KTM Duke200 : Di India Menjual Barang, Di Luar Plus Nama Besar (KTM)

Duke200 dijual 65 juta di tanah air ??

Tentu banyak yang kaget dengan berita ini, banyak yang menyesalkan, banyak yang kecewa. Ujung-ujungnya… muncul ungkapan… kemahalan.. operpret.. Apalagi jika dikaitkan dengan pabrikasinya yang dilakukan di India, bukan asli Austria. Dan… ditambah lagi harga di India yang HANYA 21 jutaan. Woww.. ada apa dengan KTM, eh.. ada apa dengan India, kok bisa jauh banget bedanya. Banyak yang demen nih motor jadi bingung gak habis pikir.

Penulis sendiri, yang juga demen nih motor, masih mereka-reka dan bertanya-tanya. Harga segitu worth it gak yah. Walau dalam tulisan-tulisan sebelumnya penulis sudah pernah secara eksplisit mengungkapkan, jangan membandingkan harga di India, karena sudah tidak relevan lagi mengingat bisa jadi itu harga terima kasih dari KTM untuk konsumen India (baca : Bajaj). Mungkin Bajaj memiliki hak preogratif untuk menentukan harga di dalam negeri India. Who knows..kita gak tahu pola kerja sama dan itung-itungan KTM-Bajaj. Tetapi rentang harganya terlalu jauh, lebih dari 2x lipat. Kira-kira apa faktor pengurangnya, sehingga harganya (di India) bisa jauh dibawah harga universal. (Logikanya penulis balik, bukan faktor penambah (harga global) dari harga India, tetapi faktor pengurang (harga India) dari harga global, dengan begitu penulis menganggap harga India bukan harga real..melainkan harga miring alias abnormal😀 ).

Sebenarnya dua pertanyaan besarnya yang menggelayuti pikiran para penunggu Duke adalah :

  • Pantaskah harga segitu ? (asumsi harga global 4ribu poundsterling)
  • Kenapa harga di India amat sangat murah seqaleeee… (itu jika diasumsikan harga global adalah harga wajar)

Oke, untuk membahasnya, penulis asumsikan untuk mengabaikan harga di tanah air, karena harga di tanah air banyak faktor penambahnya. Dan kedua pertanyaan tersebut berkaitan.

In My humble opinion, harga kurang lebih 4000 poundsterling masih masuk akal. Faktornya :

  • yang dijual adalah style andalan KTM, yaitu supermoto dalam bentuk naked bike, yang bahkan secara internasional, D’tracker-nya Kawasaki bukan apa-apa dibandingkan KTM (maaf buat pemilik, fans d’tracker, ini opini pribadi penulis)
  • segudang prestasi dengan jenis motor segmented ini telah diraih secara mengesankan oleh KTM selama satu dekade ini (simak gambar dibawah)

(sumber : wikipedia – Dakar Rally) Penulis mengambil satu contoh ajang rally dunia paling bergengsi yaitu Paris-Dakar, dimana selama 1 dekade (10 tahun) lebih KTM merajai dan mendominasi ajang ini.

Menilik prestasi fantastis demikian, tidak layakkah KTM menjual kebesaran namanya dalam produknya yang mengusung genre andalannya ? Beda misalnya jika KTM menjual versi superbike, yang menurut penulis bukan style-nya, dan kurang pula bersinar dari sisi prestasi. Atau misalkan menjual moge matic. Monggo dijawab sendiri masbro/mbaksist.😀

Untuk pertanyaan kedua, terbagi menjadi 2 opini besar.

Pertama, bahwa harga di India harga yang pantas, mengingat diproduksi di India, dengan opini ini tentu menganggap harga global yang kemahalan.

Kedua, harga di India terlalu murah, harga global harga yang pantas. Pertanyaannya, kenapa bisa jauh banget bedanya. Faktor terima kasih KTM pada Bajaj aka India yang pernah beberapa kali penulis singgung, rasanya masih kurang. Kalaupun ada unsur terima kasih, mungkin tidak sejauh itu bedanya.

