Habit Konsumen/User Indonesia : Bertanya Dulu, Malas Membaca (Buku Petujuk)

“Caranya ngeprint gimana ?”

“Kalau mau setting format tampilan agar begini begitu gimana?”

“Caranya nambahin garis bawah gimana ?”

atau

“Cara setting (angin) karbu gimana ?”

“Cara naik/turunin sorot lampu (motor) gimana ?”

“Kalau mau buang olie sebelah mana yg dibuka ?”

Bagi penulis yang lama bersentuhan dengan aplikasi sebagai developer  atau system engineer, dan berinteraksi dengan user sebuah system, penulis akrab sekali dengan pertanyaan-pertanyaan di atas (quote pertama). Dan dalam lingkup yang lain pun tidak jarang pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya operasional seringkali dijumpai dilapangan. Tidak terkecuali dalam dunia otomotif (quote kedua).

Nampaknya sudah menjadi habbit bagi konsumen/user Indonesia, mendahulukan bertanya daripada membaca buku petunjuk (pemakaian). Atau dalam dunia IT biasanya ada SOP atau Standar Operasional Procedure yang di dalamnya dijelaskan berbagai cara dalam menggunakan aplikasi yang dibutuhkan user. Padahal menurut pengalaman penulis. Semua yang ditanyakan itu ada dalam SOP yang sudah dipegang oleh masing-masing user.

Tidak hanya dalam dua dunia itu (otomotif dan IT),dunia  sehari-hari juga ada. Contohnya misalnya kalau beli televisi, biasanya kita bukan membaca buku petunjuk dulu, tapi langsung tanya ke petugas yang masang TV. Gak terkecuali penulis juga loh.. hihihi.

Ya tapi ada juga, user yang pertanyaannya sudah nampak dia baca buku petunjuk (SOP). Biasanya pertanyaannya “Di halaman ini …bla..bla..bla..”. Tapi itu juuarang banget.. hehe..

Gimana menurut masbro/mbaksist semua ?

Semoga bermanfaat

Salam

Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in IT World, Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Habit Konsumen/User Indonesia : Bertanya Dulu, Malas Membaca (Buku Petujuk)

  1. LintangSelatan says:

    Dalam Bahasa Geek: RTFM
    Read The Fu*king Manual:mrgreen:

    • boerhunt says:

      Hehehe..kadang kalo yg tanya itu teman sendiri yg akrab, sambil becanda ane teriak Baca itu buku manual, pemalas…dianya malah ketawa cengar cengir😀

  2. cahndaze says:

    kalo saya pribadi, kalo beli alat elektronik….tanya dulu ada manual booknya ga? kalo ga ada, ga jadi beli….

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s