INFO PENTING BUAT PENUMPANG KRL (Mencermati Tragedi KRL Bintaro)

Assalamu’alaikum dan salam sejahtera buat masbro/mbaksist..

Sebelumnya penulis mengucapkan rasa duka dan belasungkawa sedalam-dalamnya atas peristiwa tragedi KRL Bintaro yang sudah menewaskan beberapa orang dan melukai puluhan lainnya. Kita berharap ini yang terakhir kali. Mudah-mudahan kita belajar dari peristiwa ini, setelah di daerah yang sama dulu sekali pernah terjadi peristiwa yang terkenal dengan Tragedi Bintaro.

Berkaitan dengan peristiwa tragis ini, ada sebuah sebuah hal dan informasi menarik. Yaitu tentang prosedur atau alat keselematan ketika terjadi peristiwa kecelakaan KRL. Monggo disimak. Sebelumnya terima kasih kepada kang Ibrahim Nouvo yang sudah mengijinkan untuk mensharring informasi yang berharga ini.

INFO UMUM PENGGUNA KRL HARUS TAHU INI Berkaca dari Kecelakaan KRL di Bintaro beberapa hari lalu, banyak yang menyayangkan tidak tersedianya palu dan pemecah kaca di dalam kereta tersebut.

Pada kenyataannya Kereta Rel Listrik (KRL) eks jepang tidak mengenal sistem palu pemecah kaca sebagai alat keselamatan. Mereka menggunakan katup angin untuk membuka kunci semua pintu agar pintu dapat dibuka dengan mudah oleh tangan. Nah, dimana Anda bisa menemukan katup angin ini?

Umumnya katup-katup ini tersebar di dua posisi yakni dibawah bangku dan diantara sambungan antar gerbong. Untuk menandai katup angin ini, biasanya mereka menandai dengan border penutup berwarna merah untuk memudahkan pencarian.

Selain di bagian dalam, di bagian luar kereta pun terdapat katup. Posisinya berbeda-beda, tergantung tipe KRL. Namun, pada umumnya keran tersebut berwarna merah. Misalnya pada gambar di atas merupakan katup yang berada di KRL seri 8000 dan 8500. Lokasinya di bagian dalam kereta tepat di pojok bawah kedua kursi yang berhadapan langsung dengan pintu keluar. Bagaimana caranya menggunakan katup ini?

Pertama, yang akan Anda lakukan adalah mencari dimana posisi katup berada. Jika sudah menemukan, buka penutup kerannya. Lalu tarik tuas keran sepenuhnya hingga terdengar suara angin yang terlepas. Dengan demikian pintu dapat dibuka dengan oleh tangan dengan mudah. Penting untuk diketahui seluruh penumpang agar tidak sembarangan menggunakan katup ini. Pergunakanlah dalam keadaan darurat saja.

Posisi katup pembuka pintu di dalam ruang KRL dalam keadaan darurat

Posisi katup pembuka pintu di dalam ruang KRL dalam keadaan darurat

Semoga bermanfaat.

Wassalam

 

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in lalu lintas, Transportasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to INFO PENTING BUAT PENUMPANG KRL (Mencermati Tragedi KRL Bintaro)

  1. Aa Ikhwan says:

    nice info kang😀

  2. Yoshi says:

    mantab, penting banget ini, tapi jarang yg tahu

  3. UnduhDroid says:

    makasih sob infonya🙂

  4. kasamago says:

    di jepang jg kbrny g pake plng pintu, tp wargany pny ksdaran tinggi.

  5. Mas Sayur says:

    wooo..itu ternyata…

  6. jasa seo says:

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts.
    In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s