Mengingat pertanyaan pertama, penulis memilih kesimpulan, bahwa harga global itu pantas. Mengingat nama besar KTM di ajang rally dunia. So untuk pertanyaan kedua penulis tentu beropini kedua (monggo jika berbeda, ndak dilarang kok hehehe). Selanjutnya kita lanjutkan bahasan, kenapa di Indihe bisa semurah itu.

Beberapa faktor yang MUNGKIN menyebabkan harga India sangat murah :

  • Faktor terima kasih
  • Bajaj memiliki hak preogratif menentukan harga di negerinya (berhubungan dengan poin pertama juga), mungkin ada deal-deal tertentu, bisa jadi karena sebab ini KTM sendirilah yang berhak menjual Duke200 ke global, bukan Bajaj, dan pembelian global lewat KTM Austria, bukan lewat India…who knows..
  • di India Duke200 dijual tanpa menjual nama besar KTM (ini pendapat siapa yah penulis lupa, tapi pendapat ini masuk akal), artinya pure beli motor.
  • part-nya downspek (kalau ini penulis meragukan karena Duke series adalah produk global, kalaupun beda, minor sekali hingga melipatgandakan harga sejauh itu).

Nah..monggo masbro/mbaksist pendapatnya, selagi belum muncul harga resmi versi APM (kalau emang ada), bukan versi IU..😀

Salam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to KTM Duke200 : Di India Menjual Barang, Di Luar Plus Nama Besar (KTM)

  1. grandvblog says:

    Udah jelas, parts-nya pasti beda… kenapa bisa? Karena pabriknya di India, dan sebagian saham KTM dimiliki Bajaj, jadi terserah Bajaj mau bikin diferensiasi kayak apa

    • boerhunt says:

      betul…tp tentu KTM jg menjaga namanya..nah sejauh apa penggantiannya..tentu ada deal KTM-Bajaj

      • grandvblog says:

        Seandainya barangnya persis sama, ntar bakalan banyak pengusaha IU yang import Duke200 di market India, jual di sini dgn mark-up 20 persen aja… (sekitar 27 juta)… cukuplah untuk mematikan pasaran jualan anak perusahaan BAI di harga 65 juta itu :p

      • boerhunt says:

        Kayaknya itu gk mungkin masbro, tentu KTM tdk mengijinkan penjualan Duke200 lewat India langsung, mrk hanya boleh pesan dr Austria, kalo bisa brarti itu illegal..itu pemikiran sy, ibarat industri konveksi, bikinnya di bandung, ngelabelinya di singapore, kalo sampe dijual lgs di bandung dianggap illegal, bedanya duke200 msh boleh dijual di india hanya utk lokal, tdk boleh diexport..sekali lg ini opini sy pribadi.. bisa jd salah

      • grandvblog says:

        Lha, kerjaan IU kan seperti itu, impor paralel..dealer motor (spt Hobby motor) ataupun dealer mobil CBU yang import alphard dll kan cuma pakai ijin IU. Jika IU belinya dari dealer, dengan harga pasar (india) apakah KTM/Bajaj bisa melarang ? Dealer kan cuma jualan motor, yang penting jualannya laku🙂

      • boerhunt says:

        Bisa aja gitu..artinya IU akan bertindak sbg end-user di India, itungan kasar sampe tanah air total (Mungkin) 2x lipat, tp..perlu efort “lebih” juga..yaitu menjadikan import barang second mjd barang baru di tanah air, spt apa lebihnya ane jg gk tahu hehehe

      • grandvblog says:

        lho, bukan begitu, klo beli off the road kan berarti sama aja spt first user, bukan barang second dong. Apakah di sana ndak boleh beli off the road? Aku kira boleh, lha wong di sini beli off the road juga boleh kok. Berapa kenaikan yang wajar ? Jika barangnya persis plek, IU mungkin hanya akan kasih diskon sedikit, sekedar bisa bersaing… berapapun harga impor yang telah dibayar IU. Tapi jika untungnya gede banget (65-21), pasti akan banyak IU yang ngimpor, otomatis persaingan antar IU jadi ketat, efeknya ke harga juga kan

