Antara New Pulsar 2012, DZOO (Duke200), dan Pricing Strategi..Sebuah Prediksi

Lama-lama gak tahan juga untuk menuangkan apa yang ada dipikiran tentang hebohnya salah satu motor yang paling banyak dinanti di tahun 2012. Apalagi jika bukan KTM DZOO (Duke  200).😀

Berbicara tentang prediksi, tentu akan garing tanpa ada fakta-fakta pendukungnya. Untuk itu mari kita lihat apa saja fakta-fakta yang sedikit demi sedikit terungkap secara terpisah. Tapi pada akhirnya prediksi penulis akan senada dengan analisis kang haji Taufik disini, yaitu bahwa Duke akan diposisikan sebagai produk premium. Sedangkan bagi mereka yang ingin icip-icip teknologi KTM, disediakan New Pulsar 2012  (Next Pulsar Generation – NPG) yang akan banyak mengadopsi teknologi KTM.

Inilah fakta-fakta tersebut :

  • Pernyataan Bapak Rizal Tandju, salah satu petinggi BAI, yang dilansir dalam blog-nya kang hadiyanta disini, yaitu “Eh denger-denger dari bos yang india diatas duke200 bakal dilego kisaran 30juta. Gimana? Pas tidak harga segitu?” Harga segitu dengan cc 200 kebawah tentu masuk sebagai produk premium.
  • Bahwa DZOO akan diluncurkan dalam waktu yang tidak berbeda jauh dengan Next Pulsar Generation (NPG). Hal ini sudah disinggung oleh kang haji Taufik. Dengan waktu yang hampir bersamaan, tentu tidak mungkin akan berada dalam kelas yang sama (walau mungkin berbeda kubikasi dan style). Fakta ini menguatkan bahwa DZOO akan tetap bertengger di kelas premium.
  • Fakta DZOO bukanlah spek down dari Duke125, seperti yang tersirat dari pernyataan Andreas Wimmer yang dikutip oleh motorbeam, sebagaimana diulas dalam blog mas IWB disini (DZOO bukanlah downgrade dari Duke125)
  • Pernyataan CSO (Chief Sales Officer) KTM, Hubert Trunkenpolz. Posisinya di KTM sudah sangat jelas amat berpengaruh terhadap pricing strategi Produk keluaran KTM. Pernyataannya mengenai Duke200 yang penting adalah “Kami melihat adanya potensi yang besar di Indonesia terutama untuk segmen motor di kelas 200 cc sampai 400 cc. Tapi kami juga selalu mempertimbangkan bahwa produk premium tidak untuk dijual dalam jumlah massal” (sumber : kompasiana.com). Fakta terakhir ini yang terkuat dari indikasi ke-premium-an DZOO nantinya.

Nah..dari fakta-fakta di atas, kira-kira apa yang akan terjadi ketika DZOO dan New Pulsar 2012 benar-benar mengaspal di tanah air. Inilah prediksi penulis :

  • DZOO tidak akan dijual dibawah 30 juta. Alasannya sudah jelas. Untuk menegaskan kelasnya.
  • Dalam kubikasi yang setara, NPG 2012 secara spesifikasi dan performance akan lebih tinggi dari Pulsar lama, dan sebagai konsekwensinya adalah poin selanjutnya, yaitu..
  • New Pulsar (NPG) 2012 sebagai tandem DZOO untuk kelas lebih bawah/massal, akan dijual lebih mahal dari Pulsar series yang lama. Bahkan jika yang muncul pertama nantinya berkubikasi 150, harganya bisa jadi akan lebih mahal dari PIBO generasi 4, alias P180 UG4. Ada dua alasan utama kenapa begitu, pertama NPG sudah mengadopsi sebagian teknologi KTM. Spek-nya pun disinyalir lebih tinggi dari Pulsar lama. Kedua, harga Pulsar lama sudah dalam harga terendah untuk harga yang rasional. Jadi tidak mungkin lagi akan diutak-atik untuk memberi ruang NPG, sebagaimana penurunan harga PIBO UG4 ketika munculnya PZZO (just IMHO). Dan ini juga sejalan dengan strategi pricing DZOO pada poin pertama. Dengan meletakkan harga DZOO diatas 30 juta, akan memberi ruang yang banyak bagi NPG series. Karena disinyalir NPG tidak hanya satu kubikasi, bisa jadi ada dua atau tiga kubikasi, 150 cc, 200 cc atau diatasnya lagi (tentu dengan kasta tetap dibawah Duke). Dan dalam perkiraan penulis, Pulsar lama masih akan terus dijual 1-2 tahun ke depan. Lebih dari itu penulis tidak berani memprediksi.😀

