Striping Bajaj Pulsar 220, Akankah Menjadi Blunder ?

(diambil dari otomotifnet)


Menarik sekali apa yang diungkapkan masbro Beni disini mengenai stripping baru Pulsar 220, walau masih di India.

Dan sangat bisa dipahami kekecewaan penyemplak Pulsar series lawas, mengingat, sebagian (bisa saya katakan sebagian besar) memilih pulsar salah satunya karena desain yang unik, agak lain dari kebanyakan motor Jepang yang sudah mengaspal.

Unik, elegan, stylish, itu yang ada pada benak penyemplak Pulsar Series, termasuk saya sendiri yang memilih Pulsar135 (bagi yang lain tidak menganggap seperti itu ya maaf, namanya juga selera, ya kan masbro🙂 ). Mungkin banyak yang menilai monoton, tetapi bagi sebagian besar yang milih Pulsar justru disitu ciri khasnya. Jadi kalau ikut2an Striping Mode ala Mopang, apa uniknya ??

Ciri khas yang melekat pada pulsar series (yang mungkin seharusnya dipegang terus), bukan sekedar pakai striping atau tidak, tetapi lebih dari itu, yaitu tampilan tidak berubah, tapi performa atau fitur bertambah. Bisa dilihat dari contoh yang jelas, Pulsar 180 dari perdana sampai UG4.
Berbeda dengan tradisi Mopang yang suka ganti baju tapi jeroan minor change, bahkan ada yang tidak berubah jeroannya secara signifikan bertahun-tahun. IMHO.

Mari kita coba tengok Striping Mode ala Mopang.
Ada opini yang berkembang di masyarakat, bahwa striping ala Mopang “hanya” untuk menaikkan harga. Itu yang paling kuat opininya. Sementara sebenarnya ada bbrp alasan (menurut analisa saya pribadi – CMIIW), yaitu :
– penyegaran produk
– pembedaan tahun produksi (sebenarnya dari sisi konsumen diuntungkan, dgn melihat pembedaan fisik langsung bisa diketahui tahun pembuatannya, tidak perlu lihat BPKB/STNK – terutama untuk yg doyan beli-jual😀 )
– menaikkan harga, yang ini jelas, tiap tahun inflasi gk bisa ditahan. Nah kalau karena inflasi harga motor naik tapi tampilan gak berubah, jadi lebih aneh rasanya kan ? Apalagi kalo pesaing berubah walau cuman tampilan. So sekalian saja dirubah dikit tampilan melalui striping.
– (mungkin masbro2 bisa nambahin lagi)..
Itu kalau saya mencoba sudut pandang pabrikan.

Tapi semua itu jadi lain kalau yang melakukan striping itu Bajaj dengan Pulsar220-nya. Rasanya ada perubahan karakter, perubahan DNA, yang saya rasa tidak semua suka, apalagi bagi yang sudah memilih Pulsar karena keunikannya.

Saran saya sih, agar tidak menjadi blunder bagi Bajaj, boleh melakukan striping asal itu hanya sebagai varian lain dari standarnya. Karena menurut saya, originalitas Pulsar penting bagi sebagian biker. Ibaratnya, banyak biker yang justru menginginkan standar pabrikan Pulsar seperti sekarang, bukan karena suka standar, tetapi justru didalam otaknya sudah berkembang imaginasi liar, akan diapakan Pulsar standar itu secara tampilan. mau dibikin striping yang beraneka ragam atau bagaimana, sudah ada dalam otaknya.

Dan satu lagi, jangan naikkan harga, sehingga opini umum yang berkembang selama ini (striping hanya untuk naikkan harga) tidak menular pada Bajaj.

Tapi jika saya boleh menduga-duga, kemungkinan strategi striping pada Pulsar, mungkin justru melihat dunia otomotif di tanah air, sekaligus saran dari otomotif Indonesia agar Bajaj lebih dinamis. Nah loh..
Bagaimana menurut masbro/mbaksist ?

About boerhunt

Hanya sekedar ingin menuangkan corat coret, punya hobby olahraga, otomotif, IT world, nature, tapi blog ini lebih byk penulis dedikasikan untuk otomotif terutama roda dua
This entry was posted in Otomotif, Roda Dua and tagged , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Striping Bajaj Pulsar 220, Akankah Menjadi Blunder ?

  1. wicakz says:

    bikin pilihan aja sih….tp kynya banyak yg demen *no stripping*

    hhe….

    *nunggun KTM 125 aja deh* :))

  2. pulsar jadi unik karena pabrikannya menyediakan space yang luas banget buat ridernya untuk berkreasi sesuka hatinya dalam masalah tampilan.. hehe

    makanya ane seneng sama pulsar yang standarnya polos, jadi mau diapa-apain enak dan gampang

  3. kebandur says:

    pilihan ane jatuh ke p220 karena tampang yg sangar trus no stripping walaupun disain buritan msh seperti yg dulu, tp tenaga jauh dr yg dulu. kalo pake stripping….. rada rada gimana gitu??????

  4. NirmanaDwipa says:

    Kalo dikasih striping performa bisa naek sih gpp… Tgn2 Jepang mulai merambah Pulsar… Say no to striping… Striping is only an option…

  5. benz sabbath says:

    sy jg user p135,walo cm pulsar bontot tp kl dijejerin ma mtr semprot sekelasnya g kalah gagah koq tongkrongannya,kl dstriping tar jd absolut rev* xixixi,norak bgt pulsar striping

    • boerhunt says:

      mengenai p135, karena itu gan p135 laris manis, terutama di bandung, makin sering ketemu dijalan, dangan lampu belakangnya yang khas🙂 . Striping biar serahkan pada konsumen aja berkreasi..

  6. gigolo says:

    ngapain ngeributin striping, kalo gak suka tinggal di buka aja bro!!
    buat yg udah beli dan kalo mau kelihatan baru kan bs beli striping!!
    Gitu aja kok repot.
    Mtor jepang semua pake striping, penjualan mereka lancar2 aja tuh, bajaj pake potong harga masih aja ga bs ngalahin produk jepang! Hadowhh..😀

    • boerhunt says:

      Masalahnya kalo stripingnya Bajaj (seperti yang ada di spyshot P220) disinyalir bukan stiker doank, tapi cat langsung, jadi gak bisa mengganti hanya dgn nyopot, untuk yang tulisan pulsar135 aja gk bisa dihilangin kecuali ngerusak cat aslinya..🙂

  7. Busa_tio says:

    “Tapi jika saya boleh menduga-duga, kemungkinan strategi striping pada Pulsar, mungkin justru melihat dunia otomotif di tanah air, sekaligus saran dari otomotif Indonesia agar Bajaj lebih dinamis.”

    =====================

    Kalo aku sependapat dengan ini. Tapi mending yg striping dijadiin sub varian aja biar makin banyak pilihan buat konsmen. Menurutku yg pake striping memang kliatan lebih dinamis kok, lumayan bagus. Imho.

Tulisa balasan | Leave a reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s