TIPS : Bagi Pejalan Kaki, Tips Menyeberang

Tips ini berdasarkan pengalaman penulis. Bukan pengalaman dalam menyeberang jalan, sebaliknya menjadi pengendara/pengemudi.

Beberapa kali berkendara/mengemudi malam hari, beberapa kali pula penulis nyaris mengalami accident. Pasalnya nyaris menabrak orang yang setengah jalan sedang menyeberang. Begitu tiba-tiba orang yang menyeberang baru keliatan setelah berada dalam jangkauan lampu kendaraan penulis. Alhamdulillah belum pernah terjadi apa-apa. Kebiasaan penulis memang sering memainkan lampu dim walau jalan lengang di malam hari, selain menjaga-jaga ada penyeberang jalan, juga untuk melihat garis batas/marka jalan, siapa tahu tiba-tiba jalan berbelok, yang biasanya ditandai oleh garis bersambung.

Seperti biasa jalan malam riding kisaran kecepatan 70-100 km, untuk mobil diatas 100 km jika jalan lengang di highway (istilah dalam bahasa Indonesianya jalan bebas hambatan – bener gak yah). Dalam kecepatan seperti itu jika kondisi jalan gelap, rawan sekali tiba-tiba muncul orang sedang menyeberang (di beberapa daerah malah Kerbau melintas hehehe..).

Nah.. tips penulis sebagai pejalan kaki :

  • persiapkan jika memang ada rencana jalan kaki malam terutama di jalan lintas kota, gunakan pakaian yang terang, atau bawa sesuatu yang bisa dengan mudah memantulkan cahaya
  • ini yang terpenting, JANGAN SEKALI-KALI MENYEBERANG DI TEMPAT YANG GELAP TANPA PENERANGAN JALAN, CARILAH JALAN YANG CUKUP TERANG, AMAT SANGAT BERBAHAYA !

Kebiasaan orang desa ketika jalan malam dulu memakai obor, atau sekarang sudah memakai lampu senter. Kebiasaan itu sangat baik dan dapat secara signifikan mengurangi kecelakaan.

Memang benar bahwa jika terjadi kecelakaan, kita bisa dengan mudah mempersalahkan pengemudi/pengendara (ya memang salah), tapi apalah artinya ada yang bisa dipersalahkan ketika kecelakaan fatal terjadi, lumpuh bahkan meninggal.

Sebesar apapun ganti rugi bisa diberikan pengendara/pengemudi tetap saja korban rugi. Alangkah baiknya jika bisa dicegah.

Semoga bermanfaat

Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain, lalu lintas, Trip & Kuliner and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to TIPS : Bagi Pejalan Kaki, Tips Menyeberang

  1. Aa Ikhwan says:

    kl ane di jalur daan mogot sering banget kecelakaan yg mlibatkan penyeberang,..karena lampu jalanan pun mati atau gak terang,..ngeri

    • boerhunt says:

      kalau sudah sering ngalamin (menyeberang) tanpa penerangan jalan yg memadai, alangkah baiknya jika selalu pakai pakaian yg terang, gimana2 walau pengendara bisa dipersalahkan, tetap aja penyeberang jalan rugi kalo sampe cilaka..

  2. Ari CX Rider says:

    yang palling bahaya itu penyeberang jalan yang sambil mainan hape👿

  3. Gogo says:

    yups.. Waspada. dan jgn sampe ragu2 klo mo nyebrang, berdiri terpaku di tengah jln.

    • boerhunt says:

      kalo ane kadang terpaksa brenti, bertindak mengatur mana kendaraan yg harus lewat di depan ane alias ane suruh lewat, atau ane suruh lewat belakang ane..harus pede emang kalo nyebrang, pede dan waspada, kadang ada yg nyelonong kalo kita gk awas..

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s