Info Lakalantas : Miris Banget, Main Hakim Sendiri, Dan Akibat Lalai Untuk Saling Mengingatkan

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksis semua..

Miris.. sungguh miris membaca berita kecelakaan lalu lintas di salah satu media online..

Berita laka lantas yang bikin miris

Berita laka lantas yang bikin miris

Isi beritanya.. :

Cerita pemotor bernama Muhammad, warga Kampung Jembatan, Cakung, Jaktim, hendaknya bisa menjadi pelajaran bagi pemotor lainnya. Lantaran Muhammad nekat melawan arus lalu lintas sehingga dirinya tewas tertabrak mobil Toyota Yaris bernopol B 1597 TOA.
“Kronologis korban sedang mengendarai sepeda motor di jalan I Gusti Ngurah Rai, tepatnya di putaran arah Pondok Kopi. Korban berputar balik dengan melawan arus,” ujar Kanit Laka Lantas Jakarta Timur, AKP Agung Budi Leksono saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (13/5/2014).
Agung mengatakan, dari arah berlawanan pengemudi mobil yang diketahui bernama Austin Adityawarman melaju dengan kecepatan sedang. Sementara Muhammad tak menyadari kendaraan dari arah berlawanan itu, akhirnya tertabrak dan terlempar dari motor Honda Scopy B 3800 TLS yang dikendarainya.
“Korban memotong jalur mobil itu sangat fatal, korban terbentur. Sempat ditolong warga, diperjalanan ke rumah sakit korban meninggal,” tutur Agung.
Namun pengemudi mobil dan kendaraannya menjadi bulan-bulanan warga. Warga menganggap pengemudi mobil melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi.
“Warga marah, akhirnya kendaraan pelaku diamuk masa. Begitu di lokasi, anggota langsung mengamankan pelaku,” ujar Agung.
Akibat peristiwa itu, pengemudi terancam dikenakan pasal 310 ayat 3 dan ayat 4 tentang Tata Tertib Lalu Lintas. Hingga kini, pelaku masih dalam pemeriksaan penyidik di unit lantas Jakarta Timur

Sudah sedemikian parahkah masyarakat kita ? Tanpa melihat mana yang benar mana yang salah ? At least dilihat dari andil siapa yang paling besar dalam kesalahannya. Tanpa berpikir panjang langsung bertindak tanpa dipikir ?

Sekarang bagaimanakah sikap kita sebagai anggota masyarakat ? Diam saja, ataukah kita harus bertindak seolah-olah kita polisi yang ngatur-ngatur orang yang berbuat salah seperti pelanggar, trus dapat jawaban balik “kayak yang udah bener sendiri aja ngatur-ngatur orang” ?

Jika masbro/mbaksis perhatikan, para pelanggar yang melawan arus ini tidak hanya anak muda alay, bahkan ibu-ibu yang sedang membonceng anaknya yang usia belia juga melakukan ini. Penulis sendiri pernah menegur ketika mendapati ibu-ibu yang demikian dengan tanpa rasa bersalah melawan arus. Jika kondisinya sepi sih mungkin masih bisa ditoleran, masalahnya dalam kondisi macet, melawan arus. Spontan penulis tegur “macet-macet kok melawan arus bu“. Dengan entengnya dijawab “ini deket kok”. Tepok jidat dah…

Ada sebuah perumpamaan yang bagus dari ahli hikmah. Walau ini menyangkut tentang kehidupan beragama, tepatnya tentang amar ma’ruf nahi munkar. Tetapi bisa kita ambil hikmahnya betapa pentingnya saling mengingatkan. Perumpamaan itu berbunyi begini :

Kehidupan itu seperti berlayar bersama dalam sebuah bahtera. Orang-orang yang melanggar aturan (agama) adalah seperti orang yang sedang melubangi bahtera. Jika orang-orang yang melanggar ini dibiarkan, maka akibatnya akan berdampak pada seluruh orang yang ada dalam bahtera itu, karena bahtera akan bocor, dan selanjutnya akan tenggelam menenggelamkan semua orang di dalamnya. Maka setiap orang yang melihat orang yang berusaha melubangi bahtera, punya kewajiban untuk mengingatkan agar bahtera tidak tenggelam.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, atau masukan, monggo hubungi penulis di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas, Otomotif and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Info Lakalantas : Miris Banget, Main Hakim Sendiri, Dan Akibat Lalai Untuk Saling Mengingatkan

  1. ipanase says:

    semoga menjadi pembelajaran bersama

  2. thok says:

    ya begitulah indonesiaku tercinta.
    terkadang salah tp ndak merasa salah,ngotot lg.
    dah tau melawan arus kendaraan tp kalau tersengol ngotot bilang udah ngidupin lapu sein.
    benar seinnya hidup tp lawan arusnya kan salah.

  3. mariodevan says:

    kurikulum safety riding memang harus segera masuk disekolah…

    saya juga sering hadapin gitu.

    http://mariodevan.com/2014/05/14/honda-crv-salah-satu-mobil-paling-aman/

    • boerhunt says:

      dan yg lebih penting, pelajaran ttg etika di jln, krn aturan tdk selalu bisa mengatasi masalah2 di jalan..dulu rasanya sesekali guru pernah ngajarin wkt SD, kalo jalan rombongan di pinggir jalan jangan rombongan, satu2, kalo nyeberang toleh kiri kanan dulu, dahulukan yg lurus.. hal2 sederhana spt itu mungkin sudah terabaikan..

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s