Yang Perlu Diperhatikan Dari Debu Vulkanik Pada Motor

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera masbro/mbaksist..

Debu vulkanik hingga menutupi bodi motor

Debu vulkanik hingga menutupi bodi motor

Sebelumnya penulis mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita atas meletusnya Gunung Kelud yang berposisi di seputaran kota Kediri, Malang dan Blitar. Semoga bencana ini berakhir dengan dampak yang minim, serta saudara-saudara kita disana mampu pulih ke keadaan sedia kala. Semoga Allah memberi ampunan atas musibah yang diberikan-Nya sebagai penebus dosa. Aamiinn…

Sesuai kondisi yang ada, setelah letusan gunung berapi, pasti akan diikuti oleh hujan debu yang akan menimpa berpuluh atau beratus kilometer jauhnya dari lokasi gunung. Hujan dan awan debu ini sangat berbahaya terutama bagi kehidupan manusia sekitar. Juga berbahaya bagi dunia transportasi terutama penerbangan. Disamping mengurangi jarak pandang yang jelas berbahaya bagi rute penerbangan, juga debu yang masuk ke mesin turbin pesawat berpotensi akan merusak mesin.

Nah.. bagaimana dengan kendaraan kita, apakah kira-kira bahayanya ? Kalau mengenai manusia berkendara atau mengemudi, jelas berbahaya karena jarak pandang yang makin pendek. Tetapi bagaimana dengan kendaraan kita sendiri ? Apa saja pengaruhnya ?

Yang jelas, hujan debu yang biasanya berefek ratusan kilometer akan membuat kendaraan kita terkena debu-debu vulkanik. Dan tidak jelas hampir dipastikan juga bakalan masuk ke celah-celah motor kita. Apa bahayanya ?

Sesuai karakteristiknya, debu vulkanik ini bukan debu biasa, debu biasa lebih halus, bentuknya bulat, tetapi debu vulkanik mengandung kuarsa, silika, yang menjadi bahan pembuat kaca, tajam. Tentu saja yang terpenting ini berbahaya bagi pernafasan manusia, bisa merusak paru-paru. Hanya saja disini penulis ingin membahas untuk kendaraan kita. Nah..untuk kendaraan kita ada 2 kerugian pada kendaraan kita jika kita tidak berhati-hati.

Pertama adalah jika debu-debu ini kita bersihkan dari kendaraan tanpa hati-hati. Misalkan disapu dengan lap dalam keadaan basah ataupun kering. Akibatnya body kendaraan kita akan rawan tergores, kalopun debu tipis, akan nampak membayang garis-garis halus yang seharusnya tidak ada. Ini berlaku untuk roda dua maupun roda empat. Hal ini akan makin parah kalo kendaraan kita itu bodynya bukan logam, tetapi dari bahan plastik, fiber atau berbahan PVC, atau sejenisnya. Goresannya akan lebih dalam. Bagaimana solusinya ? Solusinya adalah dengan menyiram bodi kendaraan kita dengan air, hingga tidak ada lagi bercak-bercak putih debu. Jangan membasuh atau mengelap bodi kendaraan sebelum yakin pasir atau debunya hilang dari permukaan bodi. Kalau bisa airnya yang bertekanan.

Kedua adalah jika debu-debu ini sampai masuk melalui ruang injektor atau karburator. Untuk itu perlu sangat diperhatikan saringan udara atau filter. Kerugian lebih besar bagi kendaraan yang menggunakan open filter, dimana filternya berada diudara terbuka. Bahayanya apa ? Dalam konsentrasi yang banyak, debu-debu yang tajam bisa masuk dalam spuyer untuk karburator, dan menyumbat lubang spuyer, atau bahkan membuat spuyer tidak mulus bentuk lubangnya karena tergores debu yang masuk. Dan untuk karbu vakum, bisa jadi debu-debu tajam ini bisa merusak pelampung vakum atau karet. Akibatnya pasti sudah pada tahu pada karbu vakum.

Nah.. mungkin baru segitu tips atau informasi yang bisa penulis berikan.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in mobil, Otomotif, Roda Dua and tagged , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Yang Perlu Diperhatikan Dari Debu Vulkanik Pada Motor

  1. Papa Afnhy says:

    Si NS ini tangguh juga ya…. sudah mandi aer dijakarta,sekarang mandi debu lagi

  2. azizyhoree says:

    diguyur tanpa di usap berkali kali selama beberapa hari biarkan selama beberapa kali nyuci metode guyuran , sampai kira kira debu di lingkungan luar bersih baru di cuci biasa😀

  3. It’s really very complicated in this busy life to listen news on Television,
    so I just use web for that reason, and take the hottest information.

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s