Assalamu’alaikum masbro/mbaksist..
Kembali membahas motor..
Setelah sudah banyak yang mengulas tentang senjata baru Kawasaki hasil kolaborasi Kawasaki-Bajaj, yaitu Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS (KBP200NS ..panjang banget eah.. xixixi), dan berhubung penulis sendiri belum bisa lihat sendiri di PRJ, maka penulis ingin membahas mengenai efeknya saja 😀 .
Ya.. dari judul di atas sudah keliatan, efek yang dimaksud terhadap (pengganti) Honda Tiger.
Memang sudah santer dirumorkan beberapa poin tentang pengganti sang Macan, salah satunya adalah masalah kubikasi. Kubikasi bisa jadi bukan 200 cc, melainkan (mungkin) 250 cc. Dan itu sepertinya pasti (IMHO), kecuali ….
Kecuali AHM bisa melahirkan motor berkubikasi 200cc dengan performa yang mirip atau mendekati KBP200NS, dengan harga yang juga head to head relatif terhadap KBP200NS.
Tetapi… ada pemikiran :
- Jika performanya ternyata jauh dibawah KBP200NS (seperti Tiger sekarang), dengan harga yang setara, sudah tentu langsung kalah telak dari KBP200NS. Oke kalau dibilang branding sayap kepak lebih besar dibanding K, tetapi jangan lupa, keberhasilan Kawasaki mempertahankan tahta sport 250 cc tidak bisa dianggap enteng. Atau mungkin pemikiran bahwa ini bukan produk asli K. Tetapi dengan Kawasaki menjadi nama di depan si produk, tentu masyarakat akan melihat kawasakinya. Dan itu didukung strategi branding dengan memastikan KBP200NS hanya bisa diservice di bengkel Kawasaki, bukan di bengkel Bajaj. (Sebuah alasan logis dari sisi branding kenapa itu dilakukan kawasaki)
- Jika performa berusaha disetarakan (setara atau mirip KBP200NS) , bagaimana dengan harga ? Dengan kondisi sekarang 24 juta hanya dapat motor 200cc dengan performa (on paper) 16an PS (17an HP). Apa yang bisa diharapkan dari 24 juta dengan kondisi baru ? Itupun harga sudah di atas KBP200NS. Dan catatan, produk baru sayap kepak pasti injeksi, artinya pasti lebih mahal dari yang karbu (Tiger lama).
Dari dua konsideran mendasar itu, ada 2 opsi buat sayap kepak. Pertama, memaksakan diri adu kepala alias head2head dengan KBP200NS, dengan konsekwensi harus mengorbankan sesuatu, misalnya harga. Dan apakah sayap kepak masih pede, mengingat pengalaman CBR250 vs N250. Atau.. pilihan kedua, sayap kepak menghindari benturan langsung ? Jika opsi kedua diambil, maka pengganti sang Macan BUKAN 200 cc menjadi keniscayaan. Dan kubikasi paling dekat ya kubikasi 250 cc !
Kita lihat saja nanti bagaimana The New Macan.
Monggo tanggapannya masbro/mbaksist
Semoga bermanfaat.
Wassalam
pertamax kah???
imho……. tiger itu…….. keadaannya aneh……
mau h2h sama p200ns…..beda genre…..street fighter vs sport touring.
mau di benturin…..nanti ilang kesan “tiger” nya…..secara harus berubah desain nya….dari sport touring ke street fighter…….
seandainya……di benturin cukup dari segi mesin aja…..tetep aja jadi dilema…..karna beda genre…….
kalo saya pribadi……selama ini kan tiger itu dikenal dgn sport touring…….sebenernya cukup mesin nmp di boreup jadi 200cc++ aja…….
