Beda Desain Spakbor (Belakang) Versi Indonesia Dan Luar

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro mbaksist..

Kali ini penulis ingin mengulas sedikit tentang desain spakbor. (Ulasan super ringan sekedar intermezzo). Ini tidak lepas dari galaunya para pemilik Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (KBP200NS) yang hingga saat ini belum ada spakbor belakangnya atau mudguard buat menahan cipratan. Banyak yang sudah bereksperimen untuk menambahkan spakbor belakang dengan mencomot dari motor lain.

Akibat ini penulis juga ikut mengamati banyak jenis spakbor, untuk mencari yang cocok buat si Potre Koneng 😀 .

Dari pengamatan penulis, ternyata ada desain unik pada spakbor yang dimiliki motor-motor yang khusus diproduksi dan/atau digunakan di tanah air (at least termasuk Malaysia dan negara-negara tetangga dekat, bukan produk global). Apa itu ? Coba perhatikan gambar-gambar berikut :

Desain Spakbor Motor lokal :

CB150R StreetFire

CB150R StreetFire

New Mega Pro

New Mega Pro

Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio

New Vixion Ligthning

New Vixion Ligthning

Honda Tiger

Honda Tiger

Coba bandingkan dengan produk global :

(koreksi updated) CBR 150

(koreksi updated) CBR 150

CBR250

CBR250

 

CBR1000

CBR1000

Yamaha R1

Yamaha R1

Untuk ninja250 ada beberapa versi

Untuk ninja250 ada beberapa versi

Nahh…terlihat bedanya kan untuk desain spakbor ? Bukan dimensinya atau besar kecilnya, tetapi bentuknya. Pada kebanyakan motor lokal atau yang disesuaikan dengan lokal, ujung spakbor mendongak atau menjauhi bentuk roda. Apalagi untuk motor bebek atau matic, hampir pasti ujungnya mendongak seperti bulu mata yang melentik. Sebaliknya untuk motor global, cenderung bentuknya mengikuti bulatan ban. Masalah ?

Jelas tidak, ini kan masalah selera. 😀

Sekedar catatan, bentuk lokal menurut penulis lebih fungsional, lebih maksimal menahan cipratan ke boncenger. Tetapi akan aneh kalau dibilang model menjengat (haduh..opomaneh iku menjengat 😀 ) dibilang lebih sporty. Masalahnya motor real sport model spakbornya (kebanyakan) justru kebalikannya, tidak menjengat 😀

Semoga bermanfaat.

Tulisan terkait :

Modifikasi Spakbor Pulsar 135, Inspirasi Untuk Pulsar 200NS

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Beda Desain Spakbor (Belakang) Versi Indonesia Dan Luar

  1. si Denog says:

    tetep seneng sepakbor model nempel ban… hihihihihihi

  2. kasamago says:

    klo lokal design by realita, khusus motor2 premium kekny tabu bwt main kubangan air.

    • boerhunt says:

      belum tentu juga, krn motor2 enduro-turing dr BMW, KTM, Ducati dll yang segala medan utk adventure (bukan cross yah) desain spakbor belakangnya tetap ngikutin bulatan ban, perhatikan 1200GS, Multistrada, KTM Enduro, atau suzuki v-storm, honda VFR1200, Yamaha Tenere..
      CMIIW

  3. Iyan Dm says:

    yang atas cbr100, bukan 150.

    cek lagi.

  4. ipanase says:

    iya ya, njengat 😀

  5. Erit07 says:

    Punya luar lebih oke…

  6. Excellent post however I was wondering if you could write a litte
    more on this subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more.
    Many thanks!

  7. Manual says:

    Wonderful site lots of tremendous steam shower knowledge here

  8. Attractive component of content. I just stumbled upon your
    site and in accession capital to claim that I get actually
    enjoyed account your weblog posts. Anyway I’ll be subscribing for your augment and even I fulfillment you access persistently
    quickly.

  9. gone through the articles on this site a lot, hoping to
    take the plunge shortly and purchase a steam shower cabin, more than likely immediately after the
    holidays

  10. A great deal of functions and features on these steam showers, I like the radio opinion and
    also the lighting style

  11. Fancy all these steam showers

Tulisa balasan | Leave a reply