Polemik Patent Dual Busi : Masukan Jalan Tengah Buat Regulator Hak Patent (HAKI)

Masbro/mbaksist semua, tentu bagi yang rajin mengamati berita otomotif tentu tahu, hasil akhir dari perang patent dual busi antara Bajaj (BAI) dan APM Honda.

berita terakhir tentang perang paten dual-busi

Ada yang mengganjal di benak penulis tentang hal ini. Pertama, patent itu ‘terutama teknologi, berbatas waktu, artinya ketika masa itu lewat, maka patent itu sudah tidak berlaku lagi, dan boleh dipakai oleh pihak lain. Kalau tidak tentu pemilik mesin bensin, mesin diesel, pasti hanya dimiliki oleh satu pabrikan, faktanya kan tidak. Semua pabrikan boleh membuat mesin bensin, mesin diesel dan sebagainya. Dan spirit itu bagus, karena kalau tidak begitu, teknologi akan mandeg, tidak berkembang. Nah..apakah HAKI memiliki batasan waktu seperti ini ??

Kedua, sekaligus mengacu pada tulisan penulis sebelumnya, yaitu Terkendala Patent Dual Busi, Bajaj Menjawab Dengan 3 Busi, (IMHO) patent dual busi masih terlalu umum. Karena detil aplikasinya pada mesin pasti berbeda, dan banyak hal yang bisa berbeda. Penempatan businya, sudutnya, pengaturan pengapiannya, dua2nya hidup berbarengan, atau salah satu hidup pada RPM kesekian.

Apakah ini tidak dipertimbangkan ? Adakah pakar (mesin) di mereka yang membahas tentang ini ?

Oke, palu telah diketok, tetapi ada masukan jalan tengah bagi HAKI yang sangat perlu diperhatikan menurut penulis.

Jangan biarkan teknologi yang dipatentkan hanyalah sekedar patent, tanpa manfaat teknologi itu bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Jika sebuah pihak telah mematenkan teknologi, kasih batas waktu (deadline) agar produknya bisa direalisasikan sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Jika batas waktu itu terlampaui, maka patent itu otomatis gugur, agar bisa dimanfaatkan oleh pihak lain untuk kepentingan masyarakat luas.

Semoga bermanfaat.

Wassalam

Berita terkait :

Detik : Berebut Paten Mesin, Honda Kalahkan Bajaj

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in mobil, Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Polemik Patent Dual Busi : Masukan Jalan Tengah Buat Regulator Hak Patent (HAKI)

  1. Aa Ikhwan says:

    sip ajib,..punya paten tp gak di keluarkan untuk masyarakat ya percuma😀
    mending kasih buat yg ampu ngembangin ke masyarakat😀

  2. apakah ada unsur “uang” di sini?
    masalahnya, Honda sendiri tidak mengeluarkan produk sesuai paten yg dimenangkan di sini…
    jadi ada sesuatu yg mengganjal ya pak..

    • boerhunt says:

      yg diproduksi diluar negeri pun (untuk motor) produknya sudah discontinue..makanya nurut saya jalan tengahnya kasih deadline, biar ada unsur keadilan, keadilan bagi masyarakat yg akan menikmati manfaat teknologi..apapun pabrikan yg akan memproduksinya..

      • kasihan si bajaj…

      • boerhunt says:

        kalo Bajaj mungkin gk terlalu masalah pak, coz market di tanah air juga tidak besar utk global bajaj, di filipina dan asia tenggara yg lain lancar2 saja, apalagi di afrika dan amerika, yg kasian kita konsumen, ada paten teknologi hanya dimanfaatkan utk menghalangi kita memanfaatkannya.. itu poin-nya..

  3. lanangbagus says:

    Yang jadi korbanya adlh konsumen di Indonesia

    • boerhunt says:

      betul, asal yg punya patent juga ngeluarin produknya, itu bagus, jd punya pilihan teknologi siapa yg lebih baik, sapa tau lebih baik..jadi makin murah..

  4. Mas Wiro says:

    Bro…
    Ayo ikutan Turing Silaturrahim JatimOtoBlog🙂
    Besok tgl 1-2 Sept. Di Blitar dan Kediri
    http://nyobamoto.wordpress.com/2012/08/30/event-silaturahim-jatimotoblog-ke-blitar-dan-kediri/

    bisa hub saya di 083834542966🙂

    • boerhunt says:

      waduh..mau bangeet…tp beribu maaf kang….habis lebaran ini emang byk acara (gaya banget kyk artis aja), terutama silaturahmi halal bi halal, kebetulan tgl 1-2 udah ada acara yg udah direncanain pertengahan puasa, yg komunitas motor di kantor pun terpaksa gk ikut.. hikss..sayang kang, mudah2an lain wkt kalo ada silaturahmi lagi bisa ikut..amiinn…

    • boerhunt says:

      yup..dgn multi silinder, trus patent mesin 1 busi ?? multiply-nya harusnya ikut jg..moril-nya pantent spt itu terlalu umum, harus ada detil, sama dengan motor2 china yg meniru mopang, sekilas mirip, tp detil dimensi berbeda, dan ternyata itu sah, apalagi ini yg risetnya sudah dilakukan sendiri, disamping itu keberadaan ECU sebagai kesatuan pengaturan busi (pengapian) tidak bisa diabaikan yg tentu memiliki perbedaan karakteristik masing2..

  5. gogo says:

    hebatnya Honda, mereka g ngapa2in..

  6. tovavanjava says:

    Mungkin honda tralis mau pake 2 busi…wkwkwkkwkwwwk….:mrgreen:

  7. donimoto says:

    bajaj vs honda sama kayak samsung vs apple jadinya

  8. Kulit Sapi says:

    Greetings! Very helpful advice in this particular post! It’s the little changes which will make the largest changes.
    Thanks for sharing!

  9. WOW just what I was searching for. Came here by searching for Melia Propolis

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s