dan Ke-“Lebay”-an Pembawa Berita | Boerhunt's Blog

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s