Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro mbaksist..
Kali ini penulis ingin mengulas sedikit tentang desain spakbor. (Ulasan super ringan sekedar intermezzo). Ini tidak lepas dari galaunya para pemilik Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (KBP200NS) yang hingga saat ini belum ada spakbor belakangnya atau mudguard buat menahan cipratan. Banyak yang sudah bereksperimen untuk menambahkan spakbor belakang dengan mencomot dari motor lain.
Akibat ini penulis juga ikut mengamati banyak jenis spakbor, untuk mencari yang cocok buat si Potre Koneng 😀 .
Dari pengamatan penulis, ternyata ada desain unik pada spakbor yang dimiliki motor-motor yang khusus diproduksi dan/atau digunakan di tanah air (at least termasuk Malaysia dan negara-negara tetangga dekat, bukan produk global). Apa itu ? Coba perhatikan gambar-gambar berikut :
Desain Spakbor Motor lokal :
Coba bandingkan dengan produk global :
Nahh…terlihat bedanya kan untuk desain spakbor ? Bukan dimensinya atau besar kecilnya, tetapi bentuknya. Pada kebanyakan motor lokal atau yang disesuaikan dengan lokal, ujung spakbor mendongak atau menjauhi bentuk roda. Apalagi untuk motor bebek atau matic, hampir pasti ujungnya mendongak seperti bulu mata yang melentik. Sebaliknya untuk motor global, cenderung bentuknya mengikuti bulatan ban. Masalah ?
Jelas tidak, ini kan masalah selera. 😀
Sekedar catatan, bentuk lokal menurut penulis lebih fungsional, lebih maksimal menahan cipratan ke boncenger. Tetapi akan aneh kalau dibilang model menjengat (haduh..opomaneh iku menjengat 😀 ) dibilang lebih sporty. Masalahnya motor real sport model spakbornya (kebanyakan) justru kebalikannya, tidak menjengat 😀
Semoga bermanfaat.
Tulisan terkait :
Modifikasi Spakbor Pulsar 135, Inspirasi Untuk Pulsar 200NS
Wassalam
kecil2 banget apa gak fungsi itu?
kadang2 unsur fungsionalitas berbanding terbalik dgn unsur sporty 😀 (mungkin bukan ‘kadang’ yah, tapi ‘sering’ hehehe)
tetep seneng sepakbor model nempel ban… hihihihihihi
lha kok nempel ban, mandeg donk ban-nya hehehe
mandeg om… lagi parkir soale… *nah
klo lokal design by realita, khusus motor2 premium kekny tabu bwt main kubangan air.
belum tentu juga, krn motor2 enduro-turing dr BMW, KTM, Ducati dll yang segala medan utk adventure (bukan cross yah) desain spakbor belakangnya tetap ngikutin bulatan ban, perhatikan 1200GS, Multistrada, KTM Enduro, atau suzuki v-storm, honda VFR1200, Yamaha Tenere..
CMIIW
yang atas cbr100, bukan 150.
cek lagi.
1000 maksud ane.
Yup, betul sekali, sudah ane updated, makasih banget koreksinya
iya ya, njengat 😀
lentik..kyk bulu mata 😀
Punya luar lebih oke…
selera 🙂
Excellent post however I was wondering if you could write a litte
more on this subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more.
Many thanks!
Wonderful site lots of tremendous steam shower knowledge here
Attractive component of content. I just stumbled upon your
site and in accession capital to claim that I get actually
enjoyed account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing for your augment and even I fulfillment you access persistently
quickly.
gone through the articles on this site a lot, hoping to
take the plunge shortly and purchase a steam shower cabin, more than likely immediately after the
holidays
A great deal of functions and features on these steam showers, I like the radio opinion and
also the lighting style
Fancy all these steam showers