Apa Yang Membuat Pulsar200NS (PZOONS) Mirip Dengan CB1000RR ?

Sudah mereda eforia peluncuran New Pulsar 2012, yaitu Pulsar200NS (PZOONS). Tetapi tetap saja bahasannya akan tetap menarik bagi entusiast bike, terutama di negeri ini. Kali ini penulis akan membahas tentang kemiripan desain PZOONS dengan salah satu moge favorit yang keren, yaitu Honda CB1000RR. Monggo disimak dulu gambarnya jika disandingkan.

Sekilas terlihat mirip yah..😀 (sumber : motorbeam.com)

Sekilas terlihat mirip yah, padahal ada banyak perbedaan. Mari kita bedah satu-satu. Untuk itu kita bagi menjadi 3 bagian, buritan (belakang), tengah sampe tangki dan visor, depan dan batok.

Buritan

Untuk buritan mari kita lihat gambar dibawah :

Dari gambar diatas, ada 3 atau 4 bagian besar yang berbeda (sebagaimana yang dilingkari).

  • Spakbor belakang sama sekali berbeda bentuk maupun ukuran. Termasuk penempatan lampu sen, untuk CB1000RR terlihat lebih ke bawah atau ke belakang, sedangkan PZOONS lebih dekat dengan tail lamp.
  • Bagian kaki-kaki. Dari mulai konsep velg, arm, rear diskbrake semuanya total berbeda
  • Konsep exhaustnya (secara desain) sangat berbeda. (rasanya tidak perlu dijelaskan)
  • Dan yang terakhir adalah bodi belakang. Garis-garis desainnya sangat berbeda. PZOONS mengambil satu garis lurus dari ujung belakang hingga tengah body. Sedangkan CBR1000RR membagi dua garis, dengan garis dari ujung ekor sedikit patah. Dan secara garis besar, garis bodi belakang untuk PZOONS lebih mendatar dari belakang ke tengah, sedangkan CB1000RR lebih curam dari arah belakang ke tengah.

Bagian Tengah

bagian tengah, justru bisa dikatakan tidak ada satupun detil yang sama

Kalau bagian tengah tidak perlu disebut satu per satu. Total berbeda, hanya sama-sama deltabox, sisanya total berbeda. Garis dan lekuk-lekuknya total berbeda. Kalau quiz biasanya pertanyaannya sebutkan yang berbeda, yang ini justru kebalikan, sebutkan yang sama😀.

Bagian Depan

bagian depan, nyaris tidak ada yang sama..

Begitu juga bagian depan, nyaris tidak ada detil yang sama. Lekukan tangki bagian depan, tankflap, visor penutup watercoolent, kaki-kaki termasuk jenis shockbreaker, velg (sudah disebut utk roda belakang), diskbrake. Bahkan batok lampu pun posisinya untuk PZOONS, posisi atas batoknya lebih tinggi dari tangki. Lekukannya pun berbeda.

Nah..begitu banyak detil yang berbeda, kenapa terlihat mirip yah, bahkan ada yang bilang mencontek. Jujur penulis akui, sekilas disandingkan terlihat mirip. Jawabnya adalah … PERMAINAN WARNA !!!

Warna yang dipilih untuk PZOONS yang ini jenis merahnya sama. Dan sama-sama dikombinasikan dengan warna hitam. Padahal sebagian penempatan warnanya pun berbeda, seperti spakbor. Bahkan penempatan warna merah pada batok lampu juga ada perbedaan.

Begitu dahsyatnya ya warna, bisa menjadikan sesuatu yang sama sekali tidak mirip menjadi mirip, dan sebaliknya menjadikan hal sama jadi begitu berbeda. Bagi sebagian besar kita, tentu susah bedain orang Korea. Rata-rata mirip. Begitu juga dengan orang-orang Afrika. Dan penulis juga yakin, jika ada 2 orang kembar identik, tetapi yang satu berkulit kuning/putih, sedangkan yang satu berkulit hitam seperti orang afrika, ketika disandingkan terus ditanyakan kepada yang melihat. Pasti jawabnya BEDA ! Hehehe..

