Begal Motor, Dan Ke-“Lebay”-an Pembawa Berita

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis..

Masih tentang begal motor yang akhir-akhir ini marak diberitakan bahkan di broadcast segala macam kabar yang bisa jadi benar, bisa jadi ditambahin, bisa jadi disalahtafsirkan.

Entah maksudnya apa, sebagian broadcast message yang beredar disinyalir tidak valid faktanya. Salah satunya yang menyangkut peristiwa begal motor di Cimahi, Bandung. Sampai-sampai pihak kepolisian turun tangan untuk mencari sumber berita. Karena faktanya tidak ditemukan kasus yang dimaksud. Hmmm…

Jujur saja, penulis tidak bisa menentukan pilihan mana yang benar, beritanya benar, ataukah memang hanya sekedar broadcast yang sifatnya hanya bikin resah, atau niatnya baik agar berhati-hati walau beritanya tidak valid. Karena penulis jelas tidak memiliki kelengkapan untuk menyelidikinya.

Tetapi sekitar hari Jumat kemaren penulis menyimak siaran salah satu televisi swasta nasional yang memberitakan aksi begal motor di Sukabumi, Jawa Barat. Setelah penulis simak hingga akhir, penulis jadi merasa aneh dengan berita ini. Di mana anehnya ?

Diberitakan bahwa ada dua korban begal motor beraksi yang terjadi secara terpisah namun berbeda tempat dan waktu yang hampir bersamaan. Korban pertama seorang ibu, berkendara sendirian. Tiba-tiba dipepet oleh seorang tidak dikenal menggunakan motor. Dan tasnya berusaha direbut si penjahat. Si Ibu tersebut berusaha mempertahankan diri. Namun akibat mempertahankan tas-nya, motornya terjatuh beserta penunggangnya yang menyebabkan luka cukup serius. Tetapi motor dan tas-nya selamat. Pelaku kabur.. Kejadian yang sama persis dialami oleh pengendara lain yang juga wanita. Di liputan tersebut ditampilkan si ibu terbaring di ranjang rumah sakit dengan luka serius di wajah.

Hmm… merasa ada yang aneh ? Ya aneh.. berita ini tentang Penjambretan apa Begal Motor ?? Lebay juga kan.. karena banyak berita tentang aksi begal motor, aksi penjambretan dianggap begal motor. Sama kayak kasus geng motor, aksi keroyokan biasa karena ada yang pake motor dianggap ulah geng motor.

Modus Operandi

Yang membedakan satu kasus dengan kasus lain itu biasanya modus operandi. Disebut begal motor karena yang disasar untuk dirampas itu ya motornya, bukan yang lain. Sama juga begal ternak, begal sapi, yang dirampas sapi-nya seperti yang sering terjadi di desa-desa. Dan modus operandinya pun cukup sederhana (berdasarkan pengamatan penulis), lukai-rampas-kabur (bersama motor rampasan).

Nah.. tentu saja berbeda dengan kasus yang diberitakan di atas. Itu penjambretan.

Kenapa penulis menganggap ini penting untuk mendudukkan kasus sebenarnya, karena selain mengurangi berita yang simpang siur yang kurang bisa dipertanggungjawabkan beritanya, yang hanya bikin resah di masyarakat, juga agar penanganan oleh aparat maupun pencegahan oleh masyarakat bisa lebih tepat sebagai antisipasi. Dan terutama di masyarakat. Jangan sampai aksi jambret biasa, yang tertangkap oleh masyarakat, karena masyarakat sudah kesal, diperlakukan seperti begal motor secara sadis. Padahal jika dilihat dari akibat pada korban, penjambretan biasanya hanya mengincar tas dan perhiasan, jika tidak berhasil langsung kabur. Masyarakat memang tidak boleh main hakim sendiri, ada aturan, ada hukum yang mengatur, tetapi siapa yang bisa mencegah amukan masyarakat ketika menganggap penjahat yang tertangkap itu begal motor, bukan penjambret biasa ? Paling tidak dengan memahami bedanya, mencegah masyarakat tidak membabi buta karena saking resahnya. Dan ini akan sangat berbahaya.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

Tulisan terkait :

Begal Motor : Society Strikes Back

*) jika ada kritik, saran, atau masukan silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in jurnalistik, Otomotif, Roda Dua and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Begal Motor, Dan Ke-“Lebay”-an Pembawa Berita

  1. macantua says:

    begal apa bugil ya lek hehehehe, namanya juga berita TV semuanya diperlebay dan ane ga aneh. makanya males nonton berita, apalagi klo politik. mending cari film kartun ajah

    http://macantua.com/2015/03/02/diy-ganti-lampu-sign-led/

  2. andhi_125 says:

    mumpung lagi panas-panasnya…sekalian naikin rating dan oplah

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s