Sinyalemen Positif, Kemungkinan CS dan SS 400 Akan Diboyong KMI, Semoga Iyes :D

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist…

Menyimak dialog dan tanya jawab antara para pengguna NS yang diundang oleh pihak Dealer2 Kawasaki dan BAI (Bajaj Auto Indonesia) yang diwakili oleh Mr. Dinesh Kulkarni, yang dishare oleh rekan di group fb Pulsar 200NS, sungguh menarik. Monggo disimak beberapa poin pentingnya (yang penulis tebalkan tulisannya adalah opini penulis) :

  • Alasan Bajaj menggandeng Kawasaki dalam penjualan Pulsar200NS adalah murni strategi bisnis. Hal ini didasarkan atas suksesnya kolaborasi Bajaj dengan Kawasaki di negara tetangga Filipina, dimana Pulsar old series dibranding oleh keduanya dengan nama Kawasaki Rouser 135, Kawasaki Rouser 180 dan seterusnya. Bagi penulis ini sangat masuk akal sebagai strategi bisnis. Dalam pandangan penulis, Bajaj pada langkah awalnya mencoba dua hal sebagai uji coba, pertama dengan menggandeng partner yang selama ini sudah bekerja sama dengan Bajaj, yaitu Kawasaki, di mana di India Bajaj memasarkan produk Kawasaki. Dan cara ini dilakukan di Filipina. Cara kedua dengan mencoba melakukan penetrasi langsung, yang ini dilakukan di Indonesia dengan mendirikan Bajaj Auto Indonesia. Ternyata dalam perjalanannya di Filipina sukses, sementara di Indonesia gagal. Terlepas dari perbedaan karakter konsumen kedua negara, mencontoh di Filipina jadi sangat masuk akal.
  • Kerja sama Bajaj dengan Kawasaki dalam pemasaran produk Bajaj bukan sementara.
  • Bajaj Auto Indonesia (BAI) masih tetap ada dalam melayani kebutuhan konsumen Pulsar, terutama konsumen pulsar lama. Yang menarik dari sini adalah kutipan petinggi BAI “Jika kami pergi dari Indonesia, kami tidak akan bekerja sama dengan Kawasaki untuk memasarkan pulsar berikutnya”. Disini tersirat jelas, kerja sama Bajaj dengan Kawasaki di Indonesia terwakili oleh BAI dan KMI. Jadi tidak benar kalau BAI tutup, karena sepertinya secara operasional, kerja sama terjadi antara BAI dan KMI sebagai wakil masing-masing principle
  • Alasan Kawasaki menolak service Pulsar lama adalah keterbatasan sumber daya. Menurut penulis bisa dipahami dalam dua sisi. Pertama, untuk menangani Pulsar200NS saja KMI perlu melakukan transfer teknologi dari BAI, itu butuh waktu. Apalagi harus mempelajari Pulsar lama. Perlu diingat, bahwa teknologi PulsarNS berbeda dengan Pulsar lama dalam beberapa hal. Bagi yang sudah sering menunggang Pulsar lama kemudian mencoba P200NS pun bisa merasakan perbedaannya hanya dari karakter mesin. Kedua, jelas ke depannya Bajaj sendiri akan lebih fokus pada teknologi selanjutnya dari NS, bisa dibilang untuk apa KMI transfer teknologi “lama” ? Jadi wajar jika KMI menyerahkan pada BAI. Apalagi banyak produk-produk baru milik Kawasaki sendiri yang diluncurkan
  • Produk-produk Bajaj selanjutnya, Pulsar series seperti 200SS FI, CS400, dan SS400 akan dipasarkan oleh Kawasaki. Dan untuk pemasaran 200FI, Indonesia akan menjadi negara pertama atas permintaan KMI !

bajaj-pulsar-cs400

Opini penulis tentang poin terakhir sengaja penulis uraikan tersendiri, karena ini merupakan hal yang sangat menarik yang penulis bahas di tulisan ini. Alasannya ?

Pertama, kalimat itu secara meyakinkan diungkapkan oleh petinggi BAI, dan tidak dibantah oleh pihak KMI. Seandainya penulis waktu itu ikut hadir, pasti langsung penulis tembak pihak KMI, “bener CS dan SS400 mau diluncurkan juga di Indonesia ??” Hehehe.. Tapi dengan tidak ada bantahan secara langsung, berarti masih ada sinyalemen positif bahwa KMI bilang #akusihiyes😀 .

Kedua, jika memang benar, maka ini membawa konsekwensi banyak pertanyaan yang perlu jawaban. Yang paling awal pertanyaan enthusiast biker tanah air pasti, kapan ? berapa lama setelah peluncuran di India ? Pertanyaan lanjutannya, harga kisaran berapa, mengingat secara kubikasi mesin, sudah masuk barang mewah, kena PPnBM. Tetapi pertanyaan lanjutannya justru lebih mendasar dan strategis sekaligus lebih melihat big picture-nya. Yaitu, mau diposisikan bagaimana nanti si CS dan SS400, produk Kawasaki kan sudah banyak baik dari rentang harga maupun kubikasi dimana CS dan SS400 berada, apa ya gak aneh kalau Kawasaki sendiri punya produknya, tetapi malah yang dijual CS dan SS400. Kalimat kuncinya jelas bagaimana nanti positioningnya ?

Tapi penulis juga punya analisa lain, bisa jadi pihak Kawasaki tidak membantah bukan berarti bilang iya, tapi masih dalam pertimbangan. Sayang waktu dialog itu tidak ada yang langsung nembak pertanyaan itu. Hehehe..

Nah.. monggo masbro/mbaksist, silahkan pendapatnya.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

* jika ada kritik, saran atau masukan, monggo hubungi nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Sinyalemen Positif, Kemungkinan CS dan SS 400 Akan Diboyong KMI, Semoga Iyes :D

  1. riko santosa says:

    Koreksi bro. Kawasaki bukannya nggak mau melayani pulsar lama. Tapi memang nggak bisa. Mentok di sumber daya manusia yang jumlahnya terbatas. Untuk line up nya saja sendiri kawasaki masih harus kerja keras karena mereka punya banyak produk yang Berbeda. Gimana bisa nanganin pulsar lama.. .. untuk pulsar baru memang ingin dipasarkan oleh kawasaki karena strategi bisnis. Jadi mau tidak mau mereka harus urusi 3s nya.

    Saya pikir keputusan cukup bijak. Mengingat jika mereka berani ambil keputusan sanggup untuk menangani pulsar lama hasilnya malah nggak maksimal dan berimbas buruk buat Kawasaki.

    • boerhunt says:

      gk mau bukan karena menolak, tp krn tidak bisa.. hehehe
      yup..mending menolak demi menjaga layanan yg lebih baik drpd menerima tp dengan kemampuan yg minim krn blom paham, bisa2 byk masalah nanti, aplg pulsar lama sudah di tangan konsumen, tentunya sdh mulai muncul trouble yg sudah tidak standar..

  2. riko santosa says:

    Kebetulan itu saya yg nulis di grup fb pulsar 200ns indonesia 🙂 jadi tau

  3. kang_ulid says:

    jozzzzz… kira-kira dijual berapaan ya???

    • boerhunt says:

      ennahhh itu.. KMI paling misterius, 1 cilinder 250cc dijual hingga 65 juta, sementara yg 650cc dual cilinder 100 jutaan, hanya dgn pembeda yg 1 CBU lgs dari Japan, sementara yg 800cc 4 silinder “hanya” 160an juga, asli bingung rumuse kalo Kawasaki.. hehehe

  4. cah kene says:

    Ah emboh…… ra nggagas….

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s