MotoGP : Analisa Mugello 2014, Bukan Hanya Motor Dan Rider, Karakteristik Sirkuit Sepertinya Menyulitkan Tim Honda

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis

Race yang baru lalu di sirkuit Mugello, Italy ternyata tidak hanya menyuguhkan persaingan sengit yang menarik, tetapi juga menyisakan analisis seputar race. Untuk pertarungan seru ternyata bukan hanya perebutan peringkat pertama race antara Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang akhirnya dimenangkan oleh Marquez, tetapi juga pertarungan sengit yang harus dijalani oleh Pedrosa untuk bisa meraih posisi 4 di race.

Diakui oleh Lorenzo bahwa kondisi motornya saat race sangat mendukungnya untuk bisa paling tidak mengimbangi rivalnya dari Honda. Serta dengan kondisi rider yang sangat fit, sehingga tercatat menjelang 2-3 lap terakhir terjadi saling overtaking 3x antara Lorenzo dan Marquez. Kemenangan yang diraih Marquez pun diraih dengan waktu yang sangat tipis didepan Lorenzo.

Apakah memang motor Lorenzo aka Yamaha sedang bagus-bagusnya ? Bisa iya bisa tidak.

Bisa tidak, jika kita melihat pertarungan di kelompok tengah. Pertarungan sengit ternyata harus dialami oleh Pedrosa untuk dapat meraih posisi 4 race. Pedrosa harus beberapa kali saling overtake dengan Pol Espargaro dan Andrea Ianone. Untuk meraih posisi 6 di lap 7 Pedrosa dengan sukses mendahului Andrea Dovisiozo. Dan dilanjutkan dengan menyalip Espargaro di lap berikutnya.

Di lap ke 9 Pedrosa berhasil melewati Ianone untuk merebut posisi 4 dibelakang Rossi yang sudah jauh di depan, tetapi di lap berikutnya yaitu lap ke 10 keduanya terlibat perebutan sengit, 2 kali terlibat saling salip. Yang kemudian lap ke 10 ditutup kemenangan Pedrosa. Sayang tidak bertahan lama, di lap ke 12 Ianone menyalip lagi yang kemudian kembali di ambil alih oleh Pedrosa di lap 13. Setelah itu Pedrosa melenggang kangkung di posisi 4 ? Ternyata tidak, di akhir-akhir lap justru Espargaro yang sukses mempecundangi Ianone mampu melewati Pedrosa menduduki peringkat 4. Namun kembali diambil alih oleh Pedrosa hingga finish.

Melihat begitu sengitnya kedua pembalap Honda ini harus berjuang meraih posisinya di akhir race, tentu membuat catatan tersendiri dalam analisis cethek penulis. Sepertinya karakteristik sirkuit yang kurang mendukung karakter tunggangan dan gaya rider duo HRC. Memang motor Honda terlihat sangat dominan di trek lurus. Dan itu tidak banyak didapat di sirkuit Mugello.

Denah sirkuit Mugello, Italy

Denah sirkuit Mugello, Italy

Dan nampak dilapangan kesulitan kedua pembalap Honda (HRC) mempertahankan posisinya setelah mampu melewati lawan.

Demikian catatan singkat penulis, semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran dan masukan, silahkan hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to MotoGP : Analisa Mugello 2014, Bukan Hanya Motor Dan Rider, Karakteristik Sirkuit Sepertinya Menyulitkan Tim Honda

  1. orong-orong says:

    emang susah di taklukan

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s