Melalui Lokalisasi CBR150R (K45), “Loe Jual Gua Beli”

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..

Sebelumnya penulis mengucapkan …Selamat ber long week end ria..

Menarik sekali menyimak bagaimana kedua pabrikan papan atas ini saling bersaing dengan produk-produknya. Kita tahu tak lama sebelum ini garpu tala membuka keran inden (online maupun via phone) untuk produk teranyarnya, yaitu si seksi YZF R15 (V2.0) dengan harga OTR 28 Juta rupiah (Jakarta), melalui http://www.IwantYamahaR15.com. Dan tidak tanggung-tanggung, ada hadiah helm dari merk yang dipakai Jorge Lorenzo, yaitu HJC ! Saking menariknya penawaran indent ini, peminatnya membludak, sampai-sampai server yang dibikin indent online kewalahan hingga hang aka down. Begitu dikatakan oleh petinggi YIMM ketika mendapat laporan susahnya akses. Ya iyalah tawaran menarik.

new_cbr300R_red

Nah.. tetapi rupanya langkah jitu garpu tala ini bikin panas sayap kepak. Tak lama sesudahnya pabrikan no 1 di tanah air ini menjawab dengan mengumumkan akan segera merilis CBR150R versi lokal dengan kode Honda K45 !

Jelas sekali ini sebuah langkah “Loe Jual Gua Beli” ! Lha kok ini seperti persis apa yang dikatakan sang rival ketika ajang indo prix akan menampilkan kelas sport 150cc yang secara spontan disambut sayap kepak untuk ikut di dalamnya dan direspon sama Yamaha dengan komentar “Loe Jual Gua Beli”. Hehehe.. seruu…

Yang menarik menurut penulis disini adalah, sepertinya ini bukan langkah yang strategis dari Honda. Lebih terkesan langkah reaktif, reaktif terhadap langkah yang dilakukan oleh pihak rival, bukan lagi langkah yang mengedepankan strategi yang bersifat jangka panjang. Sejak peluncuran New Mega Pro yang nyaris barengan dengan Byson, CB150R StreetFire yang juga bersamaan dengan New Vixion Lightning. Gimana menurut masbro/mbaksist ?

Tetapi pendapat ini ada antithesisnya.. Tentu masbro/mbaksist ingat bagaimana secara signifikan Honda menaikkan harga CBR150R yang CBU Thailand dari harga dibawah 35 juta menjadi nyaris 43 juta rupiah. Ini bisa berarti Honda memang menyiapkan CBR150R Thailand menjadi produk yang benar-benar flagship. Dan sekaligus menyiapkan penggantinya yaitu lokalisasi CBR150R melalui K45.

Dan yang menarik lagi, menurut sumber yang terpercaya, K45 bukan mengambil basis desain yang CBU, justru secara mesin mengambil dari CB150SF, dan desain body dari sang kakak, CBR300. Wow ini cerdik, ini langkah brillian. Ada yang melihat ?

Jika menggunakan basis yang CBU, baik mesin maupun desain, tentu akan merugikan karena akan muncul anggapan, lohh..ternyata CBR150R bisa dibikin murah loh..

Taruh kedua pemisalan. Pertama, jika kualitas sama, maka ada image yang kurang bagus, seperti penulis bilang. Kenapa gak kemaren-kemaren dibikin lokal, kalau bisa lebih murah kualitas sama dengan dilokalkan.

Kedua, jika kualitas beda. Maka dibelakang nanti akan ada penggantian part-part import yang jelas harganya mahal dan indent lama, diganti dengan part lokal yang jauh lebih murah tapi kualitas dibawahnya. Ini sudah bisa diprediksi, karena kita sudah paham konsumen Indonesia banyak yang mampu beli motornya, tapi enggan melakukan perawatan dan penggantian part secara layak, alias nyari murah. Tentunya secara kualitas akan berdampak pada versi CBU jika menggunakan part yang kualitasnya dibawahnya. Lagi-lagi akan berdampak pada image. Orang akan dengan gampang bilang, wah.. yang CBU ternyata banyak masalah juga, padahal belum diteliti ternyata ada yang diganti dengan part lokal.

Ini lah yang menurut hemat penulis merupakan langkah cerdik dengan membedakan versi CBU dan lokal untuk CBR150R.

Jadi apakah ini tetap merupakan langkah “Loe Jual Gua Beli” ? Mungkin, tapi dari sisi timing pengumuman, dibarengkan dengan pembukaan inden YZF R15, tetapi dari sisi persiapan, sepertinya udah konsep matang sebelum-sebelumnya (ya ealahh..😀 )

Semoga bermanfaat.

Wassalam

*) jika ada kritik, saran, atau pun masukan, monggo hubungi di nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Melalui Lokalisasi CBR150R (K45), “Loe Jual Gua Beli”

  1. Yoshi says:

    itulah enaknya main belakang
    he he . .

  2. mariodevan says:

    Yamaha punya waktu beberapa bulan buat penetrasi besar2an

    Para Korban Yamaha R15! http://t.co/2ZlzULQEge

  3. ipanase says:

    lo jual gu bikin duulu

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s