Kecelakaan JLNT : Nek Wes Salah, Ojo Diterus-Terusno, Iso Ciloko !

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera semua …

Sebelumnya penulis ucapkan bela sungkawa sebesar-besarnya. Bagaimana pun salahnya, tetap duka kehilangan istri dan anak dikandungnya bagi korban kecelakaan JLNT patut kita ucapkan duka sedalam-dalamnya. Penulis rasa tidak sepatutnya kita menghujat mengbodoh-bodohkan orang yang tertimpa musibah.

Namanya juga panik, ketika panik orang bisa bertindak bodoh, tidak terkecuali kita sendiri

Berita kecelakaan JLNT

Berita kecelakaan JLNT

Yang terbaik adalah kita coba ambil hikmah dari kejadian ini. Pernah penulis dengar nasehat dari sesepuh, seperti ungkapan (dalam bahasa Jawa) di atas.

Nek wes salah ojo diterus-terusno

Artinya : “Kalau udah (berbuat) salah, jangan diterus-teruskan, bisa celaka”

Ada 2 pengertian yang bisa diambil.

Pertama, maksudnya jika kita aman dari kesalahan pertama, tidak mendapat akibat buruk, maka jangan diulangi lagi kesalahannya (yang sama), bisa jadi kita hanya beruntung untuk yang pertama.

Sedang maksud yang kedua adalah, jika kita sudah melakukan kesalahan, jangan diikuti oleh kesalahan yang lain, bisa celaka.

Pengertian yang kedua ini sangat pas dengan kejadian kecelakaan ini. Jika kita simak kronologisnya, berdasarkan berita, korban dengan salah telah melanggar jalur JLNT (Jalan Layang Non Tol) yang seharusnya tidak boleh dilewati motor.

Lha ndilalah (bahasa Indonesianya apa yah 😀 ) nyaris di ujung JLNT ada razia. Dengan panik si pengemudi yang sedang membonceng istrinya yang sedang hamil berbalik arah. Padahal jelas jalur tersebut satu arah. Pasti melawan arah. Ndilalah lagi saat melawan arah begitu tertabrak oleh mobil, yang berakibat istrinya terpental dan jatuh dari JLNT.

Kondisinya benar-benar sesuai dengan nasehat itu.

Tiga kesalahan beruntun dilakukan, pertama melanggar jalur yang tidak boleh dilalui, kedua menghindari razia yang jelas dia akan kena tilang, ketiga melawan arus yang berujung fatal.

Nah…mari kita ambil hikmahnya.. dan nasehat orang-orang tua memang benar adanya.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Kecelakaan JLNT : Nek Wes Salah, Ojo Diterus-Terusno, Iso Ciloko !

  1. Andrian says:

    setuju mas..kalo panik kita bisa melakukan tindakan yang bodoh. 😀

    Ninja kok naik Ninja..??

  2. orong-orong says:

    opo ora eman nyawane

  3. tapi kalau mentalnya udah rusak ya mau gimana lagi???
    mosok polisi harus jaga 24 jam?

    susah emang..

Tulisa balasan | Leave a reply