Analisa Awam : Andaikan Kawasaki Lebih Agresif Lagi Di Segmen Sport, Hasilnya Pasti Makin Jos Di Tahun Ini Dan Mendatang

Itu nurut analisa awam penulis masbro/mbaksist. Alasannya begini masbro..

Mari kita lihat data IAISI untuk penjualan motor Kawasaki di tahun 2011. Kenapa 2011, karena bisa dibilang merupakan tahunnya era motor sport dimulai (opini penulis pribadi).

Dari data di atas terlihat sangat jelas kekuatan pabrikan Kawasaki berada pada segmen sport. Bahkan jika dibandingkan dengan sesama produk Kawasaki sendiri yang non sport alias bebek (kebetulan tidak ada produk matic).

Agresif seperti apa yang seharusnya dilakukan agar lebih jos?

Menurut kacamata penulis, daripada tetap mempertahankan segmen bebeknya, lebih baik, lebih fokus saja di segmen sport. Ada dua langkah dalam hal ini, yaitu :
Melahirkan Ninja 250 cc versi naked seperti ER6 series
Melahirkan Ninja 150 cc 4 tak.

Untuk poin pertama mungkin tidak ada yang mempertanyakan, tetapi untuk langkah kedua mungkin akan mempertanyakan apa Ninja 150 dua tak langsung distop ? Tidak, untuk apa distop, selama regulasi masih memungkinkan. Tandemkan saja Ninja150 2tak dengan Ninja150 4tak.

Langkah ini memberikan dua keuntungan. Pertama sebagai proses transisi dari era 2tak menuju era 4tak. Di dalamnya tentu diikuti edukasi kepada konsumen, terutama mengenai standar emisi gas buang yang ke depan sudah tidak memungkinkan lagi dipenuhi oleh mesin 2tak, kecuali dengan teknologi mahal yang jelas tidak akan feasible. Kedua dengan langkah ini menarik konsumen yang sebenarnya punya minat terhadap ninja series, tetapi tidak suka 2tak (dengan berbagai alasan) tetapi tidak butuh cc yang besar seperti Ninja250.

Sayang sekali langkah ini tidak diambil KMI, seandainya langkah ini diambil sejak pertengahan tahun 2011 atau paling lambat awal tahun ini, penulis yakin Kawasaki makin mengkokohkan dirinya sebagai raja motorsport tanah air. Dan pasti akan lebih siap menggantikan Ninja 2tak.

Terakhir..coba perhatikan kembali data di atas. Terlihat untuk total penjualan tiap bulan segmen bebek tidak mampu menyamai penjualan tiap bulan KLX150. Silahkan ambil kesimpulan sendiri😀.

Bagaimana menurut pendapat masbro/mbaksist ?

Semoga bermanfaat.

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Analisa Awam : Andaikan Kawasaki Lebih Agresif Lagi Di Segmen Sport, Hasilnya Pasti Makin Jos Di Tahun Ini Dan Mendatang

  1. GrandV says:

    Tulisan di tabelnya kecilikan bro… angel diwoco

  2. gogo says:

    KLX msh pnya potensi klo diupgrade tuh,
    sygnya kliatannya Jepang memilih Honda-yamaha tuk tampil sbg dominator..

  3. mantribiker says:

    skg pamor Kawasaki sedang naik trutama dg Ninja’y. Mesti’y Kawak jgn segan mrefresh jg motor entry(tipe bebek) level’y. Dulu ’96 pertama produk’y ya s Kaze..

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s