IMHO : (Efek KBP200NS) Prediksi Motor Sport Naked Pengganti Tiger, Tidak Akan Mungkin 200 cc, Kecuali …

Assalamu’alaikum masbro/mbaksist..

Kembali membahas motor..

Setelah sudah banyak yang mengulas tentang senjata baru Kawasaki hasil kolaborasi Kawasaki-Bajaj, yaitu Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (KBP200NS ..panjang banget eah.. xixixi), dan berhubung penulis sendiri belum bisa lihat sendiri di PRJ, maka penulis ingin membahas mengenai efeknya saja 😀 .

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (sumber : merdeka.com)

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (sumber : merdeka.com)

Ya.. dari judul di atas sudah keliatan, efek yang dimaksud terhadap (pengganti) Honda Tiger.

Memang sudah santer dirumorkan beberapa poin tentang pengganti sang Macan, salah satunya adalah masalah kubikasi. Kubikasi bisa jadi bukan 200 cc, melainkan (mungkin) 250 cc. Dan itu sepertinya pasti (IMHO), kecuali ….

Kecuali AHM bisa melahirkan motor berkubikasi 200cc dengan performa yang mirip atau mendekati KBP200NS, dengan harga yang juga head to head relatif terhadap KBP200NS.

Tetapi… ada pemikiran :

  • Jika performanya ternyata jauh dibawah KBP200NS (seperti Tiger sekarang), dengan harga yang setara, sudah tentu langsung kalah telak dari KBP200NS. Oke kalau dibilang branding sayap kepak lebih besar dibanding K, tetapi jangan lupa, keberhasilan Kawasaki mempertahankan tahta sport 250 cc tidak bisa dianggap enteng. Atau mungkin pemikiran bahwa ini bukan produk asli K. Tetapi dengan Kawasaki menjadi nama di depan si produk, tentu masyarakat akan melihat kawasakinya. Dan itu didukung strategi branding dengan memastikan KBP200NS hanya bisa diservice di bengkel Kawasaki, bukan di bengkel Bajaj. (Sebuah alasan logis dari sisi branding kenapa itu dilakukan kawasaki)
  • Jika performa berusaha disetarakan (setara atau mirip KBP200NS) , bagaimana dengan harga ? Dengan kondisi sekarang 24 juta hanya dapat motor 200cc dengan performa (on paper) 16an PS (17an HP). Apa yang bisa diharapkan dari 24 juta dengan kondisi baru ? Itupun harga sudah di atas KBP200NS. Dan catatan, produk baru sayap kepak pasti injeksi, artinya pasti lebih mahal dari yang karbu (Tiger lama).

Dari dua konsideran mendasar itu, ada 2 opsi buat sayap kepak. Pertama, memaksakan diri adu kepala alias head2head dengan KBP200NS, dengan konsekwensi harus mengorbankan sesuatu, misalnya harga. Dan apakah sayap kepak masih pede, mengingat pengalaman CBR250 vs N250. Atau.. pilihan kedua, sayap kepak menghindari benturan langsung ? Jika opsi kedua diambil, maka pengganti sang Macan BUKAN 200 cc menjadi keniscayaan. Dan kubikasi paling dekat ya kubikasi 250 cc !

Kita lihat saja nanti bagaimana The New Macan.

Monggo tanggapannya masbro/mbaksist

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to IMHO : (Efek KBP200NS) Prediksi Motor Sport Naked Pengganti Tiger, Tidak Akan Mungkin 200 cc, Kecuali …

  1. DOHC overbore says:

    pertamax kah???

  2. DOHC overbore says:

    imho……. tiger itu…….. keadaannya aneh……

    mau h2h sama p200ns…..beda genre…..street fighter vs sport touring.

    mau di benturin…..nanti ilang kesan “tiger” nya…..secara harus berubah desain nya….dari sport touring ke street fighter…….

    seandainya……di benturin cukup dari segi mesin aja…..tetep aja jadi dilema…..karna beda genre…….

    kalo saya pribadi……selama ini kan tiger itu dikenal dgn sport touring…….sebenernya cukup mesin nmp di boreup jadi 200cc++ aja…….

    banyak kendala kalo mau maksain h2h ke p200ns…….salah satunya kompresi……..mengingat biar kencang kan musti kompresi tinggi…..ajigile kalo motor touring kompresinya sebesar p200ns……bisa batuk2 pas isi bensin alakadarnya di antah berantah

    • boerhunt says:

      analisa yg bagus gan, tp kalo dilihat dr sudut pandang konsumen, beti (beda2 tipis) genre antar produk tidak dimasalahin sama konsumen, contoh street fighter dan sport touring, faktanya masy byk yg menggunakan street fighter utk turing, atau kebalikannya..artinya konsumen kita tidak saklek banget dlm membedakan genre yg beti..jd otomatis yg membenturkan itu konsumen sendiri.. nah, apalagi masalah harga, disitu nurut ane pabrikan yg kudu ati2, just IMHO

  3. Karis says:

    BINGUNG SI KEPAK

  4. macantua says:

    Belum sanggup beli motor baru…jd mu 200 atau 250 asal engine baru bakal jd pilihan selanjutnya buat berdampingan sama macan tua ku..

  5. Erit07 says:

    Bakalan tanding harga nantinya..

  6. tomcat says:

    ngikutin thai yg bkal nelorin cb250r nekad

  7. Prastyawan says:

    kayaknya memang harus ada revisi nih buat tiger.

    Soeharto: “esih penak zamanku”
    http://otoradians.blogspot.com/2013/06/sindiran-rakyat-soeharto-iseh-penak.html?m=1

    Salam kenal gan

  8. rusman says:

    bisa saja tiger tetep 200cc tapi honda bikin sport naked yang h2h dengan p200ns. strategi keroyokan lagi deh 😀

  9. Aa Ikhwan says:

    tiger yg tambah galau 😀

  10. orong-orong says:

    mosok tiger jadi 250cc bukan tiger lagi donk.

  11. smartfaiz says:

    berhembus kabar mesin CBR 250 yang dilokalkan

  12. mbah_suro says:

    Honda Tiger yang sekarang saja banderol di kota Samarinda sini hampir 28 juta. Sungguh operpret dengan desain yang jadul,mesin SOHC power seadanya,pendingin udara,stereo shock,rantai berisik dan suka bocor tankinya.

  13. sport-x says:

    mnurut ane tetep 200cc power 21 ps udah cukup kok tpi kudu DOHC engine, msa cb150 udah DOHC kakaknya cm SOHC,,?!!apa kata dunia……

  14. bowie says:

    Kalaupun jadi 250cc harga mendekati cbr 250 orang pun pasti lebih memilih cbr 250 karena nama dan kualitas cbr sendiri jauh lebih bagus dari si macan walaupun bisa di bilang beda segment,cuma kalo orang awam biasanya liat nama dan ccnya…imho

  15. tanurblog says:

    Tiger harus berevolusi agar tetap exist. Injeksi DOHC 200/250cc pilihan yang cukup tepat 🙂
    http://tanurblog.wordpress.com/2013/07/10/berhitung-sekennya-p200ns-yukk/

  16. Downgrade CBR250 jdi sohc + injeksi so pasti + kompresi rendah (aman tuk turing) + settingan aman tuk premium(kyk cb150), wajah makin ganteng, tetep gendut + bonus sss

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s