banyak kendala kalo mau maksain h2h ke p200ns…….salah satunya kompresi……..mengingat biar kencang kan musti kompresi tinggi…..ajigile kalo motor touring kompresinya sebesar p200ns……bisa batuk2 pas isi bensin alakadarnya di antah berantah
analisa yg bagus gan, tp kalo dilihat dr sudut pandang konsumen, beti (beda2 tipis) genre antar produk tidak dimasalahin sama konsumen, contoh street fighter dan sport touring, faktanya masy byk yg menggunakan street fighter utk turing, atau kebalikannya..artinya konsumen kita tidak saklek banget dlm membedakan genre yg beti..jd otomatis yg membenturkan itu konsumen sendiri.. nah, apalagi masalah harga, disitu nurut ane pabrikan yg kudu ati2, just IMHO
BINGUNG SI KEPAK
bener 😀
operpress kabeh jepangan ki
Kalo bahasa marketingnya bukan operpres, dulu ngebangun brand jual rugi atau untung2 dikit, skrg jual untung, kalo pemain baru gk mungkin jual untung byk hehehe
o gitu tho….berarti jual untungnya kebablasan ya kang
Belum sanggup beli motor baru…jd mu 200 atau 250 asal engine baru bakal jd pilihan selanjutnya buat berdampingan sama macan tua ku..
atau CB250 alias CBR Naked, dgn penyesuaian mesin 🙂
liat dulu power sama design serta harganya juga om hehehehehehehe biar bisa nyisihin duitnya…..
kalo desain make turunan vtr gimana ? dengan mesin CBR250 dgn penyesuaian mesin 😀
langsung siapin tabungan kayanya….. Monster wanna be hahahahahahaha
Bakalan tanding harga nantinya..
kalo pasar dibawah 30 juta, emang msh jadi poin pertama buat dibandingin ya harga (imho) 🙂
ngikutin thai yg bkal nelorin cb250r nekad
kayaknya memang harus ada revisi nih buat tiger.
Soeharto: “esih penak zamanku”
http://otoradians.blogspot.com/2013/06/sindiran-rakyat-soeharto-iseh-penak.html?m=1
Salam kenal gan
bisa saja tiger tetep 200cc tapi honda bikin sport naked yang h2h dengan p200ns. strategi keroyokan lagi deh 😀
tiger yg tambah galau 😀
tp jgn salah..msh byk yg setia, krn memang sudah jadi legenda 🙂
mosok tiger jadi 250cc bukan tiger lagi donk.
Namanya The New Tiger kang 🙂
berhembus kabar mesin CBR 250 yang dilokalkan
Langkah smart 🙂
Honda Tiger yang sekarang saja banderol di kota Samarinda sini hampir 28 juta. Sungguh operpret dengan desain yang jadul,mesin SOHC power seadanya,pendingin udara,stereo shock,rantai berisik dan suka bocor tankinya.
biar pemilik tiger masih merasa bangga dan menduduki kasta tertinggi di jajaran sport honda non cbu
luar jawa emang udah pasti ada kenaikan harga, untuk semua kendaraan kan masbro
mnurut ane tetep 200cc power 21 ps udah cukup kok tpi kudu DOHC engine, msa cb150 udah DOHC kakaknya cm SOHC,,?!!apa kata dunia……
yup.. kalo tetep 200cc, jelas harus lebih superior dibanding adiknya, aneh aja kalo lebih inferior..
Kalaupun jadi 250cc harga mendekati cbr 250 orang pun pasti lebih memilih cbr 250 karena nama dan kualitas cbr sendiri jauh lebih bagus dari si macan walaupun bisa di bilang beda segment,cuma kalo orang awam biasanya liat nama dan ccnya…imho
yup.. org masih menganggap racy look itu lebih superior dibanding naked..
Tiger harus berevolusi agar tetap exist. Injeksi DOHC 200/250cc pilihan yang cukup tepat 🙂
http://tanurblog.wordpress.com/2013/07/10/berhitung-sekennya-p200ns-yukk/
kalo injeksi dohc 250 mending mesin CBR250 drpd harus riset lagi..
Nah iya, downgrade dr mesin cbr250 cocok banget
Downgrade CBR250 jdi sohc + injeksi so pasti + kompresi rendah (aman tuk turing) + settingan aman tuk premium(kyk cb150), wajah makin ganteng, tetep gendut + bonus sss
Premium udh mulai dikurangi, dan akan dimahalin, mending sekalian pertamax gan
Benar, tpi kita liat kasus cb150r. Tpi bkn brarti mntok d premium. Imho tune-able(bhasa gue) dikitik dikit Tiger jdi galak dgn pertamax.