Mesin Bajaj Avenger 220 DTS-i = Pulsar 220 DTS-i, kenapa Power dan Torsi berbeda ?

Bajaj Avenger 220 DTS-i (gambar diunduh dari fastonroad.com)

Menarik sekali dan cukup menggembirakan membaca tulisan kang haji disini, yaitu mengenai TPT motor Bajaj terbaru (baru dalam artian ditanah air), yaitu salah satunya Avenger 220 DTS-i.
Terus terang sejak saya searching2 informasi tentang Bajaj, dan menemukan Avenger, terlintas keinginan memilikinya. Disamping naked bike, saya juga suka cruiser, dan Avenger ini salah satu yang ingin saya koleksi (kalo ada duit😀 ).
Tapi masbro mbaksist, setelah membaca artikel kang haji, ada yang menggelitik rasa ingin tahu saya. Yaitu tentang spesifikasi teknis.
Dalam artikel kang haji disebutkan bahwa kemungkinan besar mesinnya sama dengan Pulsar220 yang sudah mengaspal di tanah air.
Kalau dilihat spek teknis, (bore, stroke, kompresi dan lain-lain) sama persis. Tetapi ketika melihat power dan torque kok beda ??
Spesifikasi Pulsar 220 DTS-i
– Tipe: Single silinder, 4 stroke, air cooled
– Bore x Stroke: 67×62,4 mm
– displacement (cc): 220
– valve per cylinder: 2
– Fuelling: Karburator-UCAL UCD 32
– Rasio kompresi: 9,5 (+- 0,5) : 1
– Tenaga maksimum: 21,04 PS @ 8.500 rpm
– Torsi maksimum: 19,12 Nm @ 7.000 rpm

Sedangkan dari artikel kang haji :
– Tenaga maksimum : 19,03 PS @8400 rpm
– Torque maksimum : 17,5 Nm @7000 rpm
Data mana yang salah ?? atau memang demikian ? jika memang demikian, kenapa bisa beda sampai 2 PS ??
Sabar dulu masbro/mbaksist, menurut saya (bisa jadi) dua-duanya benar. Kenapa ?
Mungkin masbro/mbaksist pernah membaca artikel dari masbro suhu turing Rial Hamzah tentang tenaga real Pulsar220 disini.
Dari situ saya pribadi mensinyalir ada perbedaan sudut pandang tentang data yang di publish untuk Avenger dan Pulsar 220. Avenger menggunakan data pengukuran on wheel, sedangkan Pulsar 220 (yang dipublish resmi) ditanah air data pengukuran on crank.
Lantas kenapa beda pengukuran ?
Jawabnya mudah, masalah kebiasaan, data Avenger konsumsi di India atau Global yang biasa menggunakan data on wheel (CMIIW), sedangkan data Pulsar 220 yang direlease BAI untuk konsumsi tanah air yang nota bene motor di tanah air kebanyakan menggunakan data on crank.
It’s just my opinion, benar tidaknya kita tunggu ketika BAI merilis Avenger 220 DTS-i di tanah air (kalau jadi..semoga saja :D)

Salam

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Mesin Bajaj Avenger 220 DTS-i = Pulsar 220 DTS-i, kenapa Power dan Torsi berbeda ?

  1. cafebiker says:

    akhirnya rilis juga disini.
    Sering liat gambarnya ketika servis:mrgreen:

    • boerhunt says:

      Sepertinya masih TPT mas, tp aku jg berharap banget dirilis, bisa jadi koleksi, krn mesin sama dgn p220, gk perlu kuatir suku cadang, krn saling mendukung

  2. motoisme says:

    mungkin referensi mesin dyno nya beda merk mas bro..hahahaha…selisih dikit mungkin masih di range toleransi,,,,kaya gitu kan banyak faktor, ga semua plek segitu…bisa lebih bisa kurang😀

    http://motoisme.wordpress.com

  3. Space Monkey says:

    Berapapun data tertera di motor apapun itu saya masih kurang percaya kebenarannya, karena power tak terlihat, baru bisa di percaya setelah melihat sendiri hasil test dengan alat ukur yang valid. Rata-rata data yang ada di brosur spesifikasi terlalu lebay alias kebanyakan, dan nggak jelas itu on crank atau on wheel.
    Sama halnya saat melihat speedometer pada motor itu sendiri.

  4. strngman says:

    tenaga real dari P220 it om …

  5. 4201journey says:

    kalo pulsar…. Speedonya jauh lebih akurat dibandingkan yang lain…
    Dan kemungkinan avenger lebih berat bobotnya….(pwr-nya jga bda)
    Dan mungkin akan lebih baik jika velg belakangnya memakai monoblok agar bisa pake ban tubless, soalnya ban belakangnya ga biasa. 130/90-15. Aga repot nyari ban dalamnya

  6. ipanase says:

    buat touring jozzzzzzzzzzzzzzz

  7. beranda says:

    gak ngerti mesin apakah penghilangan exaustech pengaruh ke power. jadi pengen nyobain juga…

    • boerhunt says:

      Aku jg ngarep nih, drpd mocin, ada kok yg pengen style cruiser, berhubung harley kemahalan, akhirnya beli mocin, kalo avenger kan disinyalir value for moneynya bagus, worth it lah

  8. Dendeng says:

    Kalau menurutku emang beda tenaga pulsar sm avenger. Yg mempengaruhi tenaga kan bukan cuma mesin doang, cth exhausnya aja beda..

  9. GuzZ says:

    setubuh sama atas ane.. mungkin ada bbrp bagian kecil komponen yg beda.. yg disesuaikan dengan karakter avenger yg cruiser.. sementara p220 orientasi sport touring..
    btw, apa kabar bro niceguy? lama tak jumpa.. :

  10. yahonsuwakanja says:

    prediksi harganya brapa tuh…?
    coba mesin tiger atau scorpio brani nggak tuh ahm ymki…

    bajaj smashkin didepan..

  11. GrandV says:

    Avenger ngejar tenaga di putaran bawah/akselerasi, sementara Pulsar series ngejar top speed, kayaknya begitu

  12. gunawanspurs says:

    Analisa mu kurang tepat kang, semua data nilai power dr produk Bajaj mmg official dr si produsen sendiri, dan pake standarisasi pengukuran yg sama. Yg lebih masuk akal, mesin Avenger lebih di “tune” utk grafik tenaga yg landai, ngisi di smw RPM range, dan mesin yg lebih “less stressed” krn statusna yg motor cruiser, bukan sport tourer, shg lebih nyaman digunakan utk riding jarak jauh.

    • boerhunt says:

      Iya kang..thx masukannya..namanya jg menerka2, gk ada barangnya buat test😀 ..btw kalo ditune, mending sekalian yah dibikin tenaga dan torsi puncak diraih di rpm lebih rendah, bawah 6k rpm gitu, pasti makin enak tuh utk cruiser..

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s