Mengenali 2 Tipe Trotoar

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera semua masbro/mbaksist..

Sudah sejak lama sebenarnya pengen membahas ini, cuma terhalang kira-kira penting gak yah.. Dalam arti apakah semua sudah faham fungsinya. Tentunya faham fungsi dasarnya, tetapi jika kita lihat aplikasinya di lapangan, banyak sekali yang bisa dikatakan belum paham. Oke kita bahas.

Secara definisi dasar :

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.

Nah.. definisi dasarnya sudah jelas, trotoar adalah khusus untuk pejalan kaki. Bukan untuk kendaraan dalam bentuk apa pun, juga bukan untuk tempat sesuatu di tempatkan dalam waktu yang lama, seperti barang dagangan alias bukan tempat untuk jualan.

Ini yang perlu dipahami, terutama untuk para pengendara motor yang sering kali dalam kemacetan naik ke trotoar. Dan rasanya sudah tidak henti-hentinya kampanye menyelamatkan pedestrian dari “korupsi” trotoar oleh pemotor. Sepertinya juga perlu tindakan tegas yang berwenang (polisi) untuk menindak pelanggar-pelanggar seperti ini.

Tetapi tunggu dulu.. bagi mereka-mereka yang kritis terhadap pelanggaran-pelanggaran penggunaan trotoar oleh pemotor, sebaiknya perlu mengenali tipe atau kondisi trotoar. Ada trotoar yang didesain memang untuk dilewati kendaraan (bermotor). Ciri-cirinya adalah pinggiran trotoar bagian jalan tidak dibikin lebih tinggi dari jalan, melainkan landai atau rata dengan jalan. Trotoar seperti pada dasarnya mengisyaratkan bahwa trotoar milik bersama, artinya semua bisa dan boleh lewat. Inilah alasan kenapa penulis membahas ini. Agar jangan sampai teman-teman kita yang kritis, salah dalam men-judge ketika ada orang melintas di trotoar jenis ini, padahal itu dibolehkan. Dengan catatan pinggiran yang landai itu yang di sisi jalan.

Intinya dari keberadaan trotoar seperti ini adalah berbagi (ruang jalan). Tetapi tentu saja prioritas pedestrian (pejalan kaki).

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Mengenali 2 Tipe Trotoar

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s