Tragedi Sukhoi : Kenapa Disebut Black Box (Kotak Hitam) Padahal Berwarna Orange ?

Penulis mengucapkan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya atas tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi di Guning Salak, dan semoga seluruh korban berhasil dievakuasi dengan tuntas dan diidentifikasi, semoga arwah mereka di terima di sisi-Nya dan keluarga yang diti ggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan..amiinnn..

Tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100 ternyata membawa cerita macam-macam. Dari yang mulai mistik, yaitu kemistikan Gunung Salak, hingga hal yang sepenuhnya teknis.
Nah..dari cerita-cerita itu ada yang menarik perhatian penulis, (tentunya disamping harapan penulis dan seluruh pemerhati, mudah-mudahan ada penumpang atau kru yang selamat, atau minimal seluruh korban bisa dievakuasi). Yaitu pengertian Black Box (Kotak Hitam) yang menyimpan seluruh informasi penerbangan selama penerbangan dilakukan. Ternyata masih banyak yang mengira dinamai blackbox karena kotaknya berwarna hitam. Padahal bukan itu artinya.

Pengertian Black Box (Kotak Hitam)
Pengertian ini sebetulnya penulis dapatkan ketika masih kuliah semester awal, yaitu pada saat mengikuti mata kuliah Algoritma Dan Pemrograman (seingat penulis). Lho kok gak nyambung ?? Hehehe begitulah..ilmu bisa ada darimana saja..ya toh..  Pengajarnya adalah pakar IBM dan termasuk top hundred managernya ketika itu. Orangnya sangat filosofis, makanya kuliahnya justru bukan mengajarkan kode-kode algoritma, tetapi lebih banyak cerita agar pemahaman algoritma logik lebih bisa dipahami, sisanya disuruh belajar sendiri. Banyakan sisanya kekeke.. Apalagi itu kuliah semester satu (atau dua), yang justru banyak butuh pemahaman-pemahaman dasar.
Kembali ke pengertian Black Box. Pengertian Black Box ini sebetulnya bukan dalam arti fisik, melainkan bersifat filosofis.
Di negara pembuatnya pertama, dan di kebanyakan negara luar, sudah jadi kebiasaan, dari mulai kecil sampai dewasa, seseorang memiliki sebuah kotak yang menyimpan segala macam barang-barang. Biasanya masing-masing punya penyimpanan berupa kotak kardus, peti atau apa yang menyimpan barang-barang tertentu, misalnya kotak mainan, kotak surat, atau kotak dari barang yang sudah jelas isi kotak itu apa. Nah..ada satu kotak yang biasanya dipakai untuk barang yang tidak atau belum dikategorikan. Jadi segala macam jenis barang ada disitu. Inilah yang dinamakan Black Box.
Atau pengertian gampangnya kalau di kita, mungkin masbro mbaksist pernah pindah tempat kost. Ketika pindah kost  biasanya ngangkutin barang-barang untuk dipindah. Setelah dipilah satu-satu dalam kardus atau kotak tertentu, maka ada satu kotak/kardus yang dipakai macam-macam isinya. Itulah black box. Uncatagorized box.
Nah.. pengertian itu pula yang ada pada Black Box pesawat. Segala informasi masuk terekam dalam black box pesawat. Dari mulai percakapan pilot dengan co-pilot atau menara pengawas yang tidak penting sekalipun akan direkam, kondisi sensor pesawat, suhu, ketinggian (pengukur altimeter) yang terukur pada setiap perubahan, dan lain-lain. Pokoke melbu kabeh tanpa dikategorisasikan atau diklasifikasikan ::D
Pengertian lain tentang black box adalah ketidak tahuan terhadap isi black box. Bukan terhadap isinya, melainkan pada apa manfaat masing-masing informasi yang ada. Namun pengertian ini juga mirip dengan pengertian pertama, dimana kita tidak tahu isi black box ini untuk apa, sampai waktunya dibutuhkan. Yaitu ketika terjadi kecelakaan, barulah segala informasi tadi dipilah satu-satu mana yang berhubungan dengan atau jadi sebab kecelakaan. Kalau diibaratkan barang, semua barang tidak jelas masuk di situ. Entah nanti digunakan untuk apa masing-masing barangnya. Hanya ketika dibutuhkannya saja baru kita tahu.

Orange Box ?
Dalam sejarahnya, sepanjang pengetahuan penulis, black box pesawat ini memang tidak berwarna hitam (cmiiw), tetapi berwarna mencolok agar mudah dikenali, yaitu orange.
Itulah sebabnya nama kotak ini tidak berubah jadi orange box, karena dasar penamaannya bukan pada fisiknya, tetapi pada fiolosofinya.
Nah..semoga dengan artikel ala kadarnya ini merubah kesalahkaprahan terhadap pemahaman arti Black Box.
Semoga bermanfaat.
Wassalam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Lain-lain, lalu lintas and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Tragedi Sukhoi : Kenapa Disebut Black Box (Kotak Hitam) Padahal Berwarna Orange ?

  1. Aa Ikhwan says:

    Pemahaman ane dr awal itu di sebut black box untuk memecahkan masalah atau misteri yg belum jelas atau samar2 atau masih gelap infonya😀

    • boerhunt says:

      Dari dosen ane jg wkt ngajar juga itu, ada kondisi dimana dalam sebuah proses kita tdk tahu prosesnya di dlm, tp kita tahu jika inputnya ini maka outputnya ini, proses ini disebut istilah black box..tp ane gali lagi arti itu dptnya mirip dgn kondisi knp disebut black box

  2. vixy182 says:

    waktu sekolah dulu ane kira warnax juga hitam🙂 soalx msih gak tau pngertianx🙂 ..

  3. Hourex150L says:

    woooo,, ngunu tho…

  4. Ari CX Rider says:

    betul mas,, jaman dulu tak kira kotak warnane hitam,, ternayta warna ne orange😀 , ,

    http://areeya2.wordpress.com/2012/05/14/konsep-modif-cbr10-buritan-cbr-fireblade/

    • boerhunt says:

      wkt awal mikir iya..tp trus kepikir gimana bisa ketemu kalo item..hehehe..akhirnya juga mikir pasti bukan itu knp di sebut black

  5. no brand minded says:

    bukannya kata black dalam kata “black box” dimaksud bahwa black itu suatu kejadian kecelakaan atau musibah,
    jd disebut black box.
    warna oranye agar mudah ditemukan dan biasanya diletakan di bagian buntut pesawat.

    itu menurut saya.

    • boerhunt says:

      awalnya dulu blackbox bukan semata2 kecelakaan, tapi lebih pada merekam aktifitas pesawat utk evaluasi kinerja keseluruhan pesawat, untuk improve..ternyata sangat bermanfaat jg utk menyelidiki kecelakaan..

  6. Gogo says:

    begitulah, sm sperti knp pesawat bomber F-117 diberi kode F, buat kamuflase atau memang disengaja.. istilah yg udah terlanjur populer..

  7. Brigida Arie Minartiningtyas says:

    ealahhh jadi gitu to mas….tak pikir yoo…kok black padahal kan orange gt warnanya….makasih mas buat info nya…..🙂

  8. ciptomx says:

    kenapa bkn orange box?? karen biar g dikira box berisi buah jeruk/orange… percayalah…

  9. ipanase says:

    orange? biar kelihatan lah, kalo kebakar dah item makin item now kalo kecelakaan, ya nggak>
    . vario 125 gan, asekkkkkkkk
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/15/test-ride-vario-125/

  10. setelah baca ini baru dapat ilmu.. hehe. sebeumnya memang tetap berpikir ada bentuk bener2 kotak yang berwarna hitam. ternyata liat di tipi gak hitem dan gak kotak juga… hehe. nice share masbro

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s