      • boerhunt says:

        Nah…jd yg belum kita tahu, bisakah beli off the road trus export ke luar India, bgmn regulasi disana, kalo emang bisa dan jatuhnya lebih murah, sapa tau yg emang bener2 niat bisa bareng2 import, tp trus servicenya gmn? Sebagus dan secanggih kendaraan tetep butuh service standard..too many considerations ane rasa..harga tetek bengek ikutan ternyata jg gk murah saya rasa

      • grandvblog says:

        Ya, kira-kira samalah dengan Hobby motor, dia IU yang jualan motor-motor ‘ajaib’ dan ndak punya 3S yang memadai, toh fine-fine aja… kita juga bisa ngebandingin ama pulsar juga kok… motor sama-sama CBU, dengan tingkat mark-up dan pajak yang ‘wajar’, termasuk juga biaya mengembangkan 3S, harga jual ke market sini cuma selisih 20% dibanding market India. Jadi gak ada alasan IU memasang harga terlalu jauh ketimbang patokan itu dengan fakta bahwa IU tidak ada kewajiban mengembangkan jaringan service atau menjamin ketersediaan spare-part. Perkiraanku, jika (anak perusahaan) BAI tetap memasang KTM Duke (versi austria?) di harga 65 juta, akan ada (banyak?) IU yang mengimpor versi India dengan harga (jauh) lebih murah😀

      • boerhunt says:

        bisa jadi..atau malah yg tadinya demen masukin motor import bekas..bisa jadi ambilnya dari India khusus Duke200, yg masih tanda tanya.. penentu NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) itu siapa yah..pabrikannya sendiri, atau Pengimpor menentukan harga sehingga bisa di dpt harga OTR sesuai skenario ? kalo NJKB ditentukan harga jual asli pabrikan..utk duke200 yg NJKB 44 juta ane rasa 65 jt masih reasonable, walo ya tetep aja mahal bagi kebykan orang..

      • grandvblog says:

        Yang jadi polemik dari awal kan kenapa di India bisa 20an juta, sementara di luar India (termasuk Indonesia) harganya berlipat 3… seandainya selisihnya ndak sejauh itu, mungkin lebih gampang ‘dicerna’, krn motor-motor eropa kan emang punya tingkat ‘harga wajar’ sendiri

      • boerhunt says:

        ane juga gk rela India di anak emaskan dgn harga terlalu jauh..tp herannya di malaysia konsumennya fine2 aja..atau opini mrk (negara selain India) blum sampai kabarnya kesini..

      • grandvblog says:

        harga showroom new delhi 117500 INR, jika menggunakan patokan harga P220 yang 80000 INR, maka harga Duke200 ‘mestinya’ sekitar 18.6 juta *117500/85000 = 27 jutaan😀

  2. Aa Ikhwan says:

    ajib,..harganya mahal juga ya😀

  3. captainyossantoso says:

    Konsumen Indonesia memang sangat membingungkan produsen motor…Maunya motor yang hebat,mesin tangguh,kenceng,kalo bisa cc nya besar,design cantik,teknologi canggih mutakhir,bensin irit,jaringan 3S tersebar,dan harganya murah.Ditambah lagi harga jual kembali yang tinggi.
    Kalo misalkan suatu produk dianggap overprice ya nggak usah beli…gampang kan…

    • boerhunt says:

      brarti sudah cocok strategi KTM, bukan sebagai motor massal..tapi super premium (bukan lagi premium, tp premium segmented dari sisi genre)..

  4. Gogo says:

    msh berharap ktm duke 200 bisa dijual BAI dg hrg fantastis😀.
    selera pasar Indo ama India beda jauh, so pemberian pricing jg situasional.. trlpas dri faktor ktm mau jual murah di India.

  5. Henry says:

    paling2 cuma jadi motor koleksi doang. ngak kebayang harga sparepartnya…

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s