Itulah prediksi penulis berdasarkan fakta-fakta diatas. Namanya prediksi jangan dianggap sebagai harga mati. Makanya kalau nanti prediksi penulis salah semua, ojo dipaido yah (diolok-olok – bahasa Jawa). Namanya juga kemungkinan. Maap kalau nanti salah semua. Penulis kan juga bukan dukun peramal. Hehehe..

Dan satu lagi yang ada dalam benak penulis. Penulis membayangkan, langkah BAI akan seperti Sayap kepak untuk roda empat di tanah air. Untuk teknologi pertama yang pertama muncul, sayap kepak meletakkan pada produknya tertinggi (ditanah air), yaitu Accord. Setelah itu teknologi itu akan turun ke yang lebih rendah, yaitu Civic. Kemudian turun lagi ke yang lebih rendah City. Dan mungkin Bajaj pun akan demikian. Dengan teknologi yang baru pada NPG, teknologi lama dari Pulsar lama akan turun ke Discover. Jadi teknologi lama tidak begitu saja ditinggalkan. Just IMHO …

Yah..sekali lagi itu semua hasil gutak gathuk mathuk pemikiran penulis, sangat bisa jadi salah. Jadi ya maap saja nanti kalau salah, untuk itu monggo masbro/mbaksist semua bagaimana pendapatnya..

Salam

Jika ada saran, kritik atau masukan, bisa menghubungi penulis di email atau YM : nice_guy2208@yahoo.com

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

21 Responses to Antara New Pulsar 2012, DZOO (Duke200), dan Pricing Strategi..Sebuah Prediksi

  1. cafebiker says:

    sangat masuk akal..

  2. smartf41z says:

    Muantabb… kumplit nara sumbernya

  3. kirana125 says:

    setuju..

  4. Komengtator says:

    analisa yg tajam… ane masi yakin berapapun harganya nanti, pasti masi masuk di akal… cuma belum tentu jg pasti pas di kantong ane… wkwkwk…

  5. apik apik apik. dimahalin aja dan langka biar bysonku ga keliatan jadul

  6. HRM® Corp says:

    KTM harus premium, motor eropa kok….🙂

  7. cak poer says:

    sip..mantabz bro analisanya

    *tapi se-PREMIUM2nya si orange jangan over 30jt lagh… (pupus harapan iki)😦

  8. RGoh says:

    waaah baca-baca…setuju n sama pikiran nya ama sayah ^^, setuju dengan analisa di atas…., yang pentinga harga masih di bawah tiger yang di daerah2 bisa sampe 28jt barunya…. *ngeriii
    laa.laaaa…laaaaa

  9. Pingback: Gambar Ini Juga Mengindikasikan DZOO (Duke200) Akan Bermain Di Kasta Premium « Boerhunt's Blog

  10. tanur says:

    Pas mantab harga DZOO disamakan dg CBR150, yakin bisa bersaing bahkan bisa jadi penjualannya melebihi cibi. Terpenting harga segitu kesan premium tetap terjaga.

  11. Nabra says:

    Yaaaah… Pupus harapan kalo segitu😦

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s