Begitu juga dengan Headlamp keduanya.

terlihat sangat berbeda kan

Terlihat berbeda sekali kan, kecuali bentuk dasarnya lonjong.

Terakhir..bagaimana dengan ini ?

Semoga bermanfaat.

Salam

Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

28 Responses to Apa Yang Membuat Pulsar200NS (PZOONS) Mirip Dengan CB1000RR ?

  1. Aa Ikhwan says:

    serupa tapi tak sama😀

  2. ariyant says:

    kalo batok kepala/lampu sama Honda Hornet ( cb 600 kalo ndak salah) daripada Honda CB1000RR. cuma lampu kecil dibawah punya hornet 1 di tengah. pulzar 2 kiri dan kanan.

  3. stylenya aja yg mirip.
    naked bike.

  4. wah, nyangkut terus..
    jane ki nopo yo?

    • boerhunt says:

      Gk ngerti ini pak..padhal tak set gk perlu confirm loh..dan gk perlu register juga..keno Askimet yg njelimet, maleh kudu rajin ndelok daftar spam ..hiksss..
      Jajal tak follow..mungkin bisa ngatasi..

  5. violentpornography says:

    ini khan bajaj, bukan mocin…(pulsar aja ditiru mocin)
    :mrgreen:

  6. Maskur says:

    alus
    alus
    alus

  7. nhd says:

    Namanya juga mirip ya jelas gak sama. Kemiripan akan tampak bila dilihat secara sekilas, kalau dipelototi yang jelas beda. Manusia kembar saja gak ada yang sama plek/persis

  8. phelonk says:

    nah ini baru obyektif.. g kayak warung lain langsung memvonis nyontek.

  9. HRM® Corp says:

    kembar dibelah dengan kapak:mrgreen:

  10. tunas says:

    nah yg komen ‘jiplak’, ‘niru’, ‘nyontek’, dll yaa gitu deeeeh. klo mo bc tuh ad aj omongan ny he4.
    《♥p200ns♥》

  11. vixy182 says:

    tutup pentil nya sama bro🙂 di urupin bisa ke pasang tu🙂 vixy182.wordpress.com/2012/02/09/design-byson-untuk-touring/

  12. smartf41z says:

    honda malah ga kpikiran bikin desain dari mogenya

    • boerhunt says:

      Kalo megapro gimana masbro? Nurut ane ada nuansa hornet (versilama) juga, terutama bagian lampu blakang..cuman ya gk terlalu terasa mogenya di mega pro

  13. FBH/Y/K/S/B/T/C says:

    komen di indo mah sring banget yg bilang “koq mirip yah??”….”sekilas mirip ama…” “mirip banget ama…” lha motor balap, F1 dan banyak lagi, disainnya rata2 mirip2 satu dengan yg lainnya, koq ga diprotes???kita lihatnya sbg org awam yah, krn pendapat tsb kedengarannya sgt awam…spt org yg ga mau mikir lebih luas….

  14. dwitri oktaria says:

    yg desainnya ga nyontek apa2 tuh New Scorpio Z, makanya cma terdistribusi 6 unit di bulan Januari 2012. Lagian, klo menurut saya konsep naked bike sekarang model lampunya emang begitu. Klo yg udah beli nanti khan ga repot2 modif yg berat2. Velg lumayan lebar, ban lumayan lebar (nah, klo yg ini pasti diganti duluan), RDB, digital speedo dan lain2 yg jadi keunggulannya. Klo pun ada beberapa orang pasti ada yg bikin modif pakai fairing (atau bahkan dealer Bajaj menyediakan, seperti kasus fairing tambahan P220). Yg pasti, P220 saya yg masih 2 bulan lagi lunas sepertinya bakalan ada saingan berat

  15. good day says:

    Setelah dtimang2{bayi kali dtimang???} Hehehe,,,,, n dperhatikan dgn seksama maka saya temukan kemiripan dkedua motor ini’ yaitu sama kereeeeen,,,,,,hehehe love p200ns

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s