Kenapa Mesti India ?? Kenapa bukan Indonesia ??

Menarik sekali perkembangan dunia otomotif akhir-akhir ini. Terutama geliat pabrikan dalam merelease produk baru ke pasar. Bukan hanya pasar lokal (tanah air) melainkan pasar global.

Tetapi yang banyak disayangkan oleh dunia otomotif tanah air – semua pasti tahu – Indonesia hanya kebagian beritanya doank. Atau paling maksimal jadi pasar nomor dua, setelah negara lain, seperti Thailand dan India.  Hal ini berlaku untuk jenis motor sport kasta tinggi (walau kubikasi kecil). Dan yang paling nampak sikap seperti itu adalah dari pabrikan Garputala.

Dan perkembangan terakhir, nampaknya India yang menjadi fokus pasar para pabrikan.  Tambah panas lagi penggemar otomotif tanah air, terutama melihat gebrakan Garputala menyangkut R15 dan R25 seperti  diungkapkan dalam tulisan masbro ridertua disini.

(diambil dari bikeadvice)

Menurut saya ada 2 alasan besar kenapa (sepertinya) selalu bukan Indonesia, dalam kasus ini India.
Pertama sepertinya semua masbro mbaksist pasti sudah tahu, yaitu REGULASI, yang mengakibatkan harga jual di tanah air jadi (jauh) lebih tinggi.
Dan kedua, adalah mindset. Di mata sebagian besar masyarakat Indonesia, jika punya duit 30-40 juta rupiah, mendingan beli 2 motor dari pada 1 motor. Dan bisa ditebak dua-duanya matic atau bebek/moped.  Yang satu dipakai untuk suami kerja, yang satunya lagi dipakai oleh istri untuk belanja dan atau mengantar anak. Atau si istri juga kerja. Dan dengan beli 2 motor bebek atau matic jadi bisa gantian. Logis dan masuk akal. Tidak salah.

Berbeda sekali dengan India, wanitanya lebih suka diantar. So kemungkinan untuk membelil satu motor sport lebih besar.

Ini bukan berarti saya membenci bebek, saya juga punya bebek. Tapi inilah fakta dilapangan, yang menurut saya sebagai hal berat yang menghalangi pabrikan untuk menjadikan tanah air sebagai target utama motor sport.

Jadi..??

Kesimpulannya adalah semua pilihan pasti ada konsekuensinya. Pilihan kita lebih suka bebek juga ada konsekuensinya. Tidak usah merasa nelangsa dengan dinomorduakan.

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Kenapa Mesti India ?? Kenapa bukan Indonesia ??

  1. rocky arema says:

    nice article…

  2. ridertua says:

    semoga tidak jadi negeri sejuta bebek:mrgreen:

  3. Wah mas, kita tunggu ajaaaaaaaaa

  4. asmarantaka says:

    ada lagi beberapa faktor kenapa R15 ngk diproduksi disini:mrgreen:

  5. karis says:

    sip…ayo kita panasin bangsa ini dengan artikel2 seperti ini (tapi denger n baca ga ya mereka)
    http://karisnsz.wordpress.com/2011/08/13/kenapa-harus-india-kenapa-bukan-indonesia/
    eh judulnya hampir sama ya…

  6. vanz21fashion says:

    alasan pertama sudah jelas R15 adalah spesies hasil dari Yamaha India, sama kayak Yamaha Scorpio Z (produk Scorpio Z-nya loh yah) yg asli dari YMKI, aneh kalo tiba2 New Scorpio Z keluar duluan di negara lain baru di Indo. -